Pengertian X Window System – Sejarah dan Kelebihan X Window System

07.10

Pengertian X Window System - Sejarah dan Kelebihan X Window System

Pengertian X Window

Pengertian X window atau x window system adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat input dan jaringan komputer.

Sejarah X Window System

X Widow system merupakan sistem window yang dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa di Institut Teknologi Massacusett (MIT) dalam proyek Athena (Athena Project) pada tahun 1984. Dalam royek ini di kerjakan oleh beberapa mahasiswa yang dibantu oleh beberapa dosen dari Massacusett.
Pada saat proyek Athena ini berjalan, sistem window yang telah dikembangkan ini hanya diperentukuan untuk komputer yang bermerk sama yang dapat bergabung ke jaringan. Oleh karena itu banyak komputer-komputer bermerk yang bermunculan pada masa itu.
Beberapa pengusaha pun ikut menyumbangkan koputer-komuter yang mereka miliki. Selanjutnya, sistem ini dikembangkan untuk komputer yang berbeda merk.
Sistem yang ada pada saat itu mulai dikembangkan oleh perusahaan komputer, sehingga menyebabkan sistem window yang satu dengan yang lainnya tidak kompatibilitasnya.
Pada saat itu, apabila merk komputernya berbeda, maka sistem window-nya, tampilan, program aplikasi dan cara pemakaiannya pun ikut berbeda.
Misalnya, komputer keluaran Apple-Macintosh mempunyai sistem window sendiri yang berbeda dengan sistem window yang ada pada komputer personal yang dibuat oleh IBM atau kompatibelnya.
Oleh sebab itu, Sistem X Window yang dikembangkan sehingga memiliki tingkat kompatibilitas yang sangat tinggi guna semua platform komputer walau hanya pada level source-nya saja yang mempunyai kompatibilitas.
Dalam proyek Athena yang telah mengembangkan X Window System ini tampilan, cara pemakaian atau aplikasi yang bisa dijalankan diatasnya mempunyai kesamaan pada semua vendor komputer.
Selain itu, sistem x window juga memiliki network feature yang sangat baik jika dibandingkan dengan produk-produk window saat ini.
Salah satu yang terkenal dari sistem x window ini yaitu terdapat fungsi ‘remote display’ yakni dimana user bisa menjalankan program aplikasi yang terdapat di dalam komputer lokal dan menampilkan hasilnya pada komputer lain yang berada pada jaringan lain sekalipun. Begitu juga sebaliknya
Contohnya : apabila pada komputer A tidak mempunyai program aplikasi web browser netscape, sedangkan pada komputer B pada jaringan yang sama maupun pada jaringan yang berbeda telah terinstalasikan program tersebut, maka user pada komputer A bisa menjalankan program netscape yang terdapat pada komputer B dan menampilkan program netscape tersebut pada komputer lokal A.
Nama X Window diambil dari nama yang digunakan oleh sistem window yang pada saat itu sedang dikembangkan oleh Universitas Stanford pada sistem operasi V, yakni W Window System.
Paket yang pertamakali pada produk X Window System yaitu X Version 10 Release 3 atau disingkat X10R3, yang telah diproklamirkan di kalangan universitas dan lembaga penelitian sebagai versi percobaan atau test version.
Setelah melakukan test terhadap versi X10R3 ini banyak masukan yang telah diperoleh dari kalangan universitas, lembaga penelitian dan perusahaan-perusahaan komputer dan workstation.
Sambil mengembangkan ke versi berikutnya (upgrade), yakni X11R4, maka dibentuklah sebuah konsorsium oleh pihak MIT dan beberapa vendor workstation dan komputer.
Konsorsium ini dinamakan X Consortium, yang memiliki tugas mengembangkan terus sistem X window, mendistribusikan source-source code program X Window, dan menyempurnakan semua bug-bug program yang dilaporkan oleh para pemakai X Window System.
DI tahun 1991 versi X11R5 telah berhasil didistribusikan. Pada akhir tahun 1995 telah muncul versi terbarunya yakni X11R6.
Sebab X Window System ini dikembangkan dikalangan pendidikan dan litbang atau penelitian dan pengembangan, maka paket produk software ini bisa disalin (copy) secara gratis dan legal untuk keperluan yang sama dan tidak boleh disalin untuk keperluan komersial.
Source code X Window system atau disebut dengan MIT X11 source ini bisa diperoleh dari beberapa anonymous ftp server yang tersebar di seluruh dunia.

Keunggulan X Window System

Berikut ini adalah keunggulan dari x window sistem.
  • Apabila produk window sistem lainnya hanya mempunyai sebuah program server, maka X Window System memiliki lebih dari sebuah program server (X Server).
  • X Window system juga lebih memberikan keleluasaan terhadap user untuk menggunakan bermacam-macam program server dibandingkan dengan produk sistem window yang lain.
  • Apabila pada produk window lain hanya mempunyai sebuah program window manager (contohnya : progman.exe pada ms window), maka pada sistem X window mempunyai banyak pilihan window manager (contohnya : twm, tvtwm, fwm, fvwm95, gwm, olwm, olvwm, mwm, afterstep dan lain-lain).
  • Sistem X window juga memberikan keleluasaan pada user untuk menggunakan bermacam-macam window manager, sehingga user tidak merasa bosan dengan window manager tersebut.
  • X window memiliki protocol khusus yakni X Protocol yang digunakan oleh program server dan program client guna melakukan komunikasi.
  • X window memiliki bermacam-macam library program. Contohnya :
  • Xlib yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman C untuk mengakses program server.
  • CLX library yang digunakan untuk pemrograman Common Lisp.
  • Xtoolkit yang digunakan untuk Object Oriented Programming.
  • Widget yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa C yang bisa digunakan untuk membuat program client.
  • X window memiliki beragam format font diantaranya adalah format BDF dan format SNF, sedangkan untuk data image menggunakan format bitmap XBM.
  • Network Transparent yang merupakan sifat khusus sistem X window yang dapat menggunakan CPU dan layar display dari banyak komputer yang berlainan vendor. Kemampuan ini lebih dikenal sebagai remote display
  • X window system mempunyai kompatibilitas pada tingkat source code untuk masing-masing program client-nya.
  • X window system dan program aplikasi lain yang berjalan di atasnya dapat diperoleh secara gratis dan legal melalui jaringan internet.

Istilah-Istilah Pada X Window

Ada beberapa prinsip dan istilah yang harus kita ketahui agar dalam menggunakan X window tidak menemukan batu sandungan atau masalah. Istilah-istilah ini akan muncul berkali-kali dalam manual dan file-file Help. Berikut adalah istilah-istilahnya, yakni :

Screen

Screen yaitu seluruh desktop, secara teknis bisa dijelaskan, maksudnya tampilan layar utama yang X window lihat. Kita dapat memiliki lebih dari 1 screen, bahkan sebenarnya anda bisa memiliki lebih dari 1 komputer menjalankan 1 buah X server, tetapi pembahasan akan itu adalah pembahasan yang amat kompleks, akan tetapi kita harus mengetahui akan kemungkinan ini.

Root Window

Root Window yaitu latar belakang dari screen. Root Window tidak meiliki karakteristik seperti window lainnya, akan tetapi lebih ke sebuah tempat dimana kita menjalankan aplikasi atau menyimpan gambar atau hanya memberi warna padanya.

Window Manager

Window Manager yaitu interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa adanya window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif.
Pada Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tollbar dari X Windows.

Pointer

Pointer yaitu panah atau indikator penunjuk yang merepresentasikan lokasi mouse atau pointing device lainnya, yang berhubungan erat dengan screen.

Window

Window yaitu frame dimana semua aplikasi berjalan. Frame ini memiliki properti yang dikontrol oleh window manager.
Active window merupakan window yang sedang digunakan, window ini disebut mempunyai focus, dapat menerima input dari console atau pointing device.
Menu dan icon ini berlaku sama halnya seperti pada window system lainnya. Window yang terdiri hanya text saja disebut dengan terminal emulator.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian X Window System – Sejarah dan Kelebihan X Window System | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)