Pengertian Resume, dan Langkah-langkah Membuat Resume

08.19

Pengertian Resume, dan Langkah-langkah Membuat Resume

Pengertian Resume (Ringkasan)

Pengertian Resume adalah suatu cara yang ekfektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat.
Ringkasan mulanya berawal dari karangan sumber yang panjang, yang kemudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuang perincian serta ilustrasi.
Ringkasan harus mempertahankan pikiran pengarang serta pendekatannya yang asli. Jadi dapat disimpulkan bahwa ringkasan merupakan keterampilan memproduksi hasil karya yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.

Perbedaan Resume, Ringkasan dan Ikhtisar

Simaklah perbedaan resume, ringkasan dan ikhtisar dibawah ini untuk lebih mudah memahaminya.

Pengertian Rangkuman

Definisi Rangkuman adalah kegiatan menyusun gagasan pokok atau intisari suatu karangan atau buku menjadi bentuk yang pendek. Suatu rangkuman tidak boleh mengubah ide pokok (gagasan pokok) teks aslinya.

Pengertian Ikhtisar

Ikhtisar pada dasarnya sama dengan ringkasan (resume) dilihat dari tujuannya, keduanya mengambil bentuk kecil dari karangan panjang.
Pada ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar. Untuk mengambil ikhtisar bebas mengambil kata-kata asal tetap menunjukan inti dari bacaan tersebut.

Langkah-langkan Menulis Resume yang Benar

Untuk dapat meringkas resume yang benar maka sobat harus memperhatikan langkah-langkah dibawah ini :

Membaca Teks Asli

Membaca teks asli sangatlah penting guna mengetahui isi dan memahami maksud dari penulis. Sobat dapat membacanya berulang-ulang supaya lebih paham tentang naskah tersebut.
Sobat juga dapat mencatat istilah yang sulit dipahami dan mencari maknanya supaya dapat mempermudah dalam melakukan penulisan resume. Hal tersebut juga membantu dalam mengetahui gambaran umum dari sudut pandang penulis.

Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama

Tentukan gagasan utama dari naskah/tulisan yang anda buat. Jangan lupa untuk mencatatnya supaya mempermudah anda pada tahap selanjutnya.

Mulai Menulis Resume

Pergunakanlah gambaran umum tentang keseluruhan isi jurnal/naskah yang telah terbayang diotak kita dan hasil pencatatan gagasan utama tadi untuk dibuat resume. Ingat, urutan paragraf untuk pembuatan resume harus sesuai dengan naskah aslinya.
Jika pada jurnal biasanya banyak sub babnya, kita gak perlu ikutin jurnal untuk membuat poin-poin sub bab juga karena resume merupakan ringkasan singkat jadi buatlah resume dalam bentuk paragraf demi paragraf saja.
Kemudian kalimat-kalimat dalam resume yang kita buat diganti dengan kalimat-kalimat baru yang sekaligus menggambarkan kembali isi dari naskah aslinya.

Membaca Kembali Resume yang Telah Dibuat

Setelah resume yang anda buat selesai, maka anda harus membacanya kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan baik dari penulisan maupun dari isi resume yang anda buat. Resume yang and buat harus sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Resume, dan Langkah-langkah Membuat Resume | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)