Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum & Menurut Para Ahli

07.32

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum & Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Ilmu Ekonomi secara umum diartikan sebagai sebuah bidang yang mempelajari tentang perilaku seseorang dan masyarakat tentang bagaimana memilih untuk menggunakan sumber-sumber terbatas dengan atau tanpa uang menggunakan alternatif terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan manusia yang umumnya tidak terbatas.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Suherman Rosydi
Ilmu ekonomi menurut Suherman Rosydi  adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.
Manullang
Ilmu ekonomi menurut M. Manullang yakni suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).
Aristoteles
Ilmu ekonomi menurut Aristoteles adalah suatu cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang.
Alfred Marshall
Menurut Alfred Marshall  ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material.
Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.
Jack Hirshleifer
Pengertian Ilmu ekonomi adalah studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.
Amwal
Ilmu ekonomi berdaarkan pendapat Amwal adalah salah satu cabang ilmu atau studi yang memjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu/masyarakat.
Jack Hirshleifer
Ilmu ekonomi menurut Jack Hirshleifer merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.
Lionel Robbins
Lionel Robbins berpendapat bahwa pengertian ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan (utility).
Willian Beveridge
Pengertian Ilmu ekonomi menurut Willian Beveridge adalah suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material.
Edwin Cannan
Edwin Cannan mengartikan Ilmu ekonomi sebagai suatu studi yg bertujuan untuk  menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kabajikan material.
C. Pigou
Pengertian Ilmu ekonomi menurut A. C. Pigou adalah satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.
Case and Fair
Case and Fair berpendapat bahwa Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.
Ensiklopedi Indonesia
Dalam Ensiklopedi Indonesia pengertian Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum & Menurut Para Ahli | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)