Pengertian Gambar Ilustrasi, Fungsi, Unsur-Unsur, dan Ragam Gambar Ilustrasi !

08.31

Pengertian Gambar Ilustrasi, Fungsi, Unsur-Unsur, dan Ragam Gambar Ilustrasi !

Pengertian Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi adalahgambar yang menjelaskan suatu pengertian yang berfungsi untuk menghiasi buku atau majalah dan surat kabar pada kolom-kolom tertentu. Ilustrasi berasal dari bahasa Inggris yaitu “Ilustrare” yang artinya menjelaskan.
Selain itu, gambar ilustrasi juga berasala dari kata ilusi yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Gambar ilustrasi termasuk kedalam seni rupa 2 dimensi yang bertujuan memeperjelas suatu pengertian.
Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, pengertian gambar Ilustrasi adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Gambar ilustrasi telah dikenal sejak lama hingga sekarang dan berkembang pada masa penjajahan Belanda, Jepang, Orde Lama dan Orde Baru.

Sejarah Gambar Ilustrasi

Tahun 1880 merupakan masa-masa keemasan ilustrasi Amerika Serikat berjalan setelah adanya perang dunia I. Hal ini terjadi bertepatan dengan populernya surat berita, majalah, serta buku berilustrasi yang sangat mungkin ada uji coba teknik oleh senimannya. Hal ini menyebabkan pada masa itu banyak ilustrator yang kaya serta populer karena menerbitkan majalah dan surat berita. Topik atau tema cerita yang banyak keluar pada masa itu adalahIde konsep ilustrasi dapat dilihat kembali pada masa-masa silam lewat lukisan dinding prasejarah serta ide konsep tulisan hierioglif.
Masa-masa keemasan ilustrasi Amerika Serikat berjalan pada th. 1880, sesudah perang dunia I. Hal semacam ini terjadi bersamaan dengan populernya surat berita, majalah, serta buku berilustrasi yang sangat mungkin ada uji coba tehnik oleh senimannya. Ketika berikut banyak ilustrator sebagai kaya serta populer. Topik yang banyak keluar yaitu masukan bangsa Amerika pada waktu itu.
Selain itu, di Eropa seniman pada masa-masa keemasan di pengaruhi oleh grup Pre-Raphaelite serta beberapa gerakan yang bertujuan pada design seperti Arts and Crafts Movement, Art Nouveau, serta Les Nabis. Sebagai contoh Walter Crane, Edmund Dulac, Aubrey Beardsley, Arthur Rackham serta Kay Nielsen.
Sekarang ini, ilustrasi semakin berkembang dengan pemakaian banyak software pembantu misalnya Adobe Illustrator, Photoshop, CorelDraw, serta CAD. Meskipun demikian, ilustrasi tradisional yang di buat secara tradisional dengan menggunakan tangan tetap mamiliki nilai yang tinggi.
Sejarah kebiasaan ilustrasidi Indonesia dapat mengacu pada lukisan gua yang terletak di Kabupaten Maros, propinsi Sulawesi Selatan serta di pulau Papua. Jejak ilustrasi yang berusia kurang lebih 5000 tahun itu melukiskan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota.
Selain lukisan gua yang terdapat di Kabupaten Maros, propinsi Sulawesi Selatan serta di pulau Papua, wayang papar dalam hiburan tradisional Jawa serta Bali juga diliat sebagai ilustrasi yang merepresentasikan alur narasi cerita Mahabarata, kebiasaan yang kurang lebih keluar bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya yang berpedoman agama Hindu di Pulau Sumatera Selatan merupakan masukan bangsa Amerika pada waktu itu.

Fungsi Gambar Ilustrasi

Berikut ini merupakan fungsi gambar ilustrasi.
  • Menarik perhatian orang. Adanya gambar yang menarik pada cover atau sampul majalah dapat menarik perhatian orang yang ingin membaca atau mengetahui isi buku tersebut.
  • Memudahkan pembaca dalam memahami suatu keterangan atau penjelasan pada sebuah tulisan.
  • Sebagai sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang diekspresikan melalui sebuah gambar.
  • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan.
  • Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan.

Unsur-Unsur Gambar Ilustrasi

Unsur-unsur gambar ilustrasi terdiri atas 3 macam, yaitu gambar manusia, gambar binatang, dan gambar tumbuhan.

Gambar Manusia

Dalam proses menggambar ilustrasi manusia diperlukan penguasaan proporsi maupun anatomi tuuh manusia, baik tubuh anak-anak maupun dewasa. Pengertian proporsi adalah perbandingan bagian perbagian atau keseluruhan.
Sedangkan anatomi adalah kedudukan struktur atau bagian yang menonojol sehingga menentukan bentuk keseluruhan tubuh.

Gambar Binatang

Dalam menggambar binatang kita juga perlu mmeperhatikan proporsi maupun anatomi tubuh binatang. Binatang terdiri dari binatang darat, binatang laut, dan binatang udara.

Gambar Tumbuhan

Gambar tumbuhan terdiri atas 2 macam cara menggambar, yaitu menggambar secara sederhana dan menggambar secara lengkap. Menggambar sederhana merupakan menggambar tumbuhan tidak secara lengkap, melainkan menggambar hanya berbentuk kesan seperti tumbuhan, tekni ini tidak memperhatikan gambar tumbuhan secara detail. Sedangkan menggambar secara lengkap merupakan menggambar tumbuhan secara detail dan lengap bagian-bagian tumbuhannya.

Langkah-Langka Menggambar Ilustrasi

Media menggambbar ilustrasi terdiri dari cat air, spidol, pensil, rapindo, pena, tinta, dan pewarna. Langkah-langkah menggambar ilustrasi adalah :

Gagasan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menggambar ilustrasi adalah menentukan gagasan. Gagasan gambar ilustrasi harus bersumber dari materi yang akan di ilustrasikan. Setelah menentukan gagasan, selanjutnya menentukan tokoh, adegan, suasana dan juga suasana pendukung adegan yang akan digambar. Sebelum memulai tahapan selanjutnya kita harus menetukan terlebih dahulu corak gambar dan media yang akan digunakan.

Sketsa

Setelah menetukan gagasan, proses selanjutnya adalah membuat sketsa atau membuat rancangan gambar. Menggambar sketsa ilustrasi ini dapat menggunakan pensil. Selain itu, pembuatan sketsa ini ada juga yang tekniknya langsung menggunakan pensil warna, crayon, cat air, tinta bak, dan lain sebagainya. Umumnya sketsa masih berbentuk garis sederhana yang merupakan rancangan sederhana secara global.

Pewarnaan

Langkah terakhir dalam menggambar gambar ilustrasi adalah proses pewarnaan. Dalam mewarnai gambar ilustrasi yang siap diwarnai bisa sesuai dengn warna yang di inginkan. Gambar ekspresi dilakukan menggunakan dua corak, yakni corak realis dan non realis seperti ekspresionisme, impresionisme, abstrakisme, dan lain sebagainya.

Ragam Gambar Ilustrasi

Berikut merupakan beberapa ragam gambar ilustrasi.

Komik

Komik adalah suatu karya seni yang menggunakan rangkaian gambar tidak bergerak yang penyusunanya membentuk sebuah jalinan cerita. Komik berasal dari kata comic yang mempunyai makna lucu atau jenaka.

Cover

Cover adalah kulit atau sampul pada majalah atau buku. Gambar pada cover buku menggambarkan atau mewakili isi dari buku tersebut sehingga terlihat menarik.

Vignette

Vignette adalah gambar yang berfungsi sebagai penghias pada kolom atau halaman yang kosong.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Gambar Ilustrasi, Fungsi, Unsur-Unsur, dan Ragam Gambar Ilustrasi ! | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)