Pengertian Flora dan Fauna | Klasifikasi, Manfaat dan Contohnya

07.57

Pengertian Flora dan Fauna | Klasifikasi, Manfaat dan Contohnya !

Pengertian Flora

Pengertian Flora adalah keseluruhan kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu.
Istilah flora berasal dari bahasa latin, yakni dari kata flora yang artinya “alamat tumbuhan atau nabatah”. Flora juga bisa diartikan sebagai sekelompok tanaman. Adapun arti flora endemik adalah jenis tumbhan yang hidup di daerah tertentu.
Secara etimologi flora berasal dari bahasa Latin, yaitu diambil dari kata Flora yang berarti nama seorang dewi pelindung bunga dan taman serta dewi kesuburan dalam Mitologi Romawi.

Pengertian Fauna

Kata fauna berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti sebagai sebagai alam hewan. Dalam mitologi Romawi, kata fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus, yang artinya sebagai roh yang baik hutan serta daratan.

Pengertian Fauna Endemik

Pengertian fauna endemik ialah seluruh jenis hewan yang hidup di wilayah tertentu.

Contoh Fauna Endemik

Contoh fauna endemik adalah burung cenderawasih yang asli dari Papua. Fauna asli jawa ialah badak bercula satu. Sedangkan fauna endemik sumatera yaitu harimau sumatra. Sama halnya dengan flora, fauna juga mempunyai imbuhan nama geografis dalam penggunaannya, seperti fauna australia, fauna asia, dan sebagainya.

Klasifikasi Flora

Klasifikasi atau pengelompokan flora di kategorikan berdasarkan wilayah, iklim, perioda, atau lingkungan tertentu. Wilayah-wilayah atau daerah yang berbeda secara geografis, misalnya pada pegunungan yang dibandingkan dengan daerah dataran, biasa memiliki jenis flora yang berbeda. Berikut adalah klasifikasi Flora :

Flora Asli

Flora asli yaitu dafat berbagai jenis tumbuhan asli, yang hidup pada wilayah tertentu.

Flora Tanaman

Flora tanaman (pertanian dan hortikultura) yaitu mencakup berbagai jenis tumbuhan yang ditanam atau dibudidayakan oleh manusia.

Gulma

Flora gulma merupakan daftar berbagai macam jenis-jenis tumbuhan yang keberadaanya tidak diinginkan untuk tumbuh di lahan pertanian atau tempat lainnya, yang disusun serta dipelajari yang berkaitan dengan usaha dalam memberantas atau mengendalikan tumbuhan tersebut.

Persebaran Flora di Indonesia

Persebaran flora di Indonesia terbagi kedalam3 kategori yakni flora bagian barat, flora bagian tengah dan flora bagian timur. Pembagian flora di Indonesia dibatasi oleh dua buah garis imajiner. Garis Wallace membatasi flora bagian barat dengan flora bagian tengah, sementara itu garis Weber membatasi flora bagian tengah dengan flora bagian timur.

Flora Indonesia Bagian Barat

Wilayah yang termasuk flora bagian barat adalah pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Salah satu ciri flora Indonesia bagian barat adalah terdapat banyak jenis tumbuhan atau pohon berkayu keras yang sering dimanfaatkan manusia untuk membuat perabotan atau membuat rumah. Contoh tumbuhan yang ada di wilayah Indonesia bagian barat adalah jenis jati, mahoni, meranti, beringin, pinus dan rotan.

Flora Indonesia Bagian Tengah

Daerah yang termasuk pembagian flora bagian tengah adalah Nusa tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Pada wilayah ini sebagian memiliki curah hujan yang rendah dengan tingkat kekeringan tinggi. Wilayah inilah yang cocok untuk perkembangbiakan ternak karena banyak terdapat padang rumput. Contoh tumbuhan yang berada di Indonesia bagian tengah adalah akasia, cendana, sagu, dan palem.

Flora Indonesia Bagian Timur

Sedangkan untuk flora bagian timur berada di Papua serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sebagian flora yang tumbuh di wilayah ini mirip dengan flora yang tumbuh di kawasan Australia. Contoh flora yang ada di wilayah Indonesia bagian timur adalah eucalyptus, matoa, mangrove, agatis alba (sejenis tumbuhan paku), sagu, dan nipah.

Manfaat Flora Bagi Kehidupan

Berikut adalah beberapa manfaat flora bagi kehidupan manusia :

Sebagai Pemasok Oksigen

Fungsi pertama dan utama bagi flora adalah seagai pemasok oksigen. Semua makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bertahan hidup. Satu-satunya penghasil oksigen di dunia adalah tumbuhan berdaun hijau. Melalui proses fotosintesis, tumbuhan hijau melepas oksigen ke udara sehingga memberikan kehidupan bagi makhluk hidup lain termasuk hewan dan manusia. Hutan yang merupakan bagian dari paru-paru dunia juga terdiri dari flora itu sendiri.

Sebagai Sumber Makanan

Tumbuhan atau flora menyediakan sumber makanan baik dari daun, batang, bagian bagian bunga mau pun buahnya. Tumbuhan juga menjadi bagian dari rantai makanan sehingga dapat menjaga keseimbangan hayati. Berbagai jenis makanan dapat diolah oleh manusia dan dinikmati menjadi sumber gizi dari adanya tumbuhan. Tumbuhan juga dapat dikembangbiakkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Jadi selain berfungsi sebagai

Penyimpan Cadangan Air di Dalam Tanah

Akar-akar tumbuhan dapat menahan air di dalam tanah sehingga memberikan persediaan air untuk makhluk hidup lainnya.

Penghasil Kayu

Beberapa jenis tumbuhan yang membentuk hutan, dapat menjadi sumber penghasil kayu untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Kayu dipakai sebagai bahan membuat rumah atau perabotan. Selain itu kayu juga menjadi bahan baku pembuatan kertas.

Menahan Longsor

Manfaat lain dari tumbuhan adalah sebagai penahan terjadinya tanah longsor karena akar-akar pohon besar dapat menjadi penahan terjadinya tanah longsor. Oleh karena itulah penghijauan atau reboisasi perlu dilakukan.

Menjaga Kesuburan Tanah

Flora juga berfungsi untuk menjaffa kesuburan tanah karena tumbuhan yang mati menghasilkan humus sehingga menjaga keseimbangan ph tanah dan menjaga tanah agar tetap subur untuk memberikan nutrisi kembali pada makhluk hidup yang tumbuh di permukaannya.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Flora dan Fauna | Klasifikasi, Manfaat dan Contohnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)