Pengertian Bola Basket, Sejarah, Ukuran Lapangan dan Teknik Dasarnya

07.31

Pengertian Bola Basket Lengkap

Bola Basket adalah salah satu cabang olahraga  yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Sejarah Bola Basket

Awal mula ditemukannya permainan ini adalah oleh seorang Guru Olahraga bernama  Dr. James Naismith yang berkebangsaan Belanda. Pada tahun 1891 beliau mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA.
Beliau diharuskan untuk membuat sebuah permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu liburan musim dingin mereka di New England. Naismith kemudian menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.
Permainan ini terinspirasi ari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario. Kemudian barulah secara resmi permainan Bola Basket diselenggarakan 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Untuk lapangan Bola Basket sendiri memiliki bentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran.
Standar National Basketball Association
Ukuran lapangan Bola Basket menurut Standar National Basketball Association adalah dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.
Standar Federasi Bola Basket Internasional
Sedangkan standar Federasi Bola Basket Internasional menetapkan ukuran lapangan Bola Basket adalah 26 meter dan lebar 14 meter.
Lapangan Bola Basket juga dilengkapi dengan Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan yang memiliki ukuran panjang jari-jari 1.80 meter.

Jumlah Pemain Bola Basket

  • Pemain : 5 orang  dalam satu regu
  • Cadangan : 5 orang dalam satu regu
  • Wasit : 2 orang
    * Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.

Waktu Permainan Bola Basket

Federasi Bola Basket Internasional menetapkan Waktu permainan 4 x 10 menit.
Sedangkan National Basketball Association memberikan waktu bermain 4 x 12 menit.
Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 diberikan waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor.
Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Sedangkan untuk waktu lemparan ke dalam yakni 5 detik.

Ukuran Bola Basket

Ukuran keliling bola yang digunakan dalam permainan ini adalah 75 cm – 78 cm.

Berat Bola Basket

Untuk berat Bola yang digunakan adalah 600 – 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 – 1,40 meter.
Ukuran panjang papan pantul bagian luar adalah 1,80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1,20 meter. Panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.
Untuk jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0,40 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter.
Sedangkan untuk panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Untuk Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Panjang garis tembakan hukuman yaitu 3,60 meter.

Teknik Permainan Bola Basket

Berikut adalah teknik-tekkin yang digunakan dalam permainan Bola Basket yang dilakukan oleh professional :
  • Fade Away
  • Hook Shoot
  • Jump Shoot
  • crossover
  • Slam dunk

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Bola Basket, Sejarah, Ukuran Lapangan dan Teknik Dasarnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)