Untung Ruginya Jika Kamu Menginstal Antivirus di Komputermu

10.49
Virus masih menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna komputer. Bagaimana tidak, karena ancaman yang akan didapat oleh si pengguna akan sangat membahayakan dan merugikan. Bukan hanya merusak data-data penting yang ada, tetapi juga mampu merusak kinerja komputer sehingga komputer tersebut tak akan bekerja secara maksimal.

Untuk mengatasi dan mencegah hal tersebut, solusi yang paling familiar adalah dengan menginstal software antivirus.  Yapp, dengan menginstal antivirus rata-rata pengguna komputer akan merasa aman sehingga mereka yakin bahwa komputer mereka tak akan lagi terserang virus.

Benarkah?

Untuk menjawab pertanyaan ini, SiswaMaster akan memberikan ulasan tentang keuntungan dan kerugian jika kamu memakai antivirusCheck it out!

Keuntungan Menggunakan Antivirus :

1. Komputer memiliki perlindungan otomatis

Tentu kita sebagai pengguna komputer tak dapat selalu memindai semua file serta program yang masuk ke komputer kita secara satu-persatu. Untuk itu, antivirus bertugas untuk memindai semua file dan program secara real-time untuk melindungi komputer dari serangan virus. Dimana ketika ada program yang dianggap memiliki virus, akan segera dibasmi oleh antivirus tersebut.
 

2. Dapat menguji keamanan sebuah program

Semua program yang ada belum tentu aman, bahkan banyak sekali program-program yang kelihatannya aman justru malah sangat berbahaya. Tapi sayangnya kamu juga butuh program tersebut. Sehingga disaat inilah kamu membutuhkan yang namanya antivirus. Dimana kamu mampu memindai program tersebut apakah mengandung virus atau tidak.
 

3. Memberikan rasa aman terhadap pengguna

Memasang antivirus tentu akan menambah rasa aman bagi sang pengguna. Karena fungsi utama dari antivirus ini adalah melindungi komputer dari segala serangan virus dan bahaya lainnya.
Namun, apakah semua antivirus dapat menjamin keamanan komputer dari segala serangan kejahatan? Baca hingga selesai..

Kekurangan Menggunakan Antivirus :

1. Startup komputer menjadi lebih lamban

Ini tentu saja terjadi, karena segala antivirus pasti butuh akses agar selalu berjalan dari awal komputer dinyalakan hingga dimatikan. Sehingga antivirus tersebut akan memakan resource memori kamu untuk dapat bekerja secara realtime melindungi komputer kamu selama penggunaan. Untuk itu, kami rekomendasikan memilih antivirus yang ringan-ringan saja jika spesifikasi tergolong minim.
 

2. Antivirus tidak selalu bisa menahan serangan virus.

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Ini terjadi karena kesalahan pengguna itu sendiri, antivirus sendiri bekerja dengan cara menyimpan jenis-jenis virus yang kemungkinan dapat menyerang, kemudian jika ada serangan virus yang masuk maka akan di bandingkan dengan virus yang ada didalam database antivirus tersebut dan dicek apakah ada atau tidak.  
Padahal setiap waktu jenis-jenis virus akan bertambah, ini akan menjadi bahaya jika kamu tak melakukan update secara rutin terhadap antivirusmu.
 

3. Membebankan kinerja komputer

Untuk komputer yang memiliki sepesifikasi lumayan tentu ini bukanlah suatu masalah. Tapi bagaimana bagi mereka yang memiliki komputer dengan spesifikasi minimal? 
Perlu kecerdasan dalam memilih antivirus terbaik untuk komputer kita. Namun, juga harus disesuaikan juga dengan kemampuan komputer kita. Karena, rata-rata (red : bukan bermaksud apa-apa) banyak antivirus bagus namun berat untuk kinerja komputer.
 

Bolehkah jika tidak menginstal Antivirus?? Apa risikonya?

 
 
 
Dibalik 'kenekatan' pasti ada risiko, begitu juga jika kita nekat tidak memasang antivirus. Namun sebenarnya bukan hal salah jika kita tidak menggunakan antivirus. Yang terpenting adalah bagaimana kita mampu melindungi komputer kita secara manual agar terhindar dari serangan virus. Toh Windows sendiri (terutama Windows 8 keatas) sebenarnya sudah memiliki perlindungan yang namanya Windows Firewall dan sebenarnyapun sudah cukup jika kita hanya menggunakan Windows Firewall asal mampu menggunakannya.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Untung Ruginya Jika Kamu Menginstal Antivirus di Komputermu | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)