Resep Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes

11.31
Resep dan Cara Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes – Telur asin merupakan masakan yang berbahan dasar telur  bebek yang diawetkan dengan cara di asinkan mnggunakan garam agar menonaktifkan enzim perombak. Telur asin biasanya menggunakan telur bebek atau telur itik dan kualitas yang terbaik. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan beberapa tahun yang akan datang telur yang dipilih mungkin beda dari  jenis yang biasanya.

Di Brebes – jawa tengah, banyak sekali orang pembuat telur asin. oleh karena itu Kota Brebes dijuluki dengan Kota Telur Asin mengingat ketika melewati di sana, ketika mudik contohnya, banyak sekali warung atau toko yang jajahkan telur asin depan atau di etalase kacanya.
Telur asin Brebes sudah merambah pada beberapa kota sekitarnya. dan untuk mengetahui telur asin yang berkualitas tinggi, kita bisa melihat pada bagian kuning telur (tidak terdapat cairan ketika menggigitnya), dan tidak mengeluarkan bau amis atau busuk, dan rasa asin nya pun tidak menyengat di lidah dan mulut kita.


Telur asin yang dibuat dengan cara mengawetkan, oleh karena itu para pembuat telur asin khas Brebes menyarankan agar para calon pembeli mengokonsumsi telur sebelum 30 hari karena rasanya masih maksimal, lebih dari waktu 30 hari dikhawatirkan telur asin dapat mengeluarkan  senyawa kimia yang berbahaya.
 
Resep Telur Asin
 
Bahan-bahan :
  • 500 gram garam kotak atau garam kasar.
  • 10 butir telur bebek dan pilih yang usianya baru 1 atau 2 hari agar berkualitas.
  • Toples kaca atau plastik dengan penutup yang rapat.
  • 2 liter air jernih.
Proses  pembuatan telur asin :
  1. Pertama, rendamlah telur bebek ke dalam wadah yang telAah diisi air. tengok bila terdapat telur yang mengambang atau mengapung, cepat dibuang atau sisihkan karena menandakan tidak bagus untuk diolah.
  2. Berikutnya, bersihkan kulit telur dengan cara digosok menggunakan gosokan panci. Penggosokan inipun bertujuan agar pori-pori telur terbuka. sisihka pada wadah yang berbeda.
  3. Kemudian, buatlah air  rendaman yang menggunakan air dingin yang telah di campuri dengan garam dan  telah larutkan.
  4. Selanjutnya, tuanglah air larutan garam pada wadah penyimpan telur yang tadi. Pastikanlah semua telur terendam.
  5. Kemudian tutuplah wadah dengan rapat. Diamkan selama 12 hari sampai telur asin masir.
  6. Lalu keluarkan telur. dan rebus selama 20 menit.
Sekarang anda sudah tau bagaimana cara membuat telur asin khas brebes dengan mengikuti panduan resep dan cara membuat telur asin khas brebes, silahkan mencoba.
 

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Resep Cara Membuat Telur Asin Khas Brebes | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)