Resep Cara Membuat Colenak Khas Bandung

11.29
Resep dan Cara Membuat Colenak Khas Bandung – Colenak merupakan jajanan makanan ringan yang untuk menunda rasa lapar sementara waktu. Kudapan ini juga kerap kali dinamai dengan tape bakar yang terbuat dari peuyeum ataupun tapai singkong. Aki Murdi asal Bandung pada tahun 1930 merupakan orang yang pertama kali mengenalkan makanan ini. Bandung merupakan wilayah pertama kali  lahirnya makanan ringan milik Indonesia ini.

Dalam proses memasaknya, kandungan gula yang terdapat di dalam tapai sangat mudah gosong. Tapi siapa yang menyangka, bagian yang gosong pada tapai bakar atau colenak tersebut merupakan bagian yang paling enak yang dinanti-nanti oleh para pecintanya. kalau kita tinggal di Bandung, sangat mudah menemui penjual makanan ini. kita bisa mampir sebentar untuk mencicipi  Colenak Murdi Putra yang berad di Jalan Ahmad Yani, Bandung.

Yang awal nya dari Aki Murdi, resep colenak khas bandung pun mulai dikenali di beberapa kota lain termasuk Jakarta, meskipun jumlahnya relatif sedikit. Dalam menyajikan colenak, biasa nya disajikan menggunakan wadah atau piring kecil yang di dalamnya di taruh gula jawa yang telah di cairkan dan dicampuri menggunakan kelapa serut, dan rasanya memang benar-benar lezat.

 
Resep Colenak Khas Bandung
Jika kita kesulitan menemukan penjual colenak, Kita bisa membuatnya sendiri dengan cara mengikuti panduan resep dan cara membuat colenak khas bandung berikut ini.
Bahan-bahan :
  • Tapai singkong sebanyak 600 gram
  • Margarin sebanyak 50 gram
  • Kelapa muda, diparut kasar sebanyak 100 gram
Bahan cocolan :
  • Santan sebanyak 200 ml
  • Gula jawa, diiris halus sebanyak 175 gram
  • Daun pandan, dan diikat pada bagian tengah sebanyak 2 lembar
  • Garam sebanyak 1/4 sdt
Cara membuat colenak (peuyeum) khas Bandung :
  1. Pertama, Pipihkan atau gepengkan tapai singkong. Lalu bakar menggunakan bara api sambil diolesi dengan margarin sampai mengeluarkan warna kecokelatan.
  2. Berikutnya, Untuk membuat saus: Rebus santan kelapa, masukan gula jawa, garam dan daun pandan. Aduk sampai semuanya larut ke dalam santan.
  3. Kemudian, tambahkan pula serutan kelapa muda tersebut. Aduk-aduk lagi sampai mengental.
  4. Terakhir, sajikan tapai bakar (coenak) bersamaan dengan saus atau dicocol menggunakan sendok garpu.
Untuk 18 potong
 
Catatan:
Gula jawa bisa juga diganti menggunakan gula merah atau gula aren, takaran dan cara memasaknya sama saja.
 
Inilah Resep dan Cara Membuat Colenak khas Bandung dengan rasa original atau yang sederhana.  Untuk sekarang ini sudah banyak sekali varian rasa dari Colenak, misalnya nangka dan durian. kita dapat mencari di Internet jika ingin mencari  resep colenak rasa nangka, durian atau aneka rasa lain nya.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Resep Cara Membuat Colenak Khas Bandung | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)