Apakah Charger yang Terus Tercolok Akan Menguras Banyak Listrik? Ini Faktanya!

11.05
Mengecas adalah sebuah kegiatan yang rutin harus dilakukan oleh pengguna smartphone.. Kebanyakan dari mereka mengecas smartphonenya diwaktu malam hari.. Karena pada saat malam hari lah biasanya ponsel sudah kehabisan daya baterai akibat penggunaan sehari-hari.

Namun, ternyata masih ada saja sebagian yang belum mengerti cara mengecas yang baik itu seperti apa.. Padahal mengecas smartphone hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam atau lebih, tapi ada yang mengecas smartphonenya hingga semalam suntuk hingga pagi hari.


Jelas ini tidak bukan karena apa-apa, karena jika mengecas dilakukan terlalu lama.. Yang terjadi adalah kerusakan pada smartphone itu sendiri, terutama pada bagian baterai.
Bahkan ada yang bilang bahwa mengecas terlalu lama juga akan menguras daya listrik yang cukup besar. Apakah demikian?? Check it out!





Untuk memastikan hal tersebut, Profesor David McKay dari Cambridge melakukan sebuah penelitian untuk membuktikan berapa sumber daya dimakan jika charger tetap dicolokkan.
Hasilnya McKay menyebutkan bahwa daya yang dihasilkan charger ketika terpasang di colokan listrik tanpa ponsel selama setahun setara dengan yang dibutuhkan untuk pemanas air untuk sekali mandi. Dengan kata lain, McKay menyebutkan bahwa daya yang terbuang tak begitu besar. 

Namun McKay menyarankan, walaupun daya listrik yang dikeluarkan tak begitu besar, alangkah lebih baiknya agar mencabut charger jika memang sudah tidak diperlukan..

Penelitian lain juga dilakukan oleh Lawrence Berkeley National Library, yang menyebutkan bahwa rata-rata ketika charger terhubung ke listrik tanpa ponsel akan menyedot daya 0,26 watt. Namun, saat charger mengisi daya ke ponsel maka aliran listriknya meningkat jadi 3,68 watt. Dan saat daya ponsel sudah 100% maka dayanya turun ke 2,24 watt. 

Dapat ditarik kesimpulan bahwa membiarkan charger tetap tercolok itu tidak akan menguras banyak listrik.. Tapi biar bagaimanapun bukanlah sebuah hal yang bijak bila kita membiarkan charge terus tercolok, karena dampak buruknya bisa beralih kepada baterai smartphone.. Terutama baterai lithium ion, dimana peneliti mengatakan bahwa jenis baterai ini tidak boleh dicharge terlalu lama karena akan cepat mengalami kerusakan.

Apalagi bagi mereka yang suka mencharge smartphonenya semalaman.. Jelas itu akan cepat merusak kualitas baterai sehinggamengalami penurunan daya tahan baterai.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Apakah Charger yang Terus Tercolok Akan Menguras Banyak Listrik? Ini Faktanya! | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)