9 Masakan Khas Padang Paling Terkenal

10.54
Masakan Padang Paling Populer, Enak dan Lezat - Siapa yang tak kenal dengan masakan padang? Semua orang tentu sudah mengenalnya. Masakan yang satu ini memang sangat terkenal sampai seantero nusantara ini, tak heran kalau warung atau rumah makan padang sendiri sampai tersebar ke seluruh kota di indonesia, bahkan di jawa sendiri sudah tercatat ada sekitar 20 ribu rumah makan padang yang berdiri dan tersebar di berbagai provinsi, kota dan kabupaten.
 
Soal kelezatan, Masakan padang memang tiada tanding, bahkan masakan padang yang dikenal dengan sebutan "Rendang" itu pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN karena memang kelezatan citarasa masakan ini hampir tidak bisa diuraikan dengan kata-kata. Masakan khas sumatera barat memang terkenal akan kelezatannya dan punya beberapa ciri khas yang mendominasi yaitu masakan pedas, bumbu rempah dengan takaran sempurna dan juga terkenal dengan masakan santannya.
 
Soal tampilan sendiri, tempat makan masakan padang juga punya ciri khas, yaitu tempat sayur dan lauk disusun sedemikian rupa di display kaca atau piring bertingkat yang selain bisa menghemat tempat juga akan terkesan rapi sehingga membuat keunikan tersendiri rumah makan padang. Susunan atau bentuk rumah makannya pun disesuaikan dengan rumah adat daerah padang yaitu rumah gadang atau rumah adat minangkabau. Tak sedikit juga yang menjual atau juru masaknya kebanyakan juga asli orang padang yang memang merantau ke luar sumatera barat untuk mendirikan rumah makan padang.
 
Nah, selain rasa masakan dan juga kondisi tempat makannya, padang masih punya beberapa ciri khas lagi seperti kalau sobat membeli masakan padang yang dibungkus dengan makan ditempat itu berbeda, biasanya jauh lebih banyak porsi jika dibungkus karena memang ada sejarahnya. Dulu saat jaman belanda yang biasa makan di rumah makan padang adalah kebanyakan orang-orang elite namun pemilik rumah makan padang ingin kalau orang-orang pribumi bisa menikmatinya juga, maka pemilik mempunyai ide dengan cara dibungkus dan porsi nya lebih banyak agar bisa berbagi dengan orang pribumi lainnya.
 
Setelah berpanjang lebar membahas rumah makan padang dan kelezatan masakannya, sekarang kita akan membahas beberapa masakan khas padang yang paling digemari semua orang. Jika sobat penyuka masakan padang, kami punya beberapa makanan rekomendasi yang menurut kami masakan tersebut yang paling banyak dicari dan menjadi favorit orang-orang yang datang ke rumah makan padang. Lalu menu atau masakan apa saja yang paling populer itu, Langsung saja kita simak ulasan berikut.
 
9 Masakan Khas Padang paling Terkenal dan Digemari:
    1. Rendang
    2. Masakan padang yang nomor satu tentulah Rendang, masakan yang satu ini tak terkalahkan, rasanya yang khas dengan pedas bumbu rempah dan daging sapi yang lembut nan gurih dan bumbu yang meresap sempurna membuat masakan ini sangat digemari oleh semua lapisan masyarakat. Tak heran kalau di seluruh rumah makan padang pasti menyajikan masakan ini sebagai menu utama atau menu wajib. Soal harga tidak usah dipermasalahkan karena masih tergolong standard dan tidak begitu menguras kantong dan tentunya rasa dan kenikmatan yang didapat akan sebanding dengan harganya.
Rendang
    1. Ikan Balado
    2. Balado juga salah satu masakan yang sangat kental dengan rumah makan padang, tanpa menu wajib kedua ini, rumah makan padang tidaklah lengkap. Baldo adalah sejenis masakan sambal, namanya sambal balado. Sambal ini bisa dipadukan dengan berbagai bahan seperti ikan tongkol, telur, daging, dendeng dan juga tempe atau tahu. Sambal balado yang paling terkenal dalam masakan padang adalah Ikan Balado. Ikan balado juga makanan yang sangat disukai dan menjadi favorit. Bumbu rempahnya yang lezat menjadikan sambal balado terasa lebih nendang apalagi ditambah dengan ikan goreng yang gurih dan enak, pasti akan membuat setiap pencicipnya merasa ketagihan.
Ikan Balado
    1. Soto Padang
    2. Soto Padang adalah masakan kuah seperti halnya soto pada umumnya, tetapi soto padang ini berhasil menempati posisi masakan yang sangat digemari. Selain terkenal di seluruh nusantara ini, soto padang bahkan sampai terkenal ke restauran-restauran international dengan dikreasikan dengan memodifikasi sedikit bumbu dan bahannya. Ciri khas dari soto padang ini adalah menggunakan pelengkab daging sapi pilihan dan tekstur dagingnya juga bisa sangat empuk dan gurih. Sobat yang suka masakan kuah, kami rekomendasikan soto padang ini untuk dicicipi.
Soto Padang
    1. Sate Padang
    2. Satu lagi makanan khas padang yang paling digemari adalah Sate Padang. Masakan ini terkadang tidak dijual di rumah makan padang namun bisa kita temukan di tempat tertentu yang khusus menjual sate padang, namun ada juga rumah makan padang yang menyajikannya. Masakan ini juga sudah tersebar di berbagai daerah di seluruh indonesia dan tak sedikit para penikmat kuliner menyerbu sate padang ini. Bahan yang digunakan masih seputaran daging sapi, tidak seperti sate biasanya yang menggunakan bahan ayam atau kambing. Ciri unik yang lain dari sate ini adalah bumbunya yang menggunakan bumbu kuning yang terbuat dari tepung beras dan kaldu jeroan pedas, kunyit dan jahe. Sobat jangan sampai melewatkan masakan yang satu ini ya.
Sate Padang
    1. Dendeng Balado
    2. Seperti halnya ikan balado, masakan dendeng balado juga merupakan sodara kembar yang menjadi favorit di rumah makan padang. Masakan yang satu ini memang sangat lezat dan mengoda selera, tak bisa dipungkiri kalau dendeng balado ini harganya cukup mahal untuk satu kepingnya. Dendeng adalah sejenis makanan dari kepingan daging yang diberi bumbu rahasia dan dimasak dengan perlakuan khusus sehingga bisa membuat dendeng ini sebagai lauk yang awet dan tidak mudah basi. Dendeng balado dibuat dari daging tipis yang diberi bumbu atau sambal balado sehingga perpaduan citarasane menjadi tiada tara lezatnya. Jangan sampai sobat meloloskan masakan yang satu ini jika makan di rumah makan padang.
Dendeng Balado
    1. Kalio Daging
    2. Orang padang sering menyebutnya kalio dagiang (kalio daging). Masakan padang yang satu ini juga cukup terkenal dan diminati karena rasanya yang lezat dan menggoda selera. Masakan ini cukup bisa memanjakan lidah para pecinta masakan padang dan pecinta kuliner. Masakan ini dimasak dengan bumbu gulai, bahan dasarnya terbuat dari berbagai jenis daging seperti daging sapi, daging ayam, jeroan, limpa bahkan jengkol. daging sapinya diolah dengan cara khsusus dan direbus sangat lama sehingga menghasilkan tekstur lembut dan empuk dan diberi bumbu khas padang yang enak dan lezat. tak lengkap kalau rumah makan padang tak menyajikan menu masakan ini.
Kalio Daging
    1. Asam Padeh
    2. Masakan yang satu ini juga sudah tidak asing ditelinga para pecinta kuliner dan masakan padang. 
Asam Padeh
    1.  adalah nama masakan yang berasal dari minangkabau, asam pedas (asam padeh). Ciri khas dari masakan ini adalah rasa kuahnya yang pedas berpadu dengan rasa asam yang menjadikan citarasanya menjadi unik dan lezat. Masakan ini biasanya menggunakan bahan ikan seperti ikan kakap, tuna, tongkol, cumi, gurame dan sejenisnya yang diberi bumbu pedas cabe dan rempah dan ditambah dengan asam jawa. Masakan ini dulunya hanya terkenal di suatu tempat yaitu semenanjung melayu, namun sekarang masakan asam padeh semakin populer dan wajib ada di rumah makan padang. jangan sampai terlewatkan ya masakan asam padeh lezat ini.
Asam Padeh
    1. Gulai Itiak (Gulai Itik)
    2. Gulai yang satu ini sering disebut gulai itiak lado mudo, bahasa bukit tinggi dari gulai itik. Terbuat dari daging itik atau bebek yang diiris tipis dan dimasak sedemikian rupa hingga menjadikan daging bebek empuk serta diberi bumbu cabe hijau dan bumbu rempah lainnya sehingga tampilan masakan bisa berwarna hijau segar dan menarik. Soal rasa, Gulai ini tak usah diragukan lagi karena selain masakan padang diatas, Gulai itiak juga menjadi favorit dan primadona masakan padang. Ciri khas paling unik adalah dagingnya dari daging bebek pilihan yang sering digunakan di restotan bintang lima untuk membuat masakan terkenal "bebek peking". Sobat jangan sampai melewatkan mencicipi masakan yang satu ini ya.
Gulai Itiak
    1. Gulai Paku
    2. Masakan ini dikenal juga dengan nama "Gulai Pakis" karena memang bahan yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah dari daun paku atau pakis yang biasa tumbuh liar di daerah lembab seperti pinggir sungai atau pekarangan rumah tak berhuni. Namun soal rasa dan gizi, 
Gulai Daun Paku
    1.  ini termasuk masakan yang banyak disukai sejak dulu sampai sekarang. Mungkin sobat ada yang belum pernah mencoba masakan ini, sobat bisa datang ke rumah padang dan disana biasanya disajikan masakan ini. Biasanya kalau untuk rumahan, gulai paku ini biasa disajikan saat hari raya, sebagai bahan sayur untuk ketupat.
Gulai Paku

Itulah 9 macam masakan khas padang yang paling populer dan wajib dicoba. Sebenarnya bukan hanya 9 macam tapi masih banyak sekali masakan khas dari kota sumatera barat ini, namun kami hanya mengambil intisari yaitu 9 masakan yang paling digemari dan menjadi favorit. Sekian uraian singkat dari kami dan semoga informasi ini berguna bagi sobat sekalian.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

9 Masakan Khas Padang Paling Terkenal | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)