6 Tips Bijak Membeli Smartphone Baru yang Bagus dan Berkualitas

10.47
Di era sekarang ini, persaingan pasar smartphone begitu ketat. Masing-masing dari merk smartphone dengan gencarnya melakukan promosi untuk menguatkan brand mereka. Tentunya kita sebagai orang yang awam harus cermat dalam memilih banyaknya merk smartphone yang ada. Terlebih lagi fitur yang mereka tawarkan sangat beragam sehingga membuat kita semakin bingung dalam memilih smartphone.

 
 
Tapi kamu tak perlu khawatir karena kali ini kami bakal kasih tau kamu apa saja tips-tips membeli smartphone yang bagus dan berkualitas. check it out!


Tips Membeli Smartphone yang Bagus dan Berkualitas

1. Pilih Merk / Brand

 
 
Salah satu kunci larisnya penjualan suatu produk adalah brand. Memang tak dapat dipungkiri bahwa smartphone yang memiliki brand bagus rata-rata memiliki harga yang lebih mahal. Disamping itu spesifikasi yang diusung juga bisa saja masih kalah dengan smartphone yang brandnya masih belum terlalu bagus. Sehingga disinilah kita harus cerdas dalam memilih. Selalu usahakan pilih smartphone yang memiliki brand bagus serta spesifikasi yang bagus. Baik dari kamera, RAM, memori internal, layar, baterai, dsb.
 

2. Spesifikasi

 
 
Sebenaranya spesifikasi tidak lah harus yang tinggi-tinggi. Karena semua ini tergantung kebutuhan individu masing-masing. Berikut akan saya jabarkan satu persatu bagian-bagian  yang harus kamu perhatikan spesifikasinya:
 
  • RAM
Buat kamu yang hanya menggunakan smartphone untuk penggunaan normal tanpa memainkan software berat, mungkin smartphone dengan RAM 512 MB - 1 GB sudah cukup lumayan.. 
Tapi buat kamu yang suka menggunakan smartphone untuk aktivitas berat seperti gaming dan editing, mungkin membutuhkan RAM yang lebih tinggi.
 
  • Memori internal
Pada dasarnya, memori internal digunakan untuk tempat menyimpan folder dari semua file instalasi aplikasi. Walaupun masih dimungkinkan memori internal ini kamu gunakan untuk menyimpan data-data pribadi kamu. Smartphone dengan memori internal 4-8 GB rasanya sudah cukup bagi kamu yang menggunakan smartphone secara normal dalam penggunaan sehari-hari.
 
  • Kamera
Jika kamu suka dengan fotografi, tentu kamu tak boleh melewatkan bagian yang satu ini. Namun jika kamu memang tak terlalu suka dengan kegiatan fotografi, kamera belakang dengan kekuatan 2-5 Mp mungkin sudah cukup untuk kamu. Tapi jika kamu memang hobi fotografi, kamera 5 Mp keatas mampu memanjakan hari-harimu.
 
  • Layar
Banyak para pengguna smartphone yang mengeluh dengan layar smatphone mereka karena rata-rata layar smartphone mereka cepat dan mudah sekali tergores yang menimbulkan bekas goresan permanen. Jika ini terjadi, tentunya akan mengurangi keindahan smartphone kamu.. Untuk itu, saran kamu pilihlah smartphone yang sudah memiliki layar dengan teknologi Gorilla Glass. Karena teknologi ini akan mampu melindungi smartphone kamu dari segala goresan yang ada tanpa menggunakan antigores / pelindung layar sekalipun.
 
Selain itu, kerapatan layar juga perlu kamu perhatikan. Layar yang bagus rata-rata memiliki kerapatan diatas 300 ppi
Dan yang terpenting, pilih ukuran layar yang paling nyaman dengan tangan kamu. Karena untuk apa smartphone bagus kalau dipegang saja tidak nyaman. 
 
  • Baterai
Tak ketinggalan, bagian terpenting dalam smartphone. Yapp, baterai. Banyak para pembeli yang sering mengabaikan hal ini.. Sering kali pembeli bingung dengan pilihan baterai tanam atau baterai lepas. Untuk menanggapi hal ini, sebenarnya kedua jenis baterai tersebut sama saja, cuma berbeda dalam pengemasannya. Selain itu, keduanya juga sama terbuat dari bahan kimia. 
 
Yang justru dipermasalahkan adalah kapasitasnya, perlu diketahui bahwa kapasitas baterai harus menyesuaikan dengan spesifikasi lainnya terutama layar. Karena dari layar ini lah yang paling besar memakan baterai. Perhatikan juga ukuran layar, semakin besar ukuran layar otomatis kamu juga perlu kapasitas baterai yang lebih besar untuk mengatasi terjadinya boros baterai.
Untuk saat ini, jenis layar yang paling boros memakan baterai adalah jenis layar LCD.

3. Sesuaikan Spesifikasi dengan Harga

Perlu juga rasanya untuk menyesuaikan spesifikasi yang ada dengan harga yang dibanderol. Mungkin jika spesifikasi bagus dibanderol dengan harga mahal, it's not problem. Tapi apa jadinya jika yang terjadi adalah banyak sekali smartphone murah namun mengusung spesifikasi 'dewa'? 
Inilah yang seharusnya kamu pertimbangkan. Jadi, tetap cermat dan cerdas yah sob! memang benar bahwa kuantitas menentukan kualitas.


4. Beli di Toko Terpercaya

 
 
Ini yang tak kalah penting. Kenapa harus membeli ditoko yang terpercaya? Karena tidak semua smartphone memiliki service center yang menjamur dimana-mana. It's oke jika memang smartphone yang kamu pilih memiliki service centeryang dekat. Tapi bagaimana dengan yang lain? Tentu kamu akan kerepotan jika menemui masalah kerusakan pada smartphone kamu, apalagi smartphone kamu masih dalam waktu garansi dan ditambah lagi letak service center yang jauh hingga ke luar kota.
Tentunya jika hal-hal seperti ini terjadi, kamu paling tidak bisa mengandalkan 'toko terpercaya' tempat dimana kamu membeli smartphone tersebut.
 

5. Pilih Smartphone dengan "GARANSI RESMI"

Sangat perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kamu memilih smartphone dengan garansi resmi. Ini bertujuan untuk memudahkan kamu ketika mengalami masalah selama dalam masa garansi. Ada dua jenis garansi, yaitu garansi resmi dan garansi distributor (tidak resmi). 
 
Jika dilihat pada spesifikasi, seharusnya keduanya memiliki kesamaan dalam semua hal. Namun yang terjadi adalah banyak para pengguna yang mengeluh pada smartphone yang memiliki garansi distributor. Sehingga cara amannya adalah dengan memilih smartphone dengan garansi resmi.
Karena sebenarnya smartphone dengan garansi tidak resmi tidak ditujukan untuk masuk ke Indonesia, Tapi untuk negara lain. sehingga ketika smartphone mengalami kerusakan, sparepart yang harusnya ada malah seringkali tidak ada.
 

6. Melihat Kondisi Budget

 
 
Dan hal terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah kondisi budget. Yap betul. Karena percuma saja sudah menerapkan tips-tips diatas namun kondisi budget tidak memungkinkan. hehe
Jika memang budgetmu tidak mencukupi dan kamu sudah tak sabar membeli smartphone baru, pilihlah smartphone yang sesuai dengan isi dompetmu.
 
Tapi jika kamu adalah orang dengan tipikal sabar, saran kami lebih baik menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan smartphone yang kamu inginkan. Karena smartphone ini adalah benda yang digunakan untuk jangka panjang, sehingga haruslah bijak dalam pembelian.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

6 Tips Bijak Membeli Smartphone Baru yang Bagus dan Berkualitas | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)