5+ Penyebab Telinga Gatal & Cara Mengobatinya Ampuh [100%]

08.36
Ketahuilah! 5 Penyebab Telinga Gatal & Cara Mengobatinya Ampuh [100%]

Penyebab telinga gatal adalah kondisi saluran telinga bagian dalam, yang merupakan masalah yang sangat umum bagi sebagian orang. Seringkali, kapan Anda juga bisa tergores, saat Anda menggosok bagian dalam telinga Anda. Hal ini tidak disarankan, karena bisa menyebabkan lecet dan trauma pada saluran telinga. Lalu apa penyebab dari telinga yang gatal? Bagaimana menghadapi ini?
Tahu! 5 alasan gatal pada telinga dan bagaimana cara kerjanya [100%]
Telinga Gigi
Penyebab telinga gatal

Penyebab pruritus yang paling umum adalah infeksi jamur dan beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis atau dermatitis kontak. Terkadang penderita alergi juga mengeluhkan gatal-gatalnya.

Tiba-tiba gatal pada telinga (bukan karena infeksi ya), sebenarnya bisa diatasi dengan mengambil antihistamin jangka pendek. Dan satu hal yang perlu diperhatikan, gatal di telinga bisa menjadi pertanda adanya infeksi di telinga.

Ini banyak hal, seperti penyebab gatal telinga, termasuk infeksi:

1. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan ruam merah dan gatal alami di tempat yang terkena sistem autoimun. Psoriasis kadang dapat terjadi di bagian tubuh yang terlihat, seperti tangan atau bahkan di dalam telinga. Seringkali telinga gatal yang tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda psoriasis di telinga.

2. Apakah Anda menggunakan alat bantu dengar

Bila Anda memakai alat bantu dengar, ini bisa menyebabkan air atau benda lain terjerat di telinga. Selain itu, kondisi ini bisa menimbulkan reaksi alergi terhadap alat bantu dengar. Alat bantu dengar yang tidak sesuai juga dapat memberi tekanan pada ruang pendengaran tertentu agar gatal.

3. Infeksi eksternal pada saluran telinga

Kesan eksterna atau infeksi saluran pendengaran eksternal, bisa jadi salah satu penyebab gatal telinga dan nyeri. Hal seperti itu juga sering dijumpai pada atlet renang. Seringkali jenis infeksi telinga ini bisa menyebabkan telinga menjadi merah dan bengkak.

Peradangan di saluran telinga

Peradangan pada saluran telinga adalah suatu kondisi yang berlangsung saat kulit di dalam dan di sekitar saluran telinga menjadi meradang. Keadaan ini bisa disebabkan oleh reaksi alergi terhadap produk yang Anda gunakan di telinga atau di ruangan disekitarnya. Misalnya, misalnya produk perawatan kulit atau bahkan menggunakan anting yang terbuat dari logam atau plastik.

5. Telinga Anda kering

Sebenarnya, saluran telinga bagian dalam membutuhkan kelembabannya sendiri. Bila telinga Anda kering, telinga Anda tidak bisa menghasilkan cukup lilin atau kelembaban, akhirnya efeknya juga bisa gatal. Bila telinga tidak memiliki cukup kelembaban, terkadang telinga juga menghilangkan kulit yang mengelupas, jadi pertanda jika telinga Anda kurang basah.

bagaimana merawat telinga yang gatal?

Jika gatal di telinga tetap bertahan dalam jangka waktu lama, Anda harus mencari bantuan medis sesegera mungkin. Konsultasikan dengan dokter THT Anda jika gatal Anda tidak lebih baik dengan perawatan di rumah, seperti yang dijelaskan di atas.

Selama perawatan, sebagai aturan, dokter Anda juga akan memeriksa telinga Anda, meminta riwayat penyakit telinga tentang manfaat yang membantu menentukan penyebab spesifiknya. Dokter tidak akan melihat keunggulan dari earwax atau kotoran telinga yang sangat dekat dengan gendang telinga sehingga bisa menyebabkan gatal.

Kemudian Anda juga akan diberi obat, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:


  • Anda juga akan diberi salep antibiotik, yang juga akan diolesi di ruang telinga.
  • Anda juga akan diberi baby oil untuk menghaluskan kulit telinga.
  • Anda juga akan diberi salep steroid yang mengurangi peradangan, seperti krim hidrokortison atau krim betametason.
  • Dokter Anda mungkin juga meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi telinga gatal.
  • Pikirkan juga jadwal pertemuan rutin dengan dokter telinga. Hal-hal semacam itu bisa meminimalkan luka akibat pembersihan telinga yang tidak semestinya, membantu mengeluarkan lilin telinga yang berlebihan.


Nah, ini adalah 5 alasan untuk telinga yang gatal dan bagaimana mengobatinya (dicek), kuharap, setelah telingamu berhenti gatal.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

5+ Penyebab Telinga Gatal & Cara Mengobatinya Ampuh [100%] | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)