11 Tips Mudah Cara Mengupas Kulit Bahan Makanan

14.15
Cara Mudan Mengupas Kulit Bahan Makanan - Mengupas bahan makanan adalah pekerjaan wajib dan selalu dilakukan di dapur ketika kita hendak memasak. Pekerjaan mengupas tersebut ternyata gampang-gampang susah, apalagi mengupas kulit bahan makanan yang memang cukup sulit dan membutuhkan kecermatan serta ketelitian.

Beberapa bahan makanan tertentu bahkan hasilnya tidak maksimal meskipun berhasil dikupas. Contohnya saja bawang merah, mengupas bawang merah memang pekerjaan yang terkadang membuat beberapa orang malas melakukannya karena selain membuat pedas dimata, mengupas bawang juga perlu tingkat ketelitian karena kulit bawang yang berlapis-lapis dan tipis agak susah dihilangkan dan terkadang masih ada kulit yang masih menempel.

Apalagi kalau kita mengupas bahan makanan dalam jumlah banyak juga tentunya selain menyita waktu, kita juga akan cepat bosan. Beberapa bahan makanan yang memerlukan trik khusus agar bisa dikupas dengan mudah dan cepat misalnya bawang, udang, telur rebus, kentang rebus dan sebagainya. Bagi sebagian orang pasti tidak mengetahui tips dan cara mudah mengupasnya, itulah yang biasanya membuat kita malas untuk memasak.

Pada kesempatan kali ini, Kami akan mencoba merangkum beberapa tips dan cara mudah mengupas kulit bahan makanan, sobat bisa mengaplikasikan tips dan trik ini dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam urusan dapur atau masak memasak. Langsung saja yuk kita simak Tips Cara Mudah Mengupas Kulit Bahan Makanan.

Tips Mudah Cara Mengupas Kulit Bahan Makanan:
  1. Cara Mengupas Telur Rebus
  2. Tips yang pertama adalah cara mudah mengupas telur rebus. Mengupas telur rebus adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah karena biasanya kebanyaan orang mengupas telur rebus dengan membuka sedikit demi sedikit cangkang telur sampai semua terkelupas, hal tersebut terkadang memerlukan waktu yang cukup lama. Namun ternyata ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk mengupas kulit telur rebus ini, yaitu dengan menggunakan gelas. Caranya adalah masukkan telur ke dalam gelas, lalu isi dengan sedikit air dingin, tutup gelasnya dengan telapak tangan kemudian kocok atau goncang-goncangkan gelas tersebut dengan cepat selama 10 detik, maka kulit telur rebus akan terkelupas dengan sendirinya dan kita tinggal menariknya, telur rebus sudah terpisah dari semua kulitnya.
    Cara Mengupas Telur Rebus





  • Cara Mengupas Kentang



  • Kentang adalah bahan makanan yang juga cukup sulit dalam mengupasnya, kulit kentang yang sangat tipis memang akan sulit terpisah dengan dagingnya apabila tidak tau cara atau trik khususnya. Apalagi kalau kita hanya mengandalkan pisau untuk mengupasnya, sudah tentu akan memakan waktu yang cukup lama dan kulit yang terkelupas pun tidak akan sama rata atau daging kentang bisa ikut terkelupas. Lalu bagaimana cara mengupas kentang dengan mudah dan cepat. Caranya adalah rebus dulu kentang selama kurang lebih 15 menit, lalu masukkan kentang rebus kedalam air es dan langkah terakhir adalah tarik kulit kentangnya maka kulit kentang akan terkelupas dengan sendirinya dengan mudah.
    Cara Mengupas Kentang






  • Cara Mengupas Kulit Udang



  • Udang adalah bahan makanan yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam masakan lezat, terutama masakan seafood. Biasanya udang yang hendak diolah harus dikupas terlebih dahulu yaitu menghilangkan kepala, cangkang dan juga menghilangkan nadi yang ada di bagian belakang udang (devein). Mengupas udang memang tidak terlalu sulit namun apabila kita tau trik mengupas udang dengan cepat dan mudah maka kita akan bisa menghemat waktu dan tentunya pekerjaan kita akan lebih efektif. Untuk mengupas udang dari kulitnya caranya adalah rendam dulu udang dalam air panas sebelum udang dikupas, kemudian pertama hilangkan atau potong kepalanya, kedua potong kaki-kakinya baru kemudian kelupas kulitnya, terakhir buang isi perutnya atau nadi nya yang berada di punggung udang.
    Cara Mengupas Udang






  • Cara Mengupas Bawang Putih



  • Tips selanjutnya adalah cara mengupas bawang putih. Sebenarnya bawang putih juga cukup mudah cara mengupas kulitnya, hampir semua orang bisa melakukannya namun apakah sobat sudah tau ternyata ada cara termudah dalam mengupas bawang putih dengan cepat bahkan tanpa menggunakan pisau dapur? Caranya adalah siapkan wadah atau bisa juga toples ukuran kecil. Masukkan bawang putih ke dalam toples, tutup toplesnya lalu guncangkan beberapa kali toples sampai kulit bawang putih terkelupas dengan sendirinya, ambil kulit bawang putih agar ruang dalam toples bertambah lalu goncangkan lagi sampai semua kulit bawang terkelupas sempurna.
    Cara Mengupas Bawang Putih






  • Cara Mengupas Jagung



  • Jagung adalah bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis camilan dan makanan, biasanya jagung yang akan kita buat harus kita pisahkan dulu dari kulitnya (kelobot). Nah ada trik tersendiri untuk mengupas kulit jagung agar lebih mudah dan cepat. Caranya adalah pertama letakkan jagung rebus di atas talenan kemudian potong bagian pangkal jagung dengan pisau. Setelah dipotong kemudian dorong bagian ujung jagung dengan tangan menuju ke pangkal, sehingga kulit jagung akan terkelupas semaunya dari jagung berserta rambut-rambut jagung juga akan ikut terkelupas bersama kulit jagung.
    Cara Mengupas Jagung






  • Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau



  • Terkadang untuk suatu keperluan kita harus mengupas kacang hijau, msekipun kulit kacang hijau sebenarnya ada manfaat dan kandungan gizinya. Cara untuk mengupas kulit kacang hijau cukup mudah yaitu dengan cara merendamnya di dalam air bersih selama kurang lebih 24-48 jam dan setiap 6 jam air rendaman harus diganti yang baru dan usahakan kacang hijau terendam sepenuhnya atau tenggelam di dalam air karena kalau air nya kurang biasanya kacang hijau akan muncul tunas dan berubah menjadi kecambah. Dengan begitu maka biji kacang hijau akan mudah kita kupas dengan cara diremas-remas.
    Cara Mengupas Kacang Hijau






  • Cara Mengupas Kulit Ayam



  • Kulit ayam yang biasanya ingin kita kupas terasa licin dan sulit sekali untuk dipisahkan dari dagingnya, cara mengupas kulit ayam adalah dengan cara menggunakan lap bersih atau kain bersih untuk menarik kulit ayam yang akan dipisahkan dari dagingnya. Dengan begitu kulit ayam akan mudah kita tarik dan terkelupas dari dagingnya.
    Cara Mengupas Kulit Ayam






  • Cara Mengupas Buah Naga



  • Kebanyakan orang mengupas buah naga dengan cara dibelah menjadi dua, memang hal tersebut cukup mudah dan praktis namun apakah sobat tau sebenarnya ada tips mengupas buah naga agar daging buahnya utuh dan bulat. Caranya adalah kita potong dulu ujung-ujung buah naga, kemudian iris kulit buah naga secara vertikal dan langkah selanjutnya adalah kita kupas kulit buah naga dengan arah melingkar. Dengan cara seperti itu maka akan di dapatkan daging buah naga yang utuh dan cocok untuk menjamu tamu sobat.
    Cara Mengupas Buah Naga






  • Cara Mengupas Jeruk Sunkist



  • Jeruk sunkist adalah jeruk yang berasal dari amerika, rasanya manis dan sedikit asam tapi sangat segar. Mengupas jeruk sunkist itu gampang-gampang susah dan tidak seperti mengupas jeruk jenis lain pada umumnya. Dalam mengupas jeruk sunkist terkadang kita salah dan malah terkelupas sampai daging buahnya atau bahkan kulit yang trekelupas tidak sempurna dan masih ada sisa kulit sehingga terasa pahit. Nah, cara mengupas jeruk sunkist dengan benar adalah potong dulu kedua ujung jeruk, kemudian tarik jeruk hingga memanjang.
    Cara Mengupas Jeruk Sunkist






  • Cara Mengupas Jeruk Bali



  • Jeruk bali adalah buah yang berkulit tebal, terkadang banyak orang yang tidak bisa atau salah mengupas jeruk bali sehingga daging buahnya hancur atau bahkan terasa pahit. Cara mengupas kulit jeruk bali yang benar adalah pertama potong ujung jeruk bali dengan pisau atau cutter, kemudian kerat secara vertikal sekeliling jeruk, ketiga kupas kulitnya satu per satu sampai kulit terkelupas semua dan yang terakhir kupas kulit dalamnya yang tipis baru buah jeruk bali bisa kita bagi-bagi per sisir.
    Cara Mengupas Jeruk Bali





  • Cara Mengupas Kulit Petai



  • Petai adalah bahan makanan yang wajib dikupas jika ingin diolah menjadi berbagai jenis masakan. Kulit petai cukup tebal dan di dalamnya masih terdapat kulit ari petai yang bisa dihilangkan atau bisa juga tidak dihilangkan sesuai selera. Mengupas petai kalau tidak tau caranya biasanya akan memakan waktu yang cukup lama, lalu bagaimana cara mengupas petai dengan mudah dan cepat. Nah, inilah cara mengupas Petai dengan benar, pertama potong secara memanjang petai shingga menjadi 2 bagian lalu tinggal ambil biji-bijinya.
    Cara Mengupas Kulit Petai
    Itulah 11 Tips Cara Mudah Mengupas Kulit Bahan Makanan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat sekalian dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sobat tidak kesulitan dalam mengupas berbagai jenis kulit makanan. Kami rasa sedikit saja informasi dari kami, sebenarnya masih banyak cara mengupas kulit makanan dari berbagai jenis makanan lain yang biasanya orang kesulitan atau tidak tau cara mengupasnya, mungkin lain kali akan kami tambahkan caranya. Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca tips cara mengupas kulit makanan di blog kami.

    Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

    11 Tips Mudah Cara Mengupas Kulit Bahan Makanan | Siswa Master | 5

    Artikel Lainnya

    Previous
    Next Post »
    Blogger
    Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

    Posting Komentar

    Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)