11 Nama Makanan Khas Unik di Indonesia

10.55
Nama Makanan atau Masakan Khas Indonesia yang unik dan menarik - Semua orang tau kalau indonesia adalah negara yang kaya akan adat dan budayanya, nah di masing-masing adat dan budaya itu ternyata menghasilkan kekayaan kuliner tersendiri yang tak ternilai harganya dan jumlahnya pun tak dapat dihitung, sangat banyak dan beraneka ragam sekali. Pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa makanan yang punya nama unik, aneh dan menggelitik.
 
Biasanya nama makanan atau masakan tersebut dikaitkan dengan bahan penyusun atau bentuknya, ada pula makanan yang dibuat dengan nama-nama yang meyeramkan seperti setan, demit dan sebagainya, ada pula nama makanan yang punya bentuk tidak senonoh yang harusnya perlu disensor.hehe Sobat pasti sudah merasa penasaran apa saja nama makanan unik dan menarik itu. Langsung saja kita simak uraian berikut ini.
 
11 Nama Makanan Khas Unik di Indonesia:
    1. Kue Tete
    2. Entah darimana asal kue ini tetapi yang jelas dari bentuknya yang mirip dengan salah satu organ wanita ini nama kue ini dikenal. Sebenarnya banyak juga orang menganggap tabu dalam meyebut kue ini, namun memang seperti itulah bentuk dan namanya sejak awal. Tetapi makanan ini terkenal di betawi dan mungkin asalnya juga dari betawi, disana ada juga yang menyebutnya dengan Kue Ape. Makanan mirip serabi ini memang cukup enak dan lezat, terbuat dari tepung beras dan tepung terigu yang diberi pewarna hijau. Kue ini biasa dijajakan dipasar tradisional dan harganya juga relatif murah.
Kue Tete
    1. Nasi Kentut
    2. Makanan ini pasti sangat terdengar aneh dan unik ditelinga, ya, namanya saja nasi kentut pasti sebagian besar orang langsung berfikir sama bau kentut. Makanan ini berasal dari daerah medan dan sudah cukup terkenal. Meskipun namanya nasi kentut tetapi citarasa dan tampilannya cukup menarik, tidak seperti namanya yang aneh. Nasi ini memiliki tekstur yang pulen dan warna nasi yang menarik bahkan kalau kita makan baunya sangat harum. Masakan ini disajikan dengan nasi yang dilengkapi dengan lauk berupa pepes, ayam goreng, tempe goreng dan sebagainya. Hmm, benar-benar tidak sesuai namanya ya.
Nasi Kentut


  • Sate Kere

Dari namanya saja sudah cukup aneh dan unik bukan? Sate kere, makanan yang satu ini terbuat dari tempe Gambus yaitu tempe yang terbuat dari ampas tahu dan harganya sangat murah. Selain tempe gambus, sate ini biasa dicampur dengan gajih sapi atau jeroan dan usus serta diberi bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Makanan unik ini berasal dari solo dan merupakan makanan khas. Sejarah dari makanan ini kenapa diberi nama sate kere adalah dahulu kala ada orang kelas bawah yang cuup miskin dan untuk membeli setusuk sate saja sangat jarang bisa membelinya, maka dibuatlah sate sendiri dengan bahan yang sederhana dan murah dan dinamakan sate kere. Kere dalam bahasa jawa berarti Gelandangan. Tetapi meskipun namanya aneh, sate ini justru sangat terkenal sampai sekarang di kota solo dan sekitarnya.
Sate Kere


  • Tahu Gimbal

Mendengar namanya tentu sobat sekalian merasa aneh, ternyata bukan hanya rambut saja yang bisa gimbal, tahu juga bisa. Makanan ini berasal dari semarang dan sudah cukup terkenal sampai ke seluruh pulau jawa. Kalau dilihat dari tampilan, makanan ini mirip dengan pecel ataupun gado-gado karena memang bahan dan bumbunya hampir sama. Makanan ini dibuat dengan bahan berupa lotong yang diberi pelengkap tahu goreng, taoge, kol mentah, telur dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan terakhir disiram dengan sambal kacang. Ternyata dari nama udang dibalut tepung yang mirip seperti rambut gimbal itulah kenapa makanan ini diberi nama tahu gimbal.
Tahu Gimbal

  • Kuku Macan

Makanan ini terdengar menyeramkan dan ekstrim, tapi sobat jangan salah karena makanan ini bukan benar-benar terbuat dari kuku macan asli. Mungkin nama ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan kuku macam. Makanan ini masuk dalam kategori kue dan merupakan makanan khas Balikpapan. Kue ini mempunyai citarasa yang lezat dan gurih. Bahan untuk membuat kue ini adalah tepung terigu, tepung maizena, telur dan sebagainya yang dibentuk menyerupai kuku macan dan bisa dibuat berwarna warni sesuai selera. Makanan ini cukup terkenal dan bisa didapatkan di berbagai supermarket.
Kuku Macan


  • Kue Ketawa

Kue ini sebenarnya adalah salah satu varian dari makanan khas jawa yaitu Onde-onde ceplis. Tidak seperti onde-onde pada umumnya yang ada isinya, versi ketawa ini didalamnya bantat dan tidak ada isinya. Karena dibuat dengan bentuk seperti orang tertawa maka kue ini diberi nama kue ketawa. Makanan ini berasal dari jawa tengah dan merupakan makanan tradisional yang hampir terlupakan. Makanan ini sangat cocok untuk camilan disaat santai atau teman minum teh atau kopi.
Kue Ketawa


  • Rondo Royal

Makanan yang satu ini juga masih satu kerabat dengan kue ketawa dan juga merupakan makanan tradisional daerah jawa yang hampir punah. Nama dari makanan ini cukup menggelitik, yaitu rondo royal. Rondo artinya jada dan Royal artinya murah, kalau kita susun katanya memang sangat unik dan lucu. Makanan ini terbuat dari tape singkong yang dicampur dengan tepung dan digoreng, soal rasa makanan ini cukup enak dan lezat. Cocok sekali dijadikan menu untuk sarapan atau camilan sambil minum teh.
Rondo Royal


  • Nasi Kucing

Makanan ini sudah tidak asing lagi dan merupakan makana khas angkringan jogja dan daerah jawa. Nama nasi kucing sendiri diambil dari nasi yang sedikit dan diberi lauk beruba ikan asin atau bandeng dan sambel seperti makanan kucing, oleh karena itu nasi ini diberi nama nasi kucing. Nasi ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau terkadang menggunakan kertas koran bekas atau majalah. Porsinya memang kecil namun rasanya bikin nambah ketagihan. makana  ini cocok dinikmati bersama gorengan dan juga minuman wedang jahe susu di suasana angkringan yang remang-remang.
Nasi Kucing


  • Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat, namanya memang terdengar aneh namun kerupuk ini sudah cukup terkenal khususnya di daerah Cirebon, Kerupuk ini adalah jajanan khas cirebon yang rasanya enak dan gurih serta renyah. Kerupuk warna warni ini banyak dijajakan dipinggir jalan sebagai oleh-oleh khas cirebon. Kerupuk ini cocok untuk siapa saja lho ya, bukan hanya untuk orang miskin (melarat) karena rasanya setingkat dengan kerupuk premium.hehe Kerupuk ini dibuat dengan tepung tapioka yang dibentuk menyerupai tali rafia ruwet. Ciri unik dari kerupuk ini adalah tidak digoreng dengan menggunakan minyak goreng atau sejenisnya melainkan digoreng dengan pasir bersih.
Kerupuk Melarat


  • Rawon Setan

Namanya memang cukup menyeramkan, tetapi nama rawon setan ini adalah julukan bagi masakan khas surabaya yang terkenal dengan rasa pedasnya, saking pedasnya maka sering disebut pol setan atau rawon setan. Masakan ini mirip dengan soto tapi kuahnya berwarna hitam karena terbuat dari buah kluwek. Masakan ini sangat terkenal disurabaya dan sekitarnya.
Rawon Setan


  • Sate Lalat

Begitu mendengar namanya, sobat pasti jijik membayangkannya. Sate lalat, ya nama yang aneh, tapi sobat jangan berfikir buruk dulu soalnya sate lalat ini hanyalah istilah yang manggambarkan tekstur satenya yang mirip dengan sekumpulan lalat. Sate ini berasal dari kota pamekasan, madura, disana namanya sate laler, dalam bahasa madura atau jawa laler berarti lalat. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar ayam dan kambing yang dipotong kecil dan lembut seperti lalat dan cara bakarnya tidak terlalu lama dan disiram dengan bumbu kacang dan kecap sehingga citasaranya menjadi sangat lezat.
Sate Lalat
Demikianlah 11 makanan khas nusantara yang mempunyai nama unik dan aneh. Jika sobat sempat berkunjung ke daerah-daerah tersebut jangan lupa membelinya sebagai oleh-oleh atau langsung disantap disana. Semoga uraian kali ini menambah wawasan sobat dalam bidang kuliner dan masakan unik nusantara. Sekian dan Terimakasih sudi berkunjung dan membaca blog kami.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

11 Nama Makanan Khas Unik di Indonesia | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)