Waspada! Kanker Serviks Stadium Awal Tidak Ada Gejala Apapun Tapi Kamu dapat Mencegahnya Sedini Mungkin !!

06.04
Kanker serviks setiap tahunnya menginfeksi sekitar 15.000 wanita Indonesia. Sedikitnya 55% pasien meninggal karena kurangnya perawatan dan kesadaran. Penyakit yang mempengaruhi organ vital wanita ini mirip dengan pembunuh nomor satu wanita di negara ini.

Waspada! Kanker Serviks Stadium Awal Tidak Ada Gejala Apapun Tapi Kamu dapat Mencegahnya Sedini Mungkin !!

Peringatan! Awal Kanker Serviks Tahap Awal Tidak ada gejala, tapi Anda bisa mencegahnya sebelum Kemungkinan!


Papillomavirus manusia atau kependekan dari HPV adalah penyebab utama kanker serviks. Profilaksis sebenarnya dapat dilakukan dengan tes papper rutin dan mendapatkan vaksin untuk melawan HPV, yang menyebabkan kanker serviks.

Untuk dapat meningkatkan pemahaman Anda tentang betapa berbahayanya jenis kanker ini, dikutip di dokkamu.com, mengacu pada pembahasan tahap kanker serviks dan pengobatan yang bisa diberikan di bawah ini!

Perkembangan dan stadium kanker serviks

Terlepas dari apakah mereka didiagnosis menderita kanker serviks atau tidak, penting untuk mengenali stadium atau menyebut stadium kanker serviks. Hal ini tentu akan memudahkan rencana perawatan, yang akan disesuaikan dengan seberapa jauh kanker telah menyebar. Sejauh ini, pada tahap kanker serviks, ada 5 level.

Kanker serviks 0 - Pada tahap ini, kanker (karsinoma) hanya ditemukan di lapisan sel yang melapisi jaringan epitel serviks. Karena mereka tidak memiliki gejala, banyak dari mereka akhirnya mengabaikan kanker serviks pada level ini. Bila sudah diketahui, perawatan yang paling direkomendasikan adalah radiasi, operasi laser atau histerektomi.

Kanker serviks Stadium 1 - Invasi kanker masih terbatas pada serviks dan tidak menyebar. Tingkat ini terbagi menjadi dua, yaitu: 1a dan 1b. Pada tahap 1a, sel kanker menembus dan melebar. Lebar kanker bisa mencapai <7 mm dan kedalaman <5 mm. Langkah lanjutan 1b, ada peningkatan yang signifikan dalam ukuran sel kanker.

Kanker serviks Stadium 2 - Sel kanker mulai menyerang, namun tidak sampai ke dinding pelvis. Diperkirakan sepertiga bagian bawah vagina telah terpapar kanker.

Stadium kanker serviks 3 - Kanker mulai memburuk, membentang ke dinding pelvis. Pada tahap ini, gagal ginjal juga terjadi, atau disebut juga hidronefrosis.

Kanker serviks Stadium 4 - Tingkat karsinoma telah menyebar ke organ yang berdekatan dengan vagina, seperti mukosa kandung kemih atau dinding pelvis. Dalam beberapa kasus, sel kanker ini akan menyerang organ lain di tubuh.

Pengobatannya sesuai stadium kanker serviks

Dokter tentu saja akan memberikan pengobatan, tergantung stadium kanker serviks. Pembedahan dan pengangkatan jaringan yang mengandung sel kanker bisa dilakukan pada tahap awal.

Jika kanker baru terdeteksi pada stadium lanjut, dokter merekomendasikan kemoterapi, terapi radiasi atau kemoradioterapi. Terlepas dari kenyataan bahwa hal itu dapat dinyatakan sembuh, perawatan ini dapat mempengaruhi sel tubuh sehat dan meningkatkan risiko kanker baru.

Pengobatan lain yang sesuai untuk tahap kanker serviks meliputi:

  1. Biopsi kerucut adalah studi tentang kanker serviks dengan menggunakan beberapa sel pada serviks.
  2. Pemanasan biasanya dilakukan dengan sinar laser atau diathermy.
  3. Pembedahan - Bagian dari karsinoma akan diangkat sehingga tidak bisa menyebar.
  4. Terapi radiasi adalah tindakan membunuh sel kanker dengan menggunakan sinar-X yang kuat. Cara ini bisa dilakukan dari luar maupun secara internal.



Lalu bagaimana cara mencegah kanker serviks?

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan wanita untuk mencegah kanker serviks, agar tidak terjadi hal tersebut, antara lain:

Hidupkan gaya hidup sehat, cukup mengkonsumsi makanan bergizi dan bergizi.

Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan.
Hindari membersihkan alat kelamin dengan air kotor.
Jika Anda merokok, hentikan kebiasaan buruk ini segera.
Hindari seks sejak usia dini.

Selalu setia kepada rekannya, bukan bergon, belum lagi harus mengikuti hubungan intim.

Lakukan pemeriksaan smear ayah, setidaknya, lakukan selama 2 tahun, terutama bagi mereka yang aktif dalam hubungan seksual.

Jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, lebih baik memvaksinasi HPV.

Perluas konsumsi produk tanaman yang mengandung beta karoten cukup banyak, asupan vitamin C, dll.

Dengan demikian, pembahasan tahap kanker serviks disertai dengan tindakan yang dilakukan, tergantung dari tingkat keparahan kankernya. Usahakan selalu mencari informasi tentang kanker serviks semaksimal mungkin, agar Anda tetap waspada dan sehat. Bisa bermanfaat

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Waspada! Kanker Serviks Stadium Awal Tidak Ada Gejala Apapun Tapi Kamu dapat Mencegahnya Sedini Mungkin !! | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)