Tips Memulai Berwirausaha

09.44


Satu hal yang paling dipertanyakan orang dalam berwirausaha adalah bagaimana memulainya? Memulai untuk berwirausaha membutuhkan modal baik itu modal semangat dan juga modal financial.  Tapi dengan modal itu saja tidak cukup. Belakangan ini banyak pengusaha baru yang muncul dengan beragam jenis usaha yang mereka jalankan. Sayangnya tidak banyak dari mereka yang mampu bertahan dan harus gulung tikar.

Untuk itu banyak orang yang ingin memulai berwirausaha, mengedukasi diri mereka terlebih dahulu dengan berbagai pelatihan dan training motivasi untuk memperluas wawasan mereka dengan berbagai pengetahuan tentang cara berwirausaha dan bagaimana memanagenya.

Hal ini sah-sah saja Anda  tempuh untuk memulai berwirausaha  namun jangan jadikan latihan ini sebagai jaminan kesuksesan Anda. Training motivasi dan pelatihan baiknya Anda gunakan untuk membangun spirit Anda dalam berwirausaha. Selanjutnya adalah mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari dan mendapatkan pengalaman darinya.

Berikut ini kiat sukses dalam memulai berwirausaha :

Mulailah usaha dari apa yang Anda senangi
Biasanya apa yang disenangi lebih mendapatkan perhatian dan Anda lebih mampu untuk mengerjakannya. Mulailah untuk berpikir bisnis apa yang cocok dengan kesenangan Anda. Misalnya saja Anda gemar bermain airsoftgun, Anda bisa membuka usaha penjualan Airsoftgun dengan pernak pernik perlengkapannya. Tentunya kesenangan  Anda dengan airsoftgun dapat menguntungkan Anda dari sisi penguasaan barang jualan.

Mulailah Bisnis dari Skala Kecil Terlebih Dahulu
Namanya saja pemula. Untuk memulai sebuah usaha, alangkah lebih baik jika Anda memulainya dalam skala kecil. Selain modal yang Anda gunakan tidak terlalu besar, resiko kerugian juga minim. Memulai usaha dengan skala kecil bisa menjadi ladang pelatihan Anda dalam berwirausaha. Dari sini Anda bisa belajar, seberapa besar persedian bahan yang Anda butuhkan, berapa banyak yang bisa laku terjual dan lain sebagainya.

Lihatlah Dengan Jeli Peluang Usaha Anda
Peluang usaha dapat dilihat dari berapa banyak kebutuhan orang akan barang atau jasa. Disini Anda dapat mengukur seberapa besar peluang yang bisa Anda  dapatkan untuk memulai usaha di bidang tersebut.  Misalnya saja pada bulan Ramadan, kebutuhan orang akan ta’jil atau hidangan berbuka puasa sangatlah besar.  Ini merupakan peluang bisnis bagi Anda untuk berjualan kebutuhan ta’jil tersebut.

Segeralah untuk Memulai Usaha
Kelemahan terbesar untuk calon wirausaha adalah menunda untuk memulai usaha. Padahal dari segi ilmu, teori dan modal sudah mumpuni. Namun pelaksanaannya bisa dibilang masih ragu. Segeralah memulai usaha yang Anda inginkan. Selanjutnya biarkan waktu yang menjawab. Setidaknya Anda telah berani mengambil sikap untuk memulainya.

Dimana dan Bagaimana Cara Memasarkannya
Ada barang yang dijual, tentu harus tahu dimana lokasi penjualannya dan bagaimana cara pemasarannya.  Lokasi yang strategis tentunya akan mempermudah pemasaran produk Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana Anda memasarkanya. Dengan cara offline atau menjual dengan cara online bisa juga menggabungkan keduanya.

Kemaslah Produk Semenarik Mungkin
Salah satu kendala untuk menarik minat pelanggan adalah bentuk kemasan. Bentuk kemasan yang menarik dan juga higienis tentu akan lebih diminati oleh orang ketimbang produk yang dikemas biasa-biasa saja. Padahal mungkin kualitas dari produk tersebut sama.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Tips Memulai Berwirausaha | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)