Tips Cara Mengawetkan Telur Ayam

09.02

Manfaat telur ayam bagi kesehatan tubuh sangat banyak. Banyak nutrisi yang terdapat dalam telur ayam seperti protein, asam amino dan omega 3. Hampir di setiap warung nasi menyediakan telur ayam dalam berbagai macam olahan. Ada telur rebus, telur mata sapi, telur dadar dan lainnya.  Boleh dibilang telur ayam banyak dicari dan laku dipasaran. Untuk itu  berbisnis olahan telur ayam sangat menguntungkan, asal telur ayam yang anda pasarkan memiliki cita rasa yang lezat. Jadi tinggal bagaimana cara anda mengolah telur ayam tersebut.
Telur ayam yang disajikan haruslah telur ayam yang kondisinya baik dan masih segar. Mengingat telur ayam yang mudah rusak dan tidak tahan lama. Anda harus pintar mensiasatinya. Melonjaknya harga telur ayam dipasaran tidak jarang membuat pedagang telur ayam  berbuat curang. Tidak jarang pedagang menjual telur ayam yang sudah direkayasa. Padahal masih ada cara yang baik untuk menjaga keawetan telur ayam.  Nah berikut ini kami sajikan tips mengawetkan telur ayam secara alami :

CARA MENGAWETKAN TELUR AYAM

Menjaga kualitas telur penting dalam proses pengawetannya. Hal ini berguna untuk menjaga kandungan nutrisi dan rasa dari telur ayam. Cara umum yang dilakukan orang untuk mengawetkan telur adalah dengan cara menjadikannya telur asin. Tetapi cara yang berikut ini beda. Cara alternatif lain untuk mengawetkan telur ayam adalah dengan mengubahnya jadi telur pindang.
Telur pindang adalah telur yang diolah dengan proses kombinasi penggaraman dan perebusan.  Cara ini merupakan cara tradisional  yang menggunakan bahan penyamak protein. Beberapa bahan penyamak protein yang bisa digunakan adalah air teh, daun jambu biji dan kulit bawang merah. Bahan-bahan ini mengandung tanin yang bermanfaat memperpanjang umur penyimpanan telur. Tanin tersebut dapat menyebabkan protein menggumpal  dan menutupi pori-pori telur. Pemindangan menyebabkan telur lebih awet dibandingkan dengan perebusan biasa. Selain itu proses pemindangan juga memberikan rasa yang enak untuk telur.
Semoga tips mengawetkan telur ayam ini bisa membantu anda meningkatkan nilai jual telur ayam.

Aplikasi Untuk Download Video Dari Facebook

Tips Cara Mengawetkan Telur Ayam | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)