Tips Cara Berbisnis Cuci Mobil

09.22


Membuka bisnis pencucian mobil, diperlukan biaya yang relatif sedang tergantung seberapa besar anda ingin membukanya. Beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan adalah :
Survei :
Survei diperlukan untuk melihat lokasi yang sesuai dengan bisnis cuci mobil ini. Kumpulkan informasi dimana bahan dan peralatan pendukung yang bagus tapi harganya cukup terjangkau. Lihatlah juga siapa kompetitor anda.
Lokasi :
Memilih lokasi pencucian mobil, tidak boleh asal. Pertimbangkanlah lalu lintas yang melewati lokasi tersebut. Misalnya lokasi tersebut dilalui mobil setidaknya 150 per harinya untuk lokasi yang bukan jalan protokol. Makin besar jumlah mobil yang melalui lokasi tersebut, makin besar pula peluang datangnya konsumen.
Sumber Air :
Namanya saja tempat pencucian, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah ketersediaan air.  Selain itu kualitas dari air tersebut juga harus baik. Jangan sampai air keruh, kotor berpasir, dan bau. Air dengan kualitas buruk tersebut bisa membuat kusam cat mobil dan mencuci mobil pun menjadi tidak efektif.  Namun anda tidak perlu khawatir bila menemukan kondisi ini. Hal ini masih bisa diatasi dengan membuat penjernihan air.
Peralatan cuci mobil :
Peralatan yang dibutuhkan untuk mencuci mobil umumnya adalah kompresor angin, steamer, tabung salju, sikat, shampoo khusus mobil, lap pengering, semir ban, pengkilap dashboard dan berbagai alat penunjang lainnya.
Penentuan tarif jasa mencuci :
Dari beberapa tempat yang pernah saya kunjungi, tarif mencuci mobil umumnya dibedakan dari jenis mobilnya. Untuk sejenis sedan dan jeep misalnya dikenakan harga 35 ribu, untuk mobil berjenis mpv atau mobil yang ukurannya lebih besar harga lebih mahal lagi.
Tarif harga pun juga dibedakan dari proses pencuciannya. Cuci luar dalam misalnnya, cuci menggunakan salju, cuci menggunakan hidrolik dan lain sebagainya. Tiap-tiap tempat cuci mobil menggunakan pilihan tarif dan proses pencucian yang beda.
Promosi
Pentingnya berpromosi sudah pasti dalam berusaha. Agar usaha yang dikelola cepat diketahui orang anda harus melakukan promosi yang baik. Terkadang meskipun berada di lokasi yang ramai, tidak jarang tempat usaha yang anda buat tidak dilirik orang atau tidak diperhatikan. Nah buatlah semacam spanduk / banner agar usaha anda mudah diketahui. Selain itu promosikan juga tempat usaha anda melalui sms atau internet. Berikan penawaran-penawaran menarik untuk menjaring calon pelanggan.
Manajemen usaha
Kunci dari maju mundurnya usaha ini tidak lain adalah manajemen usaha. Dari sini anda bisa merincikan dengan sederhana pemasukan dan pengeluaran usaha cuci mobil anda. Setelah melihat rincian tersebut anda bisa menentukan langkah selanjutnya. Kedisiplinan dari manajemen sangat diperlukan jika ingin usaha yang anda kelola berkembang.
Supervisi / Pengontrolan
Untuk menjaga kualitas jasa yang diberikan, perlu diadakan pengontrolan. Ini agar pekerja anda tidak asal-asalan bekerja. Pengontrolan baik dilakukan untuk menjamin kepuasan pelanggan. Tidak jarang, cuci mobil yang asal-asalan membuat pelanggan mengeluh dan tidak balik lagi ke tempat anda.
Mudah mudahan tips cara berbisnis cuci mobil ini dapat membantu anda. Selamat berwirausaha !

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Tips Cara Berbisnis Cuci Mobil | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)