Sejarah Negara-Negara Yang Menjajah Indonesia Sampai Kemerdekaan

21.21
Sejak zaman purba, nusantara di nusantara dikenal dunia sebagai negara kaya. Tak heran bila dahulu beberapa negara di dunia telah membuat praktik kolonialisme dan kolonialisme di nusantara ini, karena godaan untuk kekayaan alam sangat banyak.


Inilah negara-negara yang pernah menjajah Indonesia dalam sejarah.

Portugis

Penyerbu Barat ini berada di bawah kendali Alfonso d'Albuquerque dan berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. Kemudian Francisco Serrao pada tahun 1512 bisa sampai ke Pulau Heath (utara Ambon).
Pada tahun 1522, Portugis membuat aliansi dengan Ternat. Belakangan mereka bertarung, karena Portugis membuat seorang pengkristenan di Ternate.
Akibatnya, pada tahun 1575, Portugis diusir dari Ternate, dan kemudian pindah ke Tidor dan membangun sebuah benteng di sana pada tahun 1578. Kemudian mereka mengambil dan merebut kekuasaan di Timor Lorosa'e.

Spanyol

Pada tahun 1521, Yuan Sebastian del Cano dengan dua kapal ekspedisi tiba di Maluku. Di Maluku, ia membuat aliansi dengan Kerajaan Tidore, untuk berurusan dengan Portugis, yang sudah ada di Maluku dan membuat perjanjian dengan Kerajaan Ternate.

Kemudian terjadi konflik dan pertempuran antara Portugis dan Spanyol. Konflik berakhir setelah Paus melakukan intervensi (pemimpin tertinggi umat Kristen) dan membawa mereka ke meja perundingan.

Dengan demikian, kesepakatan antara Zaragoza (Tordesillas) didirikan antara Spanyol dan Portugal.

Isi kesepakatan tersebut adalah Maluku, dikuasai oleh Portugis, dan Filipina dikendalikan oleh Spanyol. Kemudian ekspedisi Spanyol pergi ke Filipina. tapi sebelum mereka pulang ke rumah dan tiba di negara itu pada tahun 1522.

Belanda

Belanda adalah negara barat terpanjang di Indonesia. Pertama mereka mendarat di Banten pada tahun 1596 di bawah komando Cornelis de Hottman. Tapi segera setelah mereka segera diusir oleh masyarakat Banten karena kesombongan mereka.

Pada tahun 1598, Belanda kembali ke nusantara, kali ini di bawah kepemimpinan Jacob van Sheck. Mereka disambut oleh orang-orang dari Banten, karena mereka pintar, wajah imut, apalagi saat itu Banten memusuhi Portugis.

Sejak saat itu, Belanda telah berpengaruh dan berkuasa di nusantara sebelum kedatangan Jepang pada tahun 1942. Dan dia kembali setelah merdeka di Boncenk Nikkoi. Petualangan mereka berakhir pada 1949.


Prancis

Negara barat, yang tidak langsung menjajah Indonesia atau nusantara. (Maaf, itu bukan pada waktu itu tidak ada satu Indonesia itu kerajaan kecil, yang kadang-kadang saling bermusuhan dan akan penjajah Belanda Timur Belanda Negara INDISCO).

Perancis menjajah Nusantara melalui tangan Belanda, setelah Napoleon Bonapartment menaklukkan dan menguasai kerajaan Belanda pada 1797. Bahkan raja Belanda saat itu Willem V tidak ambil dan meminta perlindungan di Inggris.

Dengan orang Prancis Belanda, automotis, semua koloni juga termasuk dalam Napoleon Bonaparte.

Lalu Louis Napoleon. adik menguasai Belanda dan Hindia Belanda, dan perwakilannya di India diangkat Germanom Villemom Daendellom sebagai Gubernur Jenderal pada tahun 1808 dan General Janssen pada tahun 1811. Keduanya adalah orang Belanda, yang benar-benar berada di bawah Panchi.

Inggris

3 Agustus 1811 di Batavia muncul angkatan laut Inggris di bawah pimpinan Lord Minto. Maka mulailah perang antara Inggris dan Hindia Belanda di bawah pimpinan Jenderal Janssen.
Karena Jenderal Janssen tidak kompeten dan lemah, Inggris dengan mudah menang. Jenderal Janssen menyerah di Tuntang (Salatiga) pada tanggal 17 September 1811).

Kemudian, Lord Minto, mengelola perusahaan India EIC (East India Company), meminta Thomas Stamford Raffles menjadi penguasa baru dari mantan negara bagian India.

Pada tahun 1814, Perancis kalah koalisi perang (kombinasi dari Austria, Prusia, Inggris, Spanyol, Sardinia, dan Belanda). Kemenangan ini dioperasikan oleh Belanda dan kemudian menandatangani Perjanjian London (London Convention), yang memutuskan bahwa Belanda akan kembali ke koloni, yang telah diambil oleh Perancis.

Pasokan Hindia Belanda dilakukan dari Inggris ke Belanda pada tanggal 19 Agustus 1816 di Batavia. Jadi resmi juga nusantara kembali ke koloni Belanda. Dan Inggris kembali ke India dan koloni lainnya.

Ini negara-negara barat, dengan karakter asli mereka dan perilaku, seperti rendah dan sejauh akhir itu dan segala sesuatu yang lain, bisa mengubah pemikiran, sikap dan karakter penduduk pribumi, yang mereka kontrol.

Penjajahan terpanjang dan koloni paling luas di Indonesia adalah Belanda. Tentu saja, sebagai penguasa terpanjang,

Ini Empire Julian Empire, perubahan yang paling kuat yang, pada gilirannya, akan mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia di masa depan, bahkan setelah negara itu merdeka.

kolonialisme Belanda mampu menguasai hampir semua esensi dari masyarakat adat, mulai dari sosial, ekonomi, politik, hukum dan budaya.

Bahkan Nusantara - adalah salah satu bagian dari Kerajaan Belanda, yang disebut Hindia Belanda, dimulai dengan masa pemerintahan VOC untuk menjadi pemerintah Hindia Belanda.

Sejarah Penjajahan 6 Negara Yang Pernah Menjajah Indonesia Dalam Sejarah Sampai Kemerdakaan Indonesia


1. Tahun 1509 - 1595 M : orang Portugis hanya menjajah Maluku dan diusir pada tahun 1595.



Bangsa Portugis dulu disebut Portugis. Pada tahun 1512, seorang pelaut Portugis bernama Francisco Serrao berhasil pergi ke Kepulauan Maluka. Awalnya, Raja Ternate menyambut kedatangan orang Portugis di Maluku. Bahkan Portugis pun diizinkan membangun benteng di Ternate.

Pada akhirnya, bagaimanapun, hubungan perdagangan antara Ternate dan Portugal telah diselesaikan, karena Portugis mulai melakukan monopoli yang tidak sehat atas perdagangan rempah-rempah di Maluku. Dengan demikian, Portugis didorong mundur, dan hubungan perdagangan telah diselesaikan sejak saat itu.


2. Tahun 1521 - 1692 M: Spanyol hanya menjajah Sulawesi Utara dan berhasil diusir pada tahun 1692.



Awalnya, orang-orang Spanyol membentuk sebuah koalisi dengan kerajaan Tidor melawan Kerajaan Ternate (bersekutu dengan Portugis). Namun pada akhirnya mencegah kerugian besar di pihak Spanyol dan Portugis. Pada 1538, kesepakatan Zaragoza diumumkan, termasuk sebuah pernyataan bahwa Portugis menerima kepulauan Maluku dan Spanyol, yang menguasai wilayah Filipina.
Kemudian pada tahun 1960, Spanyol menciptakan posisi defensif di Manado. Namun di awal tahun 1600 tepatnya 1617-1646 orang Spanyol diusir dari Minahas (Sulawesi Utara). Dan akhirnya, pada tahun 1692 Spanyol benar-benar dikecualikan dari Sulawesi Utara.

3. Tahun 1602 - 1942 M: Belanda menjajah seluruh Indonesia dan berhasil diusir pada tahun 1942, namun kembali pada tahun 1945 setelah Jepang pergi, dan pada tahun 1949 Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.



Sejak awal tahun 1602, Belanda berangsur-angsur menjadi penguasa kepulauan nusantara, yang kini menjadi negara Indonesia, Belanda menggunakan perpecahan yang terjadi antara kerajaan-kerajaan yang terbagi oleh runtuhnya kerajaan terbesar di Indonesia, Majapahit.

Kolonisasi Belanda di Indonesia diperkirakan 350 tahun atau sekitar 3 setengah abad. Tapi penjajahannya tidak mencakup semua wilayah di Indonesia, tapi hanya daerah yang hanya di bagian Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Papua. Misalnya, Kerajaan Aceh selalu menolak perlawanan terhadap pengaruh VOC di Aceh.

VOC sendiri (Verenigde Oostindische Compagnie) adalah organisasi perdagangan yang berada di kota Batavia dan memberikan hak monopoli kepada Pemerintah Belanda. VOC sebagai perwakilan Belanda di Hindia Belanda memiliki beberapa hak istimewa, seperti memiliki uang, memiliki tentara, menunjuk pejabat, mendirikan kapal, menduduki wilayah asing dan menyelesaikan kesepakatan dengan raja-raja pribumi.


Dalam acara selanjutnya, VOC mulai mengganggu pemerintahan kerajaan di nusantara. Sampai para politisi VOC, menindas masyarakat adat, dievaluasi. Dengan demikian, orang-orang di beberapa daerah mulai menolak VOC. Pada abad kedelapan belas, VOC gagal, penurunan yang dialami oleh VOC sebagian besar disebabkan oleh banyaknya perlawanan bersenjata dari penduduk nusantara dan korupsi yang tidak terkendali di antara staf VOC.


Akhirnya, pada tanggal 31 Desember 1799, VOC resmi dibubarkan oleh Pemerintah Belanda. Dan sejak saat itu, Indonesia berada di bawah kendali langsung pemerintah Belanda, yang diwakili oleh beberapa gubernur jenderal, seperti Daendels dan Janssen.



4. Tahun 1806 - 1811 M: Perancis secara tidak langsung mengendalikan Jawa, karena kerajaan Belanda mensubordinasikan kekuatan Perancis. Berakhir pada tahun 1811, saat Inggris mengalahkan tentara Belanda-Prancis di pulau Jawa.



Jenderal Dandels, yang berada di India, dia adalah seorang Belanda yang bekerja di Kekaisaran Prancis di bawah kepemimpinan Raja Napoleon. Dan dia dikirim ke Indonesia untuk melindungi koloni Belanda, yang pada saat itu berubah menjadi Republik Batava, dari serangan Inggris.


Bukti lain bahwa Indonesia pernah menjajah Prancis adalah peredaran mata uang dengan inisial huruf "LN", yang merupakan singkatan dari penguasa Prancis saat itu Louis Napoleon.


5. Tahun 1811 - 1816 M: bahasa Inggris, serahkan. Tangtang adalah kesepakatan yang mengandung penyerahan pulau jawa dari Belanda ke Inggris. Kemudian pada tahun 1816 pemerintah Inggris secara resmi menghentikan kontrol atas Indonesia.



Pemerintah Inggris segera menunjuk Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal di Indonesia, pada 17 September 1811, setelah memegang kekuasaan. Administrasi Raffles di Indonesia telah membawa banyak perubahan, termasuk penghapusan sistem monopoli, penghapusan perbudakan, pemisahan Jawa menjadi 16 tempat tinggal, penulisan "Sejarah Jawa" dan beberapa perubahan lainnya.


Pada tahun 1814, Konvensi London, dimana Pemerintah Belanda mendominasi koloni Inggris di Indonesia. Kemudian baru pada tahun 1816 pemerintah Inggris di Indonesia secara resmi berakhir. Dan sejak itu Belanda kembali berkuasa di Indonesia sampai tahun 1942.


6. Tahun 1942 - 1945 M: Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun dan berakhir pada tahun 1945, setelah Jepang kalah dari Sekutu.


Sejak 1868, Jepang telah melakukan modernisasi besar, yang dikenal sebagai Restorasi Meiji. Dan sejak itu, Jepang telah menjadi negara industri yang sangat modern.

Pada tahun 1941, Jepang menyerang Pearl Harbor, dan sejak saat itu Jepang dan Amerika Serikat mulai berpartisipasi dalam Perang Dunia II. Untuk membiayai perang dan peralatan industri untuk melestarikannya, Jepang menyerbu beberapa bahan mentah, termasuk di Indonesia.

Pada tahun 1942, Belanda tanpa syarat menyerah ke Jepang dalam sebuah kesepakatan di wilayah Kalijati. Sejak itu, masa penjajahan Belanda berakhir di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya 3,5 tahun dan berakhir pada 17 Agustus 1945, yang benar pada saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)