Resep Cara Membuat Kolak Ubi Manis Dan Enak

12.11


Resep Cara Membuat Kolak Ubi Manis Dan Enak – Kolak adalah makanan manis yang menjadi salah satu jenis menu makanan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai bahan dasar seperti singkong/ubi, pisang, labu, kolang kaling dan yang lainnya. Terkadang ada juga yang membuat kolak dengan ditambah bauh atau kacang ijo. Menu kolak yang paling sering dibuat dengan bahan yang paling murah dan menyehatkan adalah kolak ubi yang dicampur dengan pisang atau labu. Cara membuat kolak ubi sebenarnya sangat mudah asal dalam memilih ubi yang enak dan pas untuk dibuat kolak. Walaupun sebenarnya setiap ubi memang bagus dibuat untuk kolak, tapi ada juga ubi yang kurang manis dan kurang empuk untuk dibuat kolak. Untuk itulah saat anda membuat kolak ubi, anda harus benar-benar tepat dalam cara memilih jenis ubi yang bagus.

Bahan utama dalam membuat kolak ubi yang empuk, enak dan manis:
  • Gula pasir, secukupnya
  • daun pandan 4 lembar
  • Garam, secukupnya
  • Santan cair dari 1/2 buah kelapa
  • tape singkong 200 gram
  • air 1 liter
  • kolang-kaling 500 gram, rebus dahulu
  • ubi manis 500 gram, potong seperti dadu
Cara membuat kolak ubi yang enak dan manis ala rumahan:
  1. Langkah pertama untuk membuat kolak ubi manis yang enak dan empuk anda bisa siapkan semua bahan yang disebutkan di atas.
  2. Dalam memilih ubi, pastikan ubi memiliki kualitas yang bagus sehingga saat dimasak, ubi akan benar-benar empuk dan terasa nikmat.
  3. Langkah selanjutnya kupas ubi dan potong menjadi dadu kemudian cuci bersih, sisihkan
  4. Kemudian potong kolang kaling menjadi dua bagian, cuci bersih dan sisihkan.
  5. Siapkan panci untuk merebus ubi, rebus ubi yang sudah dipotong dan dicuci bersih dengan posisi setengah matang. Kemudian masukkan kolang-kaling dan rebus kembali hingga empuk sambil di aduk-aduk supaya matangnya rata.
  6. Setelah terasa matang keduanya yaitu ubi dan kolang kaling, kemudian masukkan garam, gula, daun pandan dan santan. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  7. Setelah rasanya sudah enak, dan santan sudah mulai matang, anda bisa masukkan tape tetap sambil diaduk-aduk hingga matang dan rata.
  8. Setelah mendidih, matikan kompor, kolak ubi siap dihidangkan.
Saat anda memasukkan santan, pastikan anda tetap mengaduknya sesekali supaya santan tidak pecah dan rasanya enak. Jika anda tidak menyukai tape, anda bisa menggantinya dengan pisang atau bahan kolak lainnya yang anda sukai. Kolak ubi memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan, terutama pada mata. Karena selain kaya akan serat, ubi juga memiliki vitamin A yang banyak dan bisa menjaga kesehatan mata anda.
Description: kolak ubi adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa manis dengan kandungan gizi yang kaya akan serat dna vitamin sehingga bagus untuk kesehatan tubuh

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Resep Cara Membuat Kolak Ubi Manis Dan Enak | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)