Resep Cara Membuat Kolak Candil Ketan Enak Dan Kenyal

12.06


Resep Cara Membuat Kolak Candil Ketan Enak Dan Kenyal – Siapa yang tak kenal dengan kolak candil ketan??? Kolak candil berbeda dengan kolak pisang pada umumnya. Candil sendiri merupakan jenis makanan tradisional yang berbahan dasar tepung ketan. Di Indonesia sendiri kolak candil lebih dikenal dengan sebutan bubur biji salak, karena bulatan-bulatan candilnya yang seukuran biji salak. Kolak candil sendiri memang lebih banyak dinikmati ketika bulan puasa, namun bukan berarti ketika hari-hari biasa tidak dapat menikmati jajanan tradisional ini. Rasanya yang manis sangat pas disantap ketika pagi hari maupun saat bersantai di sore hari. Ingin membuat bubur candil ketan dirumah? Berikut resep lengkapnya untuk anda.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak candil ketan
  • 500 gram tepung ketan (ayak tepung terlebih dahulu)
  • 150 gram tepung beras
  • 500 gram gula merah atau gula aren
  • 1 liter santan kelapa kental
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun pandan simpulkan keduanya
  • 1 sdt garam
  • Air secukupnya
Cara membuat kolak candil ketan enak dan kenyal
  1. Dalam membuat kolak candil ketan hal pertama yang dapat anda lakukan adalah membuat bulatan candilnya terlebih dahulu.
  2. Campurkan tepung ketan dan tepung terigu ke dalam wadah hingga tercampur rata
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga adonan kalis. Pastikan adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat.
  4. Setelah adonan candil kalis, selanjutnya dapat anda bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, ulangi hingga adonan habis dan sisihkan.
  5. Rebus air secukupnya ke dalam panci, dan tambahkan dengan gula merah atau gula aren dengan api sedang hingga gula larut dan mendidih.
  6. Setelah mendidih masukkan bulatan-bulatan candil kedalam rebusan gula merah. Tunggu hingga bulatan-bulatan candil matang dan mengapung.
  7. Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan tepung ketan yang telah dilarutkan dengan air ke dalam rebusan candil untuk mengentalkan bubur. Tunggu hingga mendidih dan angkat.
  8. Rebus santan kelapa dengan api kecil, tambahkan garam dan daun pandan ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga mendidih dan angkat.
  9. Untuk penyajian, tuangkan bubur candil ke dalam mangkok saji, dan siram dengan saus santan. Akan lebih nikmat jika disajikan hangat.
Bagaimana? Mudah bukan? Bubur candil dapat anda nikmati bersama dirumah setiap saat. Untuk anda yang ingin tekstur candil lebih kenyal dapat menggunakan tepung ketan saja tanpa menggunakan campuran tepung beras. Dan untuk anda yang memiliki keluarga kecil, sebaiknya buat secukupnya saja, agar citarasa dan tekstur dari candil yang anda buat memiliki kekenyalan yang pas. Demikian resep kolak candil ketan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat…
Demikian: Kolak candil ketan merupakan makanan khas Indonesia yang identik dengan rasa manis dan gurih. Sehingga sangat nikmat dinikmati ketika bersantai.

Kata kunci dari resep ini:

  • penyajian kolak candil ketan

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Resep Cara Membuat Kolak Candil Ketan Enak Dan Kenyal | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)