Ragam Bisnis UKM yang Menjanjikan

08.24


UKM  (Usaha Kecil Menengah) memiliki peran penting sebagai salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Boleh dibilang UKM merupakan tulang punggung perekonomian dan menyokong setidaknya 60% Produk Domestik Bruto. Selain itu UKM juga membuka banyak peluang kerja sehingga turut menurunkan angka pengangguran di negara kita.
Cukup berkembangnya bisnis UKM di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya usaha-usaha kecil yang tumbuh dengan berbagai jenis usaha. Meskipun dunia wirausaha banyak diminati, sayangnya tidak sedikit dari kita yang masih bingung ingin membuka usaha apa. Beragam alasan pun bermunculan, misalnya tentang cara pemasaran, modal usaha, belum ada keberanian dan lain sebagainya.
 Pertanyaan-pertanyaan inilah yang sering menjadi penghalang sehingga kita mengurungkan niat untuk memulai usaha. Untuk membangun kembali motivasi anda untuk  berwirausaha, berikut ini kami sajikan rangkuman beberapa jenis usaha kecil menengah yang cukup menjanjikan untuk anda kelola :
UKM di Bidang Pendidikan
Jepang menjadi salah satu negara yang maju karena mereka sangat memperhatikan pendidikan. Pasca perang dunia II hal fundamental yang mereka bangun pertama kali adalah pendidikan. Pendidikan merupakan modal utama membangun generasi bangsa. Pentingnya bidang pendidikan ini turut membuka peluang usaha bagi anda.
Jenis usaha di bidang ini beragam misalnya lembaga pendidikan. Saat ini sudah banyak jenis lembaga pendidikan mulai dari kursus bahasa, sempoa, kursus mengaji dan tahfis, kursus mengemudi, bimbingan belajar dan masih banyak lagi. Jika bingung ingin membuka jenis usaha sejenis, beberapa lembaga pendidikan juga membuka waralaba.  Jadi bagi anda yang tertarik membuka usaha ini, tidak perlu lagi memulai semuanya dari nol. Anda cukup bergabung dengan waralaba lembaga pendidikan tersebut.
UKM di Bidang Kuliner
Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang paling berkembang saat ini. Tumbuhnya kembangnya bisnis ini bisa kita lihat dengan semakin banyaknya tempat-tempat makan yang berdiri baik itu warung tenda, cafe, pedagang asongan bahkan sampai restoran.
Bisnis kuliner memang tidak ada matinya sebab makanan merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dicari.  Bisnis kuliner mempunyai banyak kategori mulai dari makanan pokok, cemilan dan juga minuman. Kesemuanya memiliki potensi yang sangat bagus jika kita tepat mengelolanya.
Sebagai contoh inovasi singkong SweeTaso yang diproduksi di Bondowoso. Kejelian melihat peluang dari tape singkong, mampu mengangkat nilai jual dari makanan tradisional ini.  Pada kategori minuman saat ini banyak berkembang warung kopi, usaha minuman instant cappucino cingcau,  dan masih banyak lagi.
Anda bisa belajar ide bisnis, cara mengelolanya dengan membaca beberapa tips bisnis yang kami sajikan di situs ini.
UKM di Bidang Fashion
Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion juga berkembang sama baiknya.  Kebutuhan akan sandang merupakan peluang usaha yang sangat potensial. Selain sebagai kebutuhan sekunder  tiap orang juga selalu ingin berpenampilan baik dan menarik. Itulah sebabnya bisnis fashion selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa.
Bisnis fashion memiliki kategori yang sangat beragam mulai dari pakaian bayi, pakaian anak, pakaian wanita, pakaian pria, busana muslim, busana resmi dan masih banyak lagi. Tidak hanya baju baru yang diburu, bahkan pakaian bekas (cakar) pun banyak peminatnya.
Demam korea saat ini menimbulkan banyak permintaan model fashion korea. Bisnis fashion juga biasanya mengikuti trend dan juga artis yang menjadi trendsetter seperti Syahrini dan Krisdayanti.
Peluang usaha bisa dilihat dari trend saat ini. Misalnya untuk kategori pakaian muslim, Sinetron Tukang Bubur Naik Haji, menjadi salah satu kiblat fashion untuk busana muslim. Permintaan akan busana muslim semakin meningkat tatkala sinetron ini mendapatkan rating yang tinggi. Besarnya minat pakaian muslim
Selain melihat trend, peluang usaha fashion juga tergantung momen. Misalnya hari raya seperti Idul Fitri dan natal. Banyak penawaran menarik dari bisnis fashion, anda bisa menjadi reseller bahkan usaha dengan sistem dropship juga bisa. Kebanyakan pedagang di Indonesia berbelanja dipusat perdagangan besar seperti tanah abang, kemudian menjual kembali di daerah mereka masing-masing.
UKM di Bidang Online
Bisnis online membuka banyak peluang usaha dengan cakupan pasar dunia.  Bisnis online sangat beragam dan bisa dipadu padankan dengan bisnis REAL.  Usaha real yang dipasarkan secara online agar lebih mudah menjangkau peminatnya. Salah satu contoh bisnis online adalah situs ecommerce. Jual beli online membuka peluang bagi anda untuk menjual apa saja.  Termasuk hasil karya, kerajinan tangan, atau bisnis olahan.
Demikian contoh bisnis UKM yang cukup menjanjikan kedepannya. Masih banyak lagi jenis usaha yang bisa anda kelola dan kembangkan. Jangan pernah berhenti belajar dan berusaha. Jika tidak dari sekarang, kapan lagi?
Salam Wirausaha

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Ragam Bisnis UKM yang Menjanjikan | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)