Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan, Fase dan Faktornya

12.06


Haloo semua, admin kali ini akan memberikan materi yang disebut "Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan, Fase dan Faktornya" Segera kita lihat materi di bawah ini dengan baik.

A. Fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman


1. Perbenihan biji

Perkecambahan adalah penampilan tanaman (tanaman kecil) dari biji. Perkecambahan biji bisa dibedakan dari kecambah epoksi dan perkecambahan hipogel. Perkecambahan epigastrik terjadi karena pecahnya tangkai batang di bawah daun pembentukan atau hipokotil, menyebabkan daun institusi dan kotiledon naik ke tanah, misalnya pada kacang hijau (Phaseolus radiatus). Perkecambahan hipoglik terjadi karena pemisahan batang bagian atas (epicotyl), sehingga daun lembaga tersebut tertarik ke tanah, namun kotiledon tetap berada di dalam tanah, misalnya pada biji kacang (Pisum sativum).

2. Pertumbuhan primer dan sekunder

Saat membagi jaringan meristem, sel baru selalu terbentuk, yang mengarah pada pertumbuhan dan perkembangan struktur akar, batang, daun dan bunga.

B. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman


1. Faktor eksternal

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah sebagai berikut.

a. makanan
Produk atau nutrisi yang dibutuhkan tanaman, selain air dan karbon dioksida, juga merupakan unsur produk lainnya. Karbon dioksida diserap oleh daun, dan air dan mineral diserap oleh akar.

b. air
Air bekerja untuk fotosintesis, mengaktifkan reaksi enzimatik, mendukung kelembaban dan meningkatkan perkecambahan benih.

c. suhu
Setiap spesies tanaman memiliki suhu optimal, yang merupakan suhu pertumbuhan terbaik. Untuk kebanyakan tanaman, suhu sekitar 10-38 ° C diperlukan.

d. kelembaban
Kondisi basah menyebabkan banyak air yang diserap tanaman. Kondisi ini akan mendukung perpanjangan sel untuk cepat mencapai ukuran maksimal. Dengan demikian, tanaman akan tumbuh lebih cepat.

e. cahaya
Cahaya adalah sumber energi untuk fotosintesis tanaman hijau. Karena itu, cahaya langsung mempengaruhi ketersediaan makanan.

2. Faktor dalam

Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman dalam bentuk gen dan hormon. Di dalam gen ada faktor keturunan yang bisa didapat pada keturunannya.

Selain gen, hormon merupakan faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Menurut ahli botani, hormon pertumbuhan pada tanaman diberi nama zat pertumbuhan, yaitu auxin, gibberellin, sitokinin, gas etilen dan asam absis.

a. Auksin
Auxin diproduksi di embrio dalam biji, meristem batang dan daun muda.

b. Sitokinin
Sitokinin disintesis pada akar dan diangkut ke organ lain.

c. Giberelin
Giberalin diproduksi dalam meristem baric, meristem akar, daun muda dan embrio.

d. Gas etilen
Gas etilen diproduksi di jaringan buah masak, kecambah dan daun tua.

e. Asam absisat
Asam abscessed diproduksi di daun, batang dan buah hijau.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan, Fase dan Faktornya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)