Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan Menurut Ilmu Biologi

12.02
Mari kita sejenak perhatikan perbedaan tumbuhan dan hewan dengan mata telanjang! Ketika kita perhatikan, tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan yang kontras. Tumbuhan tidak dapat bergerak aktif seperti hewan. Gerak tumbuhan cenderung pasif, hal ini disebabkan oleh bentuk sel tumbuhan yang kaku. Lantas apakah perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan itu ?

Sel tumbuhan dan hewan pada dasarnya sama dalam struktur penyusun selnya. Namun beberapa organel sel yang ada pada tumbuhan tidak ditemukan pada sel hewan, begitu pula sebaliknya. Lantas kenapa bentuk sel tumbuhan kaku? Ternyata tumbuhan memiliki dinding sel. Struktur dinding sel yang keras membuat sel tumbuhan bersifat kaku.


Apa Saja Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Dari pilihan gambar yang diatas anda memperoleh beberapa perbedaan dari kedua makhluk hidup itu.. Menurut gambar diatas dan beberapa referensi otentik lain, terdapat 7 perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan:

Sel Hewan

  1. Ukuran sel hewan lebih kecil dari sel tumbuhan
  2. Tidak memiliki plastid (kloroplas)
  3. Tidak memiliki dinding sel
  4. Memiliki lisosom
  5. Memiliki sentrosom
  6. Mempunyai bentuk tidak tetap
  7. Tidak memiliki vakuola (walaupun ada juga yang memiliki vakuola tapi ukurannya kecil)

Sel Tumbuhan

  1. Ukuran sel tumbuhan lebih besar dari sel hewan
  2. Umumnya memiliki plastid (kloroplas)
  3. Memiliki dinding sel dan membran sel
  4. Tidak memiliki lisosom
  5. Tidak memiliki sentrosom
  6. Mempunyai bentuk yang tetap
  7. Memiliki vakuola ukuran besar dan biasanya berjumlah banyak

Penjelasan Tentang Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Hewan dan tumbuhan memiliki beberapa organel berbeda. Organel-organel sel berikut hanya dimiliki oleh tumbuhan, tidak dimiliki hewan.
  1. Dinding Sel
    Dinding sel berfungsi sebagai pelindung, pemberi bentuk tetap, dan sebagai jalan keluar masuknya molekul-molekul. Struktur dinding sel tersusun atas polisakarida, lemak, dan protein.
  2. Vakuola
    Vakuola biasanya terdapat pada sel-sel parenkim dan kolenkim. Fungsinya antara lain menyimpan minyak asiri, contohnya minyak kayu putih, papermint, dan aroma harum bunga.
  3. Plastida
    Plastida adalah organel yang mengandung pigmen. Bentuk, ukuran, dan warna plastida bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Tiga tipe utama plastida antara lain kloroplas, leukoplas, dan kromoplas.
  4. Glioksisom
    Glioksisom terdapat pada biji dan menghasilkan enzim pengurai lemak menjadi karbohidrat.

Persamaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan

Meskipun memiliki perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ternyata juga memiliki persamaan. Di bawah ini adalah persamaan yang ada pada sel hewan dan tumbuhan.
Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki bagian-bagian berikut ini.
  1. Membran Plasma
    Membran plasma (selaput sel) terletak di lapisan terluar sel, berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhapa lingkungan luar.
  2. Sitoplasma
    Sitoplasma adalah matriks cair di dalam sel. Struktur penyusun sitoplasma antara lain air, protein, lemak, mineral, dan enzim-enzim.
  3. Organel sel
    • Inti sel (Nukleus)
      Organel terbesar sebuah sel, paling jelas terlihat ketika diamati dengan mikroskop. Fungsinya mengatur keseluruhan aktivitas sel. Ia juga merupakan tempat sintesis DNA.
    • Retikulum Endoplasma (RE)
      Memilikii struktur menyerupai kantung pipih. Fungsi retikulum endoplasma antara lain: menampung protein yang disintesis oleh ribosom, menyintesis lemak dan kolesterol, juga dalam pembentukan dinding sel.
    • Ribosom
      Organel sel terkecil berbentuk bulat, tersebar di dalam sel. Fungsi ribosom adalah melangsungkan sintesis protein.
    • Mitokondria
      Mitokondria berfungsi sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan ATP (yaitu Adenosin Triphospate, berguna sebagai energi bagi tubuh).
    • Lisosom
      Lisosom juga menghasilkan enzim-enzim yang berguna dalam mematikan sel. Enzim lisozim adalah enzim yang dihasilkan oleh lisosom, yang dapat menghancurkan sel bakteri.
Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai