Penjelasan Bagian-Bagian Telinga, Fungsi dan Prosesnya

05.52
Penjelasan Pengertian Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya
Pembaruan terakhir dari artikel ini menggambarkan bagian penuh telinga, fungsi pendengaran. Telinga adalah satu dari lima indera manusia yang mampu mendeteksi atau mengenali suara, dan juga bertindak sebagai alat keseimbangan. Telinga bisa mengenali getaran suara, karena memiliki reseptor khusus. Frekuensi pendengaran manusia adalah dari 20 Hz sampai 20.000 Hz.



Fungsi telinga
1. Sebagai indra pendengaran
Telinganya seperti indera pendengaran, jika ada gelombang suara yang menembus telinga luar yang bisa diterima oleh otak.

2. Sebagai pengatur keseimbangan
Di organ telinga ada struktur khusus yang berfungsi mengatur dan menjaga keseimbangan tubuh, organ ini terhubung ke saraf serebral hingga VIII, yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan dan pendengaran.

Bagian dan Fungsi Telinga

Telinga terbagi menjadi 3 bagian utama telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam:

1. Telinga luar

Telinga luar terdiri dari earbud (aurikula), kanal telinga eksternal (analis audit eksternal) dan membran timpani (anggota drum):

- Telinga daun, lembaran tersususn di atas tulang rawan, yang memiliki bentuk khas yang mendukung fungsinya. Auricle berfungsi untuk memusatkan gelombang suara di saluran telinga.

- meatus auditorius eksternal, pada bagian ini ada kelenjar dengan kelenjar porfiri yang bisa menghasilkan bahan mentah atau seperti lilin yang bisa mengeras. Serum membuat telinga sehingga tidak banyak kotoran di bagian luar yang masuk ke telinga, dan juga bisa mencegah munculnya serangga, karena memiliki bau tak sedap.

- Membran Timpani, bagian ini memiliki fungsi menangkap gelombang suara.

2. Telinga tengah

Telinga tengah adalah rongga penuh udara dan menjaga tekanan udara tetap seimbang. Dinding di telinga tengah ditutupi sel epitel. Fungsi utama telinga tengah adalah suara yang didapat dari telinga luar sampai telinga bagian dalam.

Di telinga tengah ada tuba eusrachius. Tabung eusrachius adalah bagian yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut. Tuba eusrachius memiliki fungsi penyeimbangan tekanan udara antara telinga luar dan telung dalam.

Telinga tengah terdiri dari 3 tulang pendengaran dasar Maleus atau Martil, Incus atau Platform, dan Stapes atau Sanggurdi. Tulang dihubungkan bersama, karena mereka disambung, dan menyebabkan tulang bergerak. Rangkaian 3 tulang ini bisa memberikan sensasi yang diterima dari gendang telinga di telinga luar, ke jendela oval telinga bagian dalam. Tabung eusrachius selalu tertutup, kecuali saat ditelan dan celahnya, jadi jika kita berada pada ketinggian tertentu dan telinga berdengung, maka disarankan untuk menelannya, karena dengan menelannya, tabung eustachi akan membuka dan menyeimbangkan tekanan udara. .

3. Telinga dalam

Telinga bagian dalam terdiri dari tulang dan selaput. Bagian dalam telinga juga disebut labirin karena bentuknya. Labirin tulang atau labirin sumbu adalah rongga yang terbentuk pada tulang belakang yang mengandung cairan perilymph. Labirin membran terletak pada bagian yang sama dengan bagian labirin tulang, tapi labirin membran lebih dalam dan ditutupi sel epitel dan mengandung cairan endolfik.

Labirin Bagian dalam tulang telinga dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Coklea, yang memiliki lebih banyak fungsi untuk mendengarkan
  • Vestibuli, yang memiliki fungsi lebig untuk menjaga keseimbangan
  • Katalis setengah lingkaran memiliki fungsi lebih untuk menjaga keseimbangan


Koklea
Siput atau bekicot memiliki bentuk tabung lengkung di belakang dan dilipat di sekitar tulang, dan juga di ujung bentuk berbentuk kerucut. Siput bertindak sebagai reseptor, karena memiliki sel saraf. Tabung koklea memiliki bagian yang dibentuk oleh tulang dan membran koklea, bagian ini disebut membran basilar. Membran basilar berfungsi untuk memisahkan koklea menjadi 2 bagian, yaitu di bagian atas, yang disebut skala Vestiubili, dan di bawahnya adalah skala timpani. Di antara skala vestibula dan skala drum, ada skala media. Bagian atas dari skala pembawa dibatasi oleh membran vestibular (reissner), dan bagian bawah oleh membran basilar.

Dalam skala skala vestibula dan timpanum ada cairan yang disebut cairan perilymph. Cairan ini berasal dari cairan serebrospinal, yang mengalir melalui saluran kecil, dan kemudian mengalir ke vestibulum. Sedangkan dalam skala media ada cairan yang disebut endolymph, yang belum diketahui, dari mana asalnya.

Di bagian atas membran basilar ada struktur khusus yang dikenal sebagai organ korteks. Organ Corti berfungsi untuk mengubah getaran suara menjadi impuls. Organ Corti adalah struktur yang terdiri dari sel rambut dan sel pendukung, sel rambut di organ korteks terhubung dengan saraf otak (auditori) serebral VIII.

Vertibuli
Bagian ini terdiri dari sakura dan uricula. Sacula dan kandung kemih terdiri dari sel rambut yang memiliki struktur khusus yang disebut macula acustika. Sel-sel rambut kantung disusun secara vertikal, dan utrikula terletak secara horisontal. Pada sel rambut austik makula, partikel bubuk protein CO CO3, yang disebut otolith, tersebar.

Kanalis SemisirkularisSaluran dengan kanal setengah lingkaran atau kanal setengah lingkaran adalah kanal setengah lingkaran yang terdiri dari tiga kanal berbentuk setengah lingkaran yang terletak pada objek yang sama pada posisi yang berbeda. 3 saluran:
Kanal semisirkular horisontal
Kanal semisirkular vertikal atas (vertikal atas)
Kanal semisirkular vertikal belakang (vertikal posterior)

Proses Pendengaran

Gelombang suara menembus melalui telinga luar> Pergi ke gendang telinga> Membran kettledrum mengubah gelombang suara menjadi getaran> Getaran dikirim ke koklea (House of the Snail> Getaran membuat cairan bergerak maju kokle> Gerakan cairan menstimulasi berbagai jenis rambut. reseptor di koklea> getar> Getaran akan ditransmisikan melalui saraf sensorik ke otak dalam bentuk pulsa> Otak menerima dorongan dan menerjemahkannya sebagai suara.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Penjelasan Bagian-Bagian Telinga, Fungsi dan Prosesnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)