Penjelasan Bagian-Bagian Otak, Struktur dan Fungsinya

14.01
Penjelasan Pengertian Bagian-Bagian Otak, Struktur dan Fungsinya  lengkap - perbaharui artikel baru ini untuk membahas pemahaman otak, bagian otak dan fungsinya. Otak adalah sistem saraf pusat pada vertebrata dan invertebrata lainnya. Otak manusia adalah struktur peraturan pusat, volumenya sekitar 1350 meter kubik. Lihat dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron.



Otak berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh, homeostasis, seperti denyut jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab untuk mengatur seluruh tubuh dan pikiran manusia. Karena itu, ada hubungan erat antara otak dan pikiran. Hal ini diyakini bahwa otak dan sel saraf di dalamnya mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan tentang otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengakuan, emosi. memori, latihan motor dan segala bentuk latihan lainnya.

Fungsi otak:

  • Sebagai pusat regulasi
  • Otak sebagai pengatur utama organ tubuh.


Bagian otak dan fungsinya




1. Otak Besar
Otak besar (Cerebrum) adalah bagian terbesar otak. Otak besar adalah bagian yang membedakan otak manusia dan otak hewan. Dengan otak yang besar, orang bisa berpikir, mengendalikan pikiran, berbicara dan mengingat. Akal juga diukur dengan kapasitas otak besar. Otak besar itu sendiri terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:


  • Lobus frontal, yang merupakan bagian besar otak, yang berada di garis depan struktur otak yang besar. Lobus frontal dikaitkan dengan perilaku manusia, seperti kognitif, perencanaan, pemecahan masalah, kreativitas, pengendalian indra, kemampuan seks dan bahasa.
  • Lobus parietalis, yang merupakan bagian otak besar di tengahnya. Lobulus parietal berhubungan dengan proses sensoris tubuh dalam bentuk tekanan, sentuhan, sentuhan, dll.
  • Occipital lobe, sebagian besar otak yang ada dibelakang. Bagian ini berkaitan dengan penglihatan (visual) seseorang, sehingga tubuh bisa membedakan segala sesuatu yang terlihat pada mata.
  • Laurus Lobe, yang merupakan bagian dari otak besar yang terletak di kiri dan kanan otak. Berbagi waktunya dikaitkan dengan suara verbal seseorang, jadi dengan interval waktu ini orang bisa berbicara dan membedakan antara bahasa yang berbeda yang digunakan.


2. Otak Kecil
Otak kecil (cerebellum) adalah bagian dari otak yang berada di bawah lobus oksipital besar otak, persis terasa di tengkuk, otak kecil ini terhubung ke bagian atas leher. Otak kecil mengendalikan gerakan, mengontrol gerakan koordinasi antara otot, mengatur keseimbangan tubuh, mengatur posisi dan posisi tubuh. Tanpa otak kecil, gerakan ini akan menjadi tidak konsisten, akibatnya, seseorang tidak akan bisa menggunakan fungsi otot untuk melakukan aksinya.

3. Batang OtakBatang otak (Brainsteam) terletak di bagian atas leher dan meluas ke sumsum tulang belakang. Otak berdiri berfungsi untuk mengatur fungsi dasar seseorang, seperti proses pernafasan, proses detak jantung, serta proses kerja dengan ginjal dan hal lain yang sangat penting bagi manusia. Berikut ini adalah bagian batang otak:

Dekat Ort (Mesencephalon), yang merupakan bagian dari batang otak yang menghubungkan antara otak dan serebelum. Otak berhubungan dengan proses penglihatan manusia.


  • Medulla Oblongata, titik awal awal syaraf, yang akan mengarah ke tulang belakang seluruh tubuh. Medulla oblongata dikaitkan dengan kontrol fungsi otomatis organ tubuh manusia.
  • Pons, yang merupakan batang otak terletak lebih rendah di medula oblongata dan berfungsi untuk mengatur dan mengirimkan semua informasi ke bagian otak yang lain.
  • Limber system, Sistem limbik adalah bagian otak yang terletak di tengah otak. Komponen sistem limbik meliputi hipotalamus, talamus, amandel, korteks limbik dan hippocampus. Sistem limbik berhubungan dengan kesadaran manusia, seperti pusat emosi, pusat data, pusat haus, pusat kelaparan, pusat dorongan seks, dll. D. LeDoux menyebut sistem limbik sebagai wadah duduk dari semua nafsu manusia, tempat evaluasi, kejujuran dan tempatkan cinta dan kebencian buryuaranya.


Struktur otak

Otak manusia terbentuk melalui dua sel, yaitu sel glial dan sel neuron. Glia adalah sel untuk melindungi neuron, yang juga disebut sel untuk menutupi neuron. Neuron adalah neuron yang membawa informasi yang dibutuhkan tubuh untuk otak. Informasi neo-ran membawa informasi dalam bentuk potensi aksi.

Satu neuron dengan neuron lain saling berhubungan, oleh karena itu dapat dibandingkan dengan rantai yang tidak terpisahkan. Satu neuron membawa informasi dalam bentuk potensial aksi ke neuron lain, membawa zat kimia yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter ini ditransfer dan ditransmisikan melalui sinaps (celah neuron). Orang atau makhluk hidup lainnya memiliki ratusan atau bahkan jutaan neuron yang saling berhubungan untuk membawa informasi ke otak.

Fungsi Otak

Adapun fungsi otak, diantaranya:
  1. Otak bertindak sebagai pusat regulasi untuk tindakan seperti kognisi, pemecahan masalah, merangsang kreativitas, perencanaan, pengendalian perasaan, evaluasi, dll.
  2. Otak berfungsi sebagai sensor untuk berbagai perasaan, seperti depresi, responsif, tekanan dan rasa sakit.
  3. Otak sebagai alat untuk menerjemahkan secara lisan, mendengar, menangkap dan menafsirkan informasi dan bisa menangkap bahasa dalam bentuk suara.
  4. Sebagai pusat pengorganisasian seluruh gerakan koordinasi antara otot-otot tubuh dan penyeimbangan, sehingga Anda bisa bergerak dan tidak terjatuh.
  5. Hanya sebagai pusat masukan dari semua informasi visual yang ditransformasikan menjadi bentuk penglihatan sesuai dengan bentuk aslinya.
  6. Otak berfungsi sebagai penafsir visual seseorang, misalnya untuk membesarkan atau mengontrak murid, menggeser bola mata dan mengatur pergerakan tubuh manusia.
  7. Kemudian mengontrol fungsi otak secara otomatis, misalnya mengatur detak jantung, mengatur pernapasan, mengatur sirkulasi darah dan mengatur sistem pencernaan.
  8. ini berfungsi sebagai badan perlindungan dalam keadaan tidur atau dalam keadaan terjaga.
  9. Ini juga menghasilkan perasaan, emosi, menciptakan rasa lapar, mengatur produksi hormonal, menstimulasi rasa senang, menciptakan rasa haus, mengatur metabolisme, mempertahankan homeostasis dan mengatur ingatan jangka panjang.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Penjelasan Bagian-Bagian Otak, Struktur dan Fungsinya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)