Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Kaidah, Ciri-ciri, Tujuan, Sistematik, dan Contohnya

23.20

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Kaidah, Ciri-ciri, Tujuan, Sistematik, dan Contohnya


Pengertian Teks Eksplanasi :

Text Explanation adalah teks yang menggambarkan proses kemunculan atau pembentukan fenomena alam atau sosial. Dalam teks Eksplanasi,, acara tersebut muncul karena peristiwa sebelumnya, dan acara tersebut selanjutnya mengarah ke acara lain. Struktur teks adalah instruksi umum, urutan logis penyebabnya.




Pengertian Text Eksplanasi,Menurut Para Ahli :

Penjelasannya diterima dalam bahasa asing (bahasa Inggris), yang berarti penjelasan atau Mepnjelaskan, atau fakta (Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651). Memahami teks penjelasan (teks Eksplanasi,) adalah teks yang berisi informasi tentang proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, sains, budaya dan lain-lain.

Sedangkan Restuti (2013: 85) mengatakan bahwa konsep teks Eksplanasi, adalah teks yang menjelaskan atau menjelaskan proses atau fenomena alam atau sosial.
pemahaman teks Eksplanasi,

Teks terdiri dari struktur yang terdiri dari bagian yang berisi pernyataan umum (pembuka), garis penjelasan (isi) dan interpretasi / penutupan. Bagian dari instruksi umum berisi ringkasan dari apa yang sedang dikatakan. Bagian dari garis penjelasan berisi urutan deskripsi atau penjelasan kejadian. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang acara tersebut. Bagian ini adalah judul penjelasan yang mungkin atau mungkin tidak ada. (Mahsun, 2013: 189).

Struktur Kebahasaan Text Eksplanasi :


  1. Pernyataan umum, Berisi penjelasan umum tentang fenomena yang sedang dibahas, mungkin ada pengenalan fenomena atau penjelasan semacam itu. Penjelasan umum yang ditulis dalam teks ini adalah gambaran umum tentang apa, mengapa dan bagaimana proses kejadian alam dapat terjadi.
  2. Garis penjelasan Ini berisi penjelasan tentang prosesnya, mengapa fenomena itu bisa muncul atau diciptakan dan bisa terdiri dari beberapa paragraf. Garis penjelasan menjelaskan dan menentukan sebab dan akibat bencana alam.
  3. Interpretasi (pilihan), Tuntutan seleksi tertutup; bukan keharusan. Teks terakhir yang dimaksud adalah teks yang merupakan esensi atau kesimpulan dari sebuah pernyataan umum dan serangkaian penjelasan. Opsional bisa berupa tanggapan atau kesimpulan atas pernyataan yang terkandung dalam teks (Mahsun, 2013)



Sistematik Text Eksplanasi :


  1. Pernyataan umum. Berisi satu pernyataan umum tentang suatu topik yang akan menjelaskan proses eksistensinya, proses asalnya, proses pembentukannya, dan sebagainya. Seharusnya ringkas, menarik dan mudah dipahami, yang dapat menyebabkan minat baca pembaca terbaca.
  2. Urutan penjelasannya. Berisi penjelasan rinci tentang proses eksistensi, proses terjadinya. Mengenai jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana, jawabannya adalah sebuah pernyataan atau sebuah proposal deklaratif. Penggunaan spidol berurutan sangat memungkinkan, mengingat prosesnya perlu dijelaskan secara bertahap, pertama, kedua, ketiga, dll. D. Atau yang pertama, yang terakhir, yang terakhir.
  3. Penutupan, Berisi kesimpulan atau pernyataan tentang topik / proses yang dijelaskan.



Menulis teks Eksplanasi, adalah komponen yang dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan penulisan teks ini adalah kegiatan observasi siswa terhadap teks. Hasil akhir dari pelatihan ini adalah pencatatan pengamatan siswa terhadap teks ini, baik isi, struktur atau bahasa yang terkandung dalam teks Eksplanasi,


Tujuan Teks Eksplanasi

Eksplanasi digunakan untuk memperhitungkan mengapa semuanya menjadi begitu. Penjelasan lebih merupakan proses daripada sesuatu.

Ciri - ciri Text Eksplanasi :

Strukturnya terdiri dari: pernyataan umum, garis penjelasan dan interpretasi. Pernyataan umum adalah deskripsi awal dari apa yang diwakili oleh pernyataan umum. Sejumlah penjelasan adalah inti dari apa yang dijelaskan. Sementara itu, interpretasi yang berisi pendapat atau kesimpulan penulis bersifat opsional, mungkin atau mungkin tidak ada
Memuat informasi aktual (aktual)
Faktanya berisi informasi yang bersifat ilmiah (misalnya: sains).


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi :

Teks Eksplanasi, biasanya memiliki ciri - ciri bahasa berikut.
  1. Fokus pada generik, bukan pada peserta yang tidak manusiawi, seperti gempa bumi, banjir, hujan dan udara.
  2. Istilah ilmiah bisa digunakan.
  3. Lebih banyak menggunakan bahan dan kata kerja relasional (active verbs).
  4. Menggunakan aliansi waktu dan kausal, misalnya, jika, jika, jadi, sebelumnya, pertama, dan kemudian.
  5. Penggunaan kalimat pasif
  6. Penjelasannya ditulis untuk membenarkan bahwa apa yang dijelaskan secara kausal itu benar adanya.


3 CONTOH Karangan Teks Eksplanasi 

CONTOH Teks Eksplanasi Tsunami (bencana alam)

Tsunami (tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harfiah berarti "ombak besar di pelabuhan") - adalah gerakan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut vertikal tiba-tiba. Perubahan permukaan laut dapat disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut atau meteor atau memukul-mukul di laut. gelombang tsunami bisa merambat ke segala arah.

Tsunami dapat terjadi dalam kasus pelanggaran, yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor, dan meteorit yang jatuh ke Bumi. Namun, 90% tsunami adalah hasil dari gempa bumi bawah laut. Dalam catatan sejarah beberapa tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, misalnya, ketika letusan Gunung Krakatau.

Gerakan vertikal kerak bumi dapat menyebabkan kenaikan tiba-tiba atau jatuh dari dasar laut, yang akan menyebabkan terganggunya keseimbangan air di atasnya. Hal ini menyebabkan munculnya aliran air laut energi, yang, saat mencapai pantai dalam gelombang besar yang menyebabkan tsunami.

kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut, di mana gelombang terjadi di mana tingkat bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Ketika tsunami akan mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi sekitar 50 km / jam, dan energi adalah wilayah pesisir sangat merusak di mana ia melewati.

Di tengah ketinggian gelombang tsunami laut hanya beberapa sentimeter hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai, tinggi gelombang bisa sampai puluhan meter karena munculnya periode air. Ketika sampai pantai, tsunami akan merayap pedalaman dari garis pantai dengan jangkauan hingga beberapa ratus meter, bahkan beberapa kilometer.

Gerakan vertikal ini dapat terjadi ketika sebuah kesalahan bumi atau operasi caesar. Gempa bumi juga umum di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menyelinap di bawah lempeng benua.

Tanah longsor yang terjadi di dasar laut, serta reruntuhan vulkanik, juga dapat menyebabkan gangguan air laut, yang dapat menyebabkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut tiba-tiba naik dan turun, sehingga keseimbangan air laut di atasnya rusak. Demikian pula, benda ruang atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, mungkin ada megatunani mencapai ratusan meter.


CONTOH Teks Eksplanasi Tanah Longsor (bencana alam)

Avalanche - adalah sebuah acara di mana gerakan tanah atau biasa disebut geologi, yang timbul karena pergerakan masa batuan / tanah dengan gaya yang berbeda dan jenis, seperti batu jatuh atau benjolan besar tanah. Atau Longsor runtuhnya mungkin terjadi di sirkuit karena dua faktor: gerakan factor dan faktor pemicu. Gerakan faktor merupakan faktor yang mempengaruhi keadaan materi, dan meluncurkan faktor - faktor yang menyebabkan pergerakan material.
Hanya di Indonesia, acara ini ditemukan hampir di mana-mana. Kebanyakan dari mereka disebabkan oleh gempa bumi, yang bergerak piring bawah tanah, menyebabkan pergerakan elemen atau bawah permukaan, menyebabkan fraksi dan tanah longsor. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan dan menyebabkan lag. Apakah itu disebabkan oleh alam atau karena ulah manusia itu sendiri, termasuk tingkat curah hujan yang tinggi, ketika musim hujan dengan panjang akan penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar.

Setelah penguapan ada pori-pori atau rongga, dan kemudian pada retak permukaan ketika air hujan akan menembus ke bagian retak, dan kemudian air akan mengalir sehingga menumpuk di bagian bawah lereng, dan kemudian menyebabkan gerakan lateral, kemudian longsor terjadi. Untuk mencegah tanah longsor dapat menggunakan pohon karena akar pohon membantu banyak, menyerap air hujan, sehingga dapat diminimalisir.

Poin-poin di atas adalah beberapa penyebab tergelincir. Akibat bencana ini, tentu saja, terakhir namun tidak sedikit kerugian paling parah - hilangnya kehidupan, selain kerugian material, seperti kehilangan rumah, tanah dan properti, yang harus menolak karena tetimbun dari longsoran. Sangat jarang orang di tanah longsor dapat menyelamatkan diri karena tanah longsor tingkat diperkirakan mencapai kecepatan 100 km / jam, tidak mungkin bagi orang tanpa peralatan. Selain itu, setelah kejadian itu meninggalkan beberapa korban yang mengalami trauma yang mendalam. Jika Anda mendengar suara gemuruh yang besar di sekitar Anda, segera pergi ke dataran tinggi atau di dataran stabil. Jangan berjalan di tepi tebing atau tebing curam, karena terlihat seperti bunuh diri.



CONTOH Teks Eksplanasi Banjir (BENCANA ALAM)

Banjir merupakan fenomena alam berupa naiknya air di daerah untuk menutupi permukaan daerah ini. Banjir juga bisa dilihat sebagai bagian dari siklus hidrologi yang merupakan bagian dari air di permukaan bumi yang mengarah ke laut. Melalui siklus hidrologi, kita melihat bahwa jumlah air di permukaan bumi bergantung pada jumlah presipitasi dan penyerapan air ke dalam tanah.
Wajar, banjir disebabkan oleh curah hujan dan limpasan lokal dari daerah hulu di satu daerah tangkapan air. Pada banjir tidak ilmiah bisa terjadi akibat aktivitas manusia. Proses banjir alami mirip dengan fakta bahwa jatuhnya hujan turun di permukaan bumi dan dipertahankan oleh tanaman setelah menyentuh permukaan tanah mengalir ke tanah yang lebih rendah setelah penguapan dan lahan permukaan. Banjir yang terjadi dari sudut pandang ilmiah bisa menjadi bank bagi masyarakat jika banjir dikaitkan dengan orang dan merugikan orang.
Sedangkan proses banjir tidak wajar karena aktivitas manusia seperti pembuangan sampah, tidak pada tempatnya, dan alasan bahwa aliran air tidak lancar, sehingga air yang mengambang pada pembuangan lebih lama menguap setelah itu bumi dan banjir
Proses banjir bisa terjadi secara alami dan karena aktivitas manusia. Orang bisa mengalami kerugian akibat banjir, karena mereka tinggal di tempat tinggal sementara, yang merupakan dataran banjir alami. Karena itu, jika orang tinggal di dataran, yang sering menderita banjir, dan banjir tidak sampai ke orang, tapi orang datang ke banjir.


Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai