Pengertian Teknik Ikat Celup dan Cara Membuatnya

10.53

Halo semuanya, kali ini, Admin akan memberikan materi yang disebut "Ekspresi karya seni kerajinan tekstil dengan teknik Ikat Selup." Bacalah dengan seksama materi di bawah ini.

A. Pengertian Teknik Ikat Celup

Teknik mengikat pewarna adalah salah satu jaringan dekoratif yang terbentuk selama proses perendaman. Dengan teknik ini, kita bisa membentuk gaya dengan menutup potongan kain yang tidak ternoda saat menyelam. Peralatan yang dibutuhkan dalam teknik ini adalah tali, benang dan karet sebagai diagram penghambat warna. Metode pengikat pewarna memiliki nama yang berbeda, misalnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang dikenal sebagai tritic, di Banjarmasin, yang dikenal dengan nama Sasirangan, di Palembang, disebut pelangi.

B. Alat dan Bahan-Bahannya

Peralatan yang digunakan untuk membuat batik dengan metode pewarna mengikat antara lain benang, karet dan tali. Alat ini berfungsi sebagai pengikat untuk bentuk tertentu di latar belakang kain, yang menghalangi penyerapan warna pada detilnya. Biasanya bahan yang digunakan adalah tekstil yang terbuat dari serat alami, seperti katun, sutra atau pensil. Selain itu, kita masih membutuhkan peralatan tambahan, seperti kerikil, marmer, biji-bijian, kayu, plastik dan jarum jahit.

Cat yang digunakan dalam metode pencelupan ini adalah warna sintetis dengan saus dingin. Bahan sintetis ini dapat dibagi menjadi jenis pewarna langsung (fast, proxy dan remazole). Peralatan yang harus dipersiapkan untuk proses pencelupan, termasuk kolam renang, mangkuk dan ember.


C. Cara Membuat Karya Seni Kriya Dengan Teknik Ikat Celup

Langkah pembuatan produk artistik dari kerajinan tekstil menggunakan metode pewarnaan adalah sebagai berikut.

1. Menciptakan sebuah gaya

Teknik pembuatan style pada pewarna terdiri dari:

a. Teknik perpindahan
Teknik jumping dilakukan dengan menjaga permukaan jaringan dengan ujung jari, maka permukaan jaringan erat terpaku. Cara menghubungkannya dengan koneksi datar, kemiringan dan kombinasi keduanya.

b. Mesin lipat, gulungan dan kelelawar
Cara membuat teknik ini - untuk membuang, memiringkan atau menjahit / menjahit kain. Kemudian jaringan membentang sampai terkumpul dan diperbaiki. Saat mengikat jaringan, kencangkan peregangan kain agar membentuk pola maksimal. Untuk mendapatkan gaya tertentu, bagian di bagian belakang kain ini diisi dengan kerikil atau biji sebelum diikat. Setelah semua desain selesai kain, lalu cat.
Teknik menjahit yang digunakan adalah metode menjahit jelujur dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Seluruh gaya dijahit di sekitar tepi dengan satu atau lebih jahitan. Setelah semua jahitan dijahit, benangnya sangat kuat sehingga permukaan kainnya mengering, padat dan kencang. Efek keriput akan terlihat sangat atraktif. Gambar itu digambar terlebih dahulu di atas kertas, kemudian sebuah pola digambar dengan kardus tebal. Kemudian pola digambar ulang pada kain sesuai dengan template karton.

2. Mewarnai

Metode pewarnaan pewarna mengikat bisa dilakukan dengan dua cara:

a. pencelupan
Pewarnaan dilakukan dengan memasukkan seluruh kain, yang terkait dengan larutan berwarna. Jika jumlah warna yang dingin lebih dari satu, pencelupan harus dilakukan beberapa kali untuk mendapatkan jumlah warna yang diinginkan. Namun, sebelum pewarnaan dengan warna berikutnya, kita harus menutupi bagian-bagian tertentu dengan bahan pelapis pembantu, seperti plastik atau bahan fleksibel fleksibel lainnya. Saat melukis, jangan lupa menggunakan sarung tangan untuk bahan kimia beracun yang ada di kain, jangan sampai pori-pori kulit tangan.

b. smear
Colet adalah metode melukis bagian-bagian tertentu dari permukaan tisu. Alat yang digunakan adalah kuas. Pinching biasanya dilakukan untuk mewarnai bagian kecil atau terlalu kecil dari dress untuk mewarnai.

3. Penyelesaian akhir

Setelah proses pencelupan selesai, kain tersebut diimpregnasi dengan larutan pengikat berwarna sehingga tidak mudah hilang. Kemudian kain dicuci dan dikeringkan, setelah itu padam kering. Tujuan dari pengeringan ke pengeringan adalah dengan menghentikan penetrasi pewarna ke dalam ceruk jaringan.

Langkah selanjutnya adalah membuka ikatan pada kain dengan memotong dengan pemotong atau gunting. Setelah semua bagian telah dilepas, kain yang diangin akan menjadi lebih kering.

Proses akhir ini sangat menentukan hasil metode pembuatan pewarna pengikat. Oleh karena itu, langkah-langkah untuk membuat metode ini harus diperhitungkan dengan baik agar hasil akhir sesuai dengan keinginan.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Teknik Ikat Celup dan Cara Membuatnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)