Pengertian Kelajuan dan Kecepatan, Rumus, Perbedaan, Beserta Contoh Soalnya

06.42
Dalam hal ini, Administrator akan memberikan materi yang berjudul "Pengertian Kelajuan dan Kecepatan, Rumus, Beserta Contohnya". Bacalah dengan seksama materi di bawah ini.



1. Kelajuan

Kecepatan adalah perbandingan jarak yang ditempuh oleh objek dalam waktu yang dibutuhkan. Jarak adalah panjang total jalur yang dilalui objek, dimanapun itu berada. Kecepatannya meliputi jumlah skalar, karena tidak memiliki arah.

Formula untuk menghitung kecepatan:


2. Kecepatan

Kecepatan suatu benda adalah rasio antara pergerakan benda dan waktu perjalanan. Pengimbang adalah jarak yang ditempuh oleh objek ke arah tertentu, yaitu Hubungkan titik awal ke titik akhir. Kecepatan adalah kecepatan suatu benda ke arah tertentu. Dengan demikian, kecepatan adalah kuantitas vektor.

Rumus untuk menghitung kecepatan:




Contoh pertanyaan:

Tio berjalan ke timur dengan kecepatan 20 m selama 25 detik. Lalu ia berbalik ke barat dan berjalan 10 m selama 15 detik. Hitung kecepatan dan kecepatan Tio.

penyelesaian:

Perhatikan:
AB = 20 m
BC = 10 m
t1 = 25 detik
t2 = 15 detik

Jarak perjalanan dengan Tio:
AB + BC = 20 m + 10 m = 30 m
Gerakan Tio:
AC = AB - BC = 20 m - 10 m = 10 m

Menjawab:










Ingatlah bahwa kecepatan adalah jumlah vektor, jadi kenyataannya dalam masyarakat kita sering ada kesalahpahaman di mana Anda bisa mengatakan: "kecepatan kereta adalah 80 km / jam." Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, karena jika kita menentukan kecepatannya, maka kita harus menunjukkan kemana arah kereta. Bagaimana jika dua kereta api bergerak dengan kecepatan yang sama, tapi sebaliknya? Kami mengatakan bahwa kecepatan kedua kereta itu sama, tapi kecepatan keduanya berbeda, misalnya satu 80 km / jam ke timur dan 80 km / jam ke barat.

Sebagai aturan, benda bergerak tidak selalu bergerak dengan kecepatan tetap, namun bervariasi tergantung kondisi lingkungannya. Misalnya, saat mengendarai sepeda di jalan yang datar, Anda bisa mempercepat motor Anda, tapi saat Anda berada di jalan pendakian. Kecepatan motor Anda pasti berkurang. Bagaimana kita menghitung kecepatan benda yang tidak selalu diperbaiki?

Perhatikan contoh pergerakan sebuah mobil yang bergerak dari kota A ke kota B, yaitu 60 km dari satu sama lain, jika kita menggambar garis lurus dari A ke B. Kita memilih kota A sebagai awal dan arah dari A ke B sebagai arah yang positif. Ketika kota B dicapai dalam waktu 60 menit, pengemudi melihat bahwa speedometernya telah meningkat 75 km. Makanya, jarak yang ditempuh mobil adalah 75 km. Dalam perjalanan dari kota A ke kota B, saya yakin kecepatan mobil tidak tetap; Bila di jalan langsung kecepatannya sangat bagus, tapi bila kecepatan jalan yang berkelok-kelok berkurang. Makanya kita tentukan kecepatan rata-rata dan kecepatan rata-rata.

Kecepatan rata-rata (vrata_rata) mobil yang bergerak dari kota A ke B lebih tinggi:



Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Kelajuan dan Kecepatan, Rumus, Perbedaan, Beserta Contoh Soalnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)