Pengertian Gerak Pada Tumbuhan, Macam-Macam dan Contohnya

05.49
Pengertian Gerak Pada Tumbuhan, Macam-Macam dan Contohnya, Jenis gerakan tanaman dan contoh lengkap - perbaharui artikel baru ini, ceritakan tentang jenis / jenis gerakan tanaman, contoh pergerakan pada tanaman. Bergerak adalah salah satu ciri makhluk hidup. Gerakan ini bergerak saat manusia dan hewan disebut gerakan aktif. Tapi tidak semua gerakan makhluk hidup bergerak, ada bagian yang melakukan gerakan, gerak disebut gerakan pasif. Contoh makhluk hidup dengan gerakan pasif adalah tumbuhan. Pada prinsipnya, tanaman bergerak karena proses pertumbuhan dan karena kepekaan terhadap iritabilitas atau iritabilitas yang dimiliki tanaman. Sebagai tanggapan atau respons terhadap stimulus, tanaman akan bergerak menuju rangsangan atau jauh dari rangsangan.



Pengertian Gerak Pada Tumbuhan

Gerakan adalah salah satu bentuk respon tubuh terhadap rangsangan. Insentif bisa datang dari luar (eksternal) atau dari dalam (internal) tubuh. Pada makhluk primitif, kemampuan bereaksi terhadap rangsangan masih sangat sederhana, disebut lekas marah.

Tanaman memiliki kepekaan tertentu untuk merespons rangsangan yang diterimanya. Setiap rangsangan tanaman akan bereaksi terhadap tanaman tersebut.tanggapan oleh bentuk gerakan ini dari bagian tanaman.

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Ada dua jenis gerakan pada tanaman, yaitu endonik dan etionik.

A. Gerak Endonom

Gerakan endometri adalah gerakan pada tanaman yang terkena rangsangan di dalam suatu tanaman. Ada 2 gerakan nutrisi dan higroskopis endogen.

- Motion Power
Gerakan nutrisi merupakan gerakan spontan yang tidak disebabkan oleh stimulasi dari luar. Contoh pergerakan nutrisi meliputi pergerakan aliran sitoplasma pada tanaman air Hydrilla verticillata.

- Gerakan higroskopis
Gerakan higroskopik adalah gerakan pada tanaman yang disebabkan oleh perubahan kadar air. Contoh gerakan higroskopik adalah perpindahan dari pematangan biji kering.

B. Gerakan Etionom

Gerakan Etionom adalah gerakan pada tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangan yang datang dari luar tanaman. Faktor yang menyebabkan pergerakan etion, seperti air, cahaya dan rangsangan berupa sentuhan, suhu / suhu, gravitasi, bahan kimia dan lain-lain. Ada 3 gerakan etianomis tropisme, gerakan tacis dan gerakan nasti.

1. Gerakan Tropisme

Gerakan tropisme adalah gerakan pada tanaman, arah pergerakannya dipengaruhi oleh arah eksitasi. Pergerakan tropisme terbagi dalam pergerakan fototropisme, gerakan geotropika, pergerakan hidrotropisme, dan pergerakan tigmotrop.

a. fototropisme
Gerakan Phototropism adalah gerakan pada tanaman yang dipengaruhi oleh rangsangan sinar matahari. Pergerakan foto tropisme terbagi 2, yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif.

Fototropisme positif memiliki arah pertumbuhan yang selalu mengarah ke arah cahaya, misalnya pergerakan pada tanaman sereal yang tumbuh oleh ginjal. Sementara itu, fototropisme negatif memiliki arah pertumbuhan yang selalu jauh dari cahaya, contoh gerakan ini terjadi di beberapa tanaman merambat tropis.

b. Geotropisme
Gerakan Geotropisme adalah gerakan pada tanaman yang dipengaruhi oleh gravitasi terestrial. Geroporisme terbagi menjadi 2 geotropika geotropik dan negatif yang positif.

Geotropisme positif memiliki arah pertumbuhan yang selalu turun atau turun ke tanah, sedangkan geotropisme negatif memiliki arah pertumbuhan akar, selalu naik ke atas.

c. Hidrotropisme
Gerakan hidrotropisme - gerakan pada tanaman ke arah basah atau berair. Hipotropi dibagi menjadi 2, yaitu hidrotropne positif dan hidrotrop negatif.

Hidrotropisme positif memiliki arah pertumbuhan ke badan air. Contoh gerakan ini adalah arah pertumbuhan akar akar di dalam tanah, yang selalu menujutempat berisi air. Hidrotropisme negatif memiliki arah pertumbuhan dari tempat berair.

d. Tigmotropisme
Gerakan Tigmotropisme - gerakan pada tanaman, disebabkan oleh adanya kontak. Contoh gerakan ini adalah larva antena dan mentimun yang memutar tanaman lainnya.

2. Gerak Taksis

Pergerakan taksi adalah pergerakan seluruh tanaman, yang tunduk pada pengaruh kegembiraan. Pergerakan Taksi dibagi menjadi Phototaxis dan Kyototaxis.

a. Fototaksis
Gerakan fototaktik adalah gerakan seluruh tubuh tanaman, yang disebabkan oleh rangsangan ringan. Contoh gerak fototaxes termasuk gerakan euglena selalu mendekati cahaya.

b. kemotaksis
Motion Chemotaxis adalah gerakan yang dipengaruhi oleh bentuk rangsang zat kimia. Contoh gerakan kemotaksis termasuk sperma pada tanaman argon lumut dan tanaman kuku yang bergerak semenarik zat gula atau protein.

3. Gerakan Nasti

Gerakan Nastya adalah gerakan pada tanaman, dimana arah gerak tidak bergantung pada arah stimulus yang akan datang. Gerakan Nastia terbagi dalam kelompok Fotonasti, Thermonasti, Niktinasti, Seismonasti, Kemonasti dan Nasti.

a. Fotonasti
Gerakan foton adalah gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan ringan. Contoh pergerakan phototape termasuk berbunga berbunga di empat (Mirabilis jalapa) di sore hari.

b. Thermonasti
Pergerakan Thermonasti merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh stimulasi suhu. Contoh termo-gerak adalah berbunga tulip pada suhu tertentu.

c. NiktinastiGerakan niktinasty - gerakan yang disebabkan oleh kondisi gelap. Contoh pergerakan niktinasti meliputi pergerakan penutupan daun majemuk (lamtoro atau turi) akibat cahaya gelap.

d. SeismonastiGerakan Seismisitas merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh stimulasi sensorik. Contoh pergerakan seismik meliputi pergerakan daun putri malu (Mimosa pudica) untuk disentuh.

e. Kemonasti
Pergerakan Kemonasti merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh bentuk bahan kimia yang menggairahkan. Contoh pergerakan kemanasty termasuk penemuan stomata pada siang hari karena adanya karbon dioksida (CO2).

e. Kompleks Nasti
Gerakan yang kompleks adalah gerakan yang tidak hanya dipengaruhi oleh satu jenis kegembiraan. Misalnya, gerakan membuka dan menutup mulut daun (stomata) akibat sinar matahari, bahan kimia, air dan suhu.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Loading...
Pengertian Gerak Pada Tumbuhan, Macam-Macam dan Contohnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)