Pengertian Gambar Ilustrasi, Unsur, Jenis-Jenis, Fungsi, Teknik, dan Contohnya

11.15


Halo semuanya, dalam hal ini, administrator akan memberikan materi yang akan membahas tentang Image Illustration. Lihat materi di bawah ini.

A. Pengertian Gambar Ilustrasi

Ilustrasi gambar adalah gambar yang menjelaskan atau memvisualisasikan deskripsi, entah dalam bentuk sejarah, berita, esai atau skrip. Konsep lain dari ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk menggambarkan surat tersebut. Menggambar fungsi gambar dapat digunakan sebagai pelengkap sejarah atau menghidupkan kembali kritik sejarah ilustrator. Untuk membuat ilustrasi ilustrasi, ilustrator harus bisa mengelola gambar tokoh (tumbuhan dan benda alami), gambar anatomis (manusia dan hewan) dengan baik, serta metode untuk merancang tata letak,

B. Unsur Ilustrasi

Beberapa elemen untuk menggambar ilustrasi adalah sebagai berikut.
Gambar makhluk hidup, seperti gambar tanaman (pohon, bunga, daun, akar dan buah), gambar manusia dan gambar binatang (hewan bipedal, hewan berkaki empat dan spesies hewan lainnya).
Gambar benda mati, seperti benda dekoratif, barang rumah tangga, gambar bangunan, dll.

Untuk menggambar dengan baik, kita perlu mengetahui bentuk dasar setiap jenis gambar.

1. Gambar Manusia

Untuk menarik orang, kita perlu menguasai proporsi dan anatomi tubuh manusia. Proporsi ini mencakup perbandingan bagian tubuh manusia, seperti kepala, wajah, tangan dan kaki. Anatomi menyangkut posisi (bentuk, ukuran dan letak) bagian tubuh manusia di dalam tubuh manusia secara keseluruhan.

Proporsi manusia berbeda dengan ras. Orang-orang dari ras Kaukasia (putih) memiliki bentuk tubuh yang tinggi, sedangkan orang Mongoloid cenderung lebih kecil. Ini adalah proporsi orang kulit hitam atau ras lainnya. Ketinggian tubuh manusia terlihat oleh ukuran kepala. Ketinggian tubuh Indonesia sekitar 7,5 kali lebih besar dari kepalanya.

Begitu pula panjang telinganya seperempat dari kepala. Untuk menarik seseorang, gunakan proporsi perbandingan persegi. Perbandingan ini tidak mutlak, tapi hanya perkiraan untuk mendapatkan gambar seseorang yang dekat dengan yang benar.

2. Gambar Ternak

Gambar binatang memiliki anatomi khusus. Bahkan binatang satu sama lain memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Teknik menggambar binatang bisa dimulai dengan menciptakan sederet bantuan berupa bola, elips, kuadrat atau kuadrat.

3. Citra tanaman

Sebelum menggambar tanaman, pertama Anda perlu mengamati pohon yang ingin Anda gambar. Hal ini disebabkan fakta bahwa menggambar bentuk pohon sesuai dengan bentuk sebenarnya sulit. Lalu buat sketsa. Biasanya, pensil digunakan untuk menggambar pohon. Namun, bisa juga menggunakan tinta atau pena, teknik shading atau siluet juga digunakan.

C. Jenis Ilustrasi

Ada empat jenis gambar ilustratif, yaitu:

1. Ilustrasi kantor editorial, ilustrasi yang digunakan untuk menggambarkan manuskrip atau untuk mengisi buku, surat kabar dan majalah. Contoh ilustrasi pengeditan:

  • Ilustrasi sampul buku atau majalah.
  • Ilustrasi manuskrip (cerita atau artikel).
  • Komik, gambar yang, pada dasarnya, mudah dicerna dan menggelikan.
  • Sebuah karikatur, sebuah gambar lucu berisi pesan, satire dan kritik.
  • Kartun, yang merupakan gambar dengan pandangan lucu, terkait dengan situasi saat ini.


2. Ilustrasi yang modis, yaitu ilustrasi yang menggambarkan ide atau desain busana.

3. Ilustrasi iklan, yaitu ilustrasi yang digunakan untuk iklan atau iklan.

Ilustrasi sains, mis. ilustrasi yang digunakan untuk menggambarkan informasi tertentu dalam sains, seperti ensiklopedi, teknik, kedokteran, arsitektur, ruang, dll.

D. Media Untuk Menggambar Ilustrasi 

Media yang digunakan untuk menggambarkan, antara lain:

  • Bahan kering, bahan kering bekas adalah gambar arang, pensil, konte, krayon, pensil warna dan spidol. Cara menggiling dan menggosok.
  • Bahan basah, bahan basah digunakan untuk diaplikasikan dengan bahan basah, seperti cat air, cat minyak, cat terbang, dll.

E. Teknik Menggambar Ilustrasi gambar

Ada beberapa metode untuk menggambar ilustrasi, yaitu:

  • Sebuah teknik garis ilustrasi yang membentuk gambar yang mengandalkan kemampuan untuk memesan irama garis untuk mencapai tujuan. Teknologi line bisa dijalankan dengan baik dengan bahan basah atau bahan kering.
  • Teknik pointilistis, yaitu ilustrasi gambar, yang bentuknya berupa titik, untuk mencapai kegelapan dan cahaya.
  • Metode full scan, yang memungkinkan Anda menyesuaikan gambar untuk mencapai bentuk ideal. Pergerakan gambar dari kegelapan ke cahaya secara bertahap berubah. Hal ini dilakukan dengan menghaluskan sapuan kuas.
  • Teknik diesel, cara menggambar dengan bahan kering. Untuk mencapai warna abu-abu dari bagian gelap ke bagian yang diterangi dipompa dengan kolektor debu. Metode ini dilakukan untuk mendapatkan citra seorang naturalis.

F. Menggambar Ilustrasi Gambar

Berikut ini dijelaskan tahapan ilustrasi gambar.

  • Tentukan tema gambar, misalnya tema gambar - lingkungan, nelayan dengan aktivitasnya. Biasanya, gambar diawali dengan sebuah ide mencoret-coret dalam bentuk goresan tipis menggunakan pensil.
  • Saat membuat sketsa, kita harus mengatur komposisi dalam bentuk gambar objek, sehingga keseimbangannya seimbang, proporsional dan harmonis.
  • Tunjukkan mood dari gambar berdasarkan cerita. Setelah komposisinya dipersiapkan dengan baik, maka tebal dan buatlah pewarnaannya.


Selain langkah-langkah menggambar, langkah-langkah berikut menggambarkan pembuatan komik:

  • Buat naskah komik berdasarkan urutan kejadian.
  • Buat layout yang terdiri dari beberapa bingkai pada selembar kertas A4 sesuai dengan komik komik. Tata letaknya berfungsi untuk menyesuaikan komposisi gambar komik, yang dituangkan ke dalam bingkai.
  • Buat sketsa sesuai dengan tata letak pada kertas A4 lainnya, lalu pensil.
  • Setelah itu, membuat sketsa yang telah diklarifikasi dengan menggambar. Kegiatan ini bisa dilakukan di atas meja pemangkasan, yaitu meja kaca di bawah lampu.
  • Bagilah sketsa gambar pada medium yang diinginkan.
  • Setelah Anda diwarnai, isi balon dengan dialog yang sesuai dengan naskahnya.

G. Fungsi gambar Ilustrasi

Ilustrasi gambar memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Menarik perhatian orang. Sebuah buku atau majalah, disertai dengan foto-foto menarik, akan membuat orang tahu tentang isi buku tersebut.
  • Sederhanakan deskripsi atau penjelasan dari surat tersebut.
  • Sebagai sarana untuk mengekspresikan pengalaman suatu peristiwa yang diungkapkan dalam sebuah gambar.
  • Berikan gambaran singkat tentang isi surat atau cerita.
  • Sebagai nilai keindahan di pervahahana.

H. Contoh Ilustrasi Gambar

Berikut ini Adalah Contoh Contoh Ilustrasi Gambar :

1. Ilustrasi Gambar manusia
gambar ilustrasi manusia

2. Ilustrasi Gambar Binatang
gambar ilustrasi binatang

3. Ilustrasi Gambar Tumbuhan
gambar ilustrasi tumbuhan


Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Gambar Ilustrasi, Unsur, Jenis-Jenis, Fungsi, Teknik, dan Contohnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)