Pengertian Energi, Bentuk-Bentuk, Macam-Macam, Perubahan Bentuk, dan Sumbernya

01.53

Pengertian Energi, Bentuk-Bentuk, Perubahan Bentuk, dan Sumbernya




A. Pengertian Energi

Setiap objek di alam membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya. Energi adalah kemampuan untuk melakukan bisnis (kerja). Kata "energi" berasal dari bahasa Yunani kata ergon, yang berarti karya. Di SI, satuan energi adalah joule (J). Unit energi lainnya adalah erg dan kalori, di mana:
1 J = 107 ergs
1 J = 0,24 kalori
1 kalori = 4,2 J

Hukum pelestarian negara energi:

"Energi tidak bisa diciptakan dan tidak bisa dihancurkan, tapi energi bisa ditransformasikan dari satu bentuk ke bentuk yang lain."


B. Bentuk energi

1. Energi termal

Saat kita menyiapkan air, perhatikan apa yang terjadi pada teko / teko saat air mulai mendidih. Saat air mendidih, kelembaban yang akan timbul akan menggerakkan tutup / ketel. Ini karena air memiliki energi panas.

Energi panas (panas) timbul dari energi kinetik partikel penyusun. Jika suhu benda menjadi lebih tinggi, gerakan partikel dipercepat, sehingga energi panas menjadi lebih besar. Dengan demikian, energi panas (panas) adalah energi yang diciptakan oleh gerak partikel penyusunnya.

2. Listrik

Bisakah kita menyalakan TV dan radio tanpa listrik? Benda elektronik tidak akan terbakar bila tidak ada arus listrik, karena untuk menghidupkan energi yang dibutuhkan dihasilkan oleh arus listrik. Energi yang diciptakan oleh arus listrik ini disebut energi listrik. Alat itu bisa menghasilkan listrik, termasuk baterai, baterai dan generator.

3. Energi suara

Saat kita merobek senar gitar, kita mendengar gitar. Jika kita meregangkan senar lebih jauh, maka suara gitar akan terdengar lebih nyaring. Suara pada gitar adalah karena senarnya bergetar. Semakin banyak senar, semakin parah suaranya. Secara umum, semua objek getaran akan menghasilkan energi, disebut energi suara.

4. Energi ringan

Apa yang terjadi saat kita menyalakan lampu? Saat lampu menyala, area sekitarnya menjadi terang karena energi cahaya dari lampu. Semakin jauh dari sumber cahaya, semakin gelap energi cahaya akan turun. Energi cahaya adalah energi yang diciptakan oleh gelombang elektromagnetik.

5. Energi nuklir

Energi nuklir adalah energi yang dilepaskan oleh bahan radioaktif. Energi ini dihasilkan dari nukleus atom, yang membagi atau dua inti atom gabungan. Inklusi atau pembagian nukleus atom akan melepaskan energi luar biasa sebagai akibat perubahan inti atom.

C. Perubahan bentuk energi

Energi bisa berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya, misalnya:
Energi listrik menjadi energi panas. Contoh: setrika listrik, listrik dan sihir.
Energi listrik menjadi energi cahaya. Contoh: lampu fluorescent (TL) dan lampu pijar.
Energi kimia dalam listrik. Contoh: baterai dan baterai.
Energi listrik menjadi energi gerak. Contohnya: kipas angin dan motor listrik.
Energi gerak menjadi energi panas. Contoh: dua telapak disisir.

D. Sumber energi

Sumber energi dibagi menjadi dua: sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan.

1. Sumber energi terbarukan

Sumber energi terbarukan adalah jumlah energi yang tidak terbatas yang tersedia di alam. Misalnya angin, air dan matahari.

a. Energi angin
Energi angin banyak digunakan untuk memindahkan pompa air, menggiling biji-bijian dan sebagai pembangkit listrik. Untuk pembangkit listrik, kincir angin digunakan. Mesin pemintalan bisa menggerakkan turbin. Gerakan turbin akan memutar generator dan mengubahnya menjadi energi listrik. Kelemahan kincir angin adalah sebagai berikut.
Ukurannya besar, tapi memberi sedikit energi. Akibatnya, harga listrik per kWh lebih mahal dibanding bahan bakar fosil.
Kecepatan angin yang dibutuhkan harus tinggi. Kecepatan angin 12 m / s menghasilkan listrik 3 MW (megawatt). Ini berarti hanya beberapa daerah yang memiliki hak untuk berpartisipasi.

b. Energi air
Pindah air bisa memutar turbin sehingga bisa menghasilkan energi listrik. Air saat ini memiliki energi potensial dan energi kinetik yang signifikan. Air terjun digunakan untuk tenaga air (hydropower). Air terjun buatan bisa dibuat dengan membangun bendungan yang bisa berisi sejumlah besar air. Prinsip rekayasa tenaga air adalah sebagai berikut. Di belakang bendungan, permukaan air lebih rendah. Air dari bendungan dikirim melalui terowongan ke bagian belakang bendungan. Aliran air yang cepat ini mengubah turbin, lalu memutar generator untuk menghasilkan listrik. Hidrogenerator memiliki kelebihan seperti berikut ini.
Efektif dalam mendapatkan energi listrik.
Bisa digunakan untuk irigasi dan pariwisata.
Bendungan bisa menjadi sumber energi konstan (renewable).
Listrik murah, meski pembangunan bendungan mahal.

c. Energi surya
Energi surya mudah didapat dan tidak mencemari lingkungan. Ada dua jenis metode pengumpulan energi matahari: metode pasif dan metode aktif.
Metode pasif, sudah digunakan berabad-abad yang lalu oleh orang Romawi, untuk memanaskan air untuk mandi. Saat ini, bangunan tersebut diberi kaca untuk menerima panas dari energi matahari.
Metode aktif yang menggunakan panel surya untuk mengumpulkan dan menyimpan energi surya. Panel surya bisa mengubah energi matahari (solar energy) menjadi energi panas. Panel surya terbuat dari pelat gelap yang dilapisi kaca atau plastik transparan. Misalnya, panel surya pada pemanas air dipasang di atap rumah. Energi surya juga bisa digunakan untuk menggerakkan generator listrik di pembangkit tenaga surya. Dengan demikian, energi matahari selain menghasilkan energi panas juga bisa menghasilkan energi listrik. Instrumen yang digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik disebut sel surya (sel fotovoltaik). Misalnya, di kendaraan listrik tenaga surya dan kalkulator.

2. Sumber energi yang tidak terbarukan

Sumber energi yang tidak terbarukan adalah sumber energi, yang cadangan alamnya terbatas dan suatu hari akan habis dengan penggunaan terus-menerus. Sumber energi ini termasuk minyak, batu bara dan gas alam.

a. Minyak mentah
Minyak digunakan untuk bahan bakar. Produk olahan minyak bumi, seperti bensin, solar dan minyak tanah.

b. Batubara
Batu bara juga digunakan untuk bahan bakar. Harganya relatif lebih murah dibanding bahan bakar minyak.

c. Gas alam
Gas alam adalah bahan bakar alternatif yang relatif bersih. Biasanya digunakan untuk kompor gas dan minyak.

E. Upaya mengatasi krisis energi

Agar kekurangan energi, perlu dilakukan tindakan berikut.
Intensifikasi, intensifikasi dilakukan dengan memperbaiki penelitian, eksplorasi dan pengembangan sumber energi.
Diversifikasi, diversifikasi merupakan upaya diversifikasi sumber energi untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak.
Hemat energi, hemat energi hemat energi dan upaya rasional untuk menggunakan energi. Upaya ini bertujuan untuk melestarikan dan melindungi sumber energi dari kerusakan dan kerusakan, yaitu dengan menghemat energi. Penghematan energi dicapai melalui penggunaan energi alam, seperti energi air, serta produksi alat hemat energi.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Energi, Bentuk-Bentuk, Macam-Macam, Perubahan Bentuk, dan Sumbernya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)