Pengertian Daun, Fungsi, Struktur, Jenis-Jenis, Bentuk, dan Contohnya

01.51
Fungsi daun penuh, struktur partisi, jenis dan contoh. Pembaharuan artikel baru kali ini akan membahas pentingnya daun, fungsi daun, struktur daun, jenis daun dan contohnya. Daun adalah salah satu organ tanaman dari bagina yang tumbuh di cabang-cabang. Secara umum daunnya berwarna hijau, karena memiliki daun hijau atau zat klorofil, warna hijau daun memiliki fungsi utama, yaitu jebakan energi sinar matahari untuk fotosintesis. Daun adalah salah satu organ terpenting dalam kehidupan tanaman. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tanaman adalah organ autotral wajib, yang harus menyediakan kebutuhan energi mereka sendiri dengan mengubah sinar matahari menjadi energi kimia.



Daun adalah salah satu organ tanaman yang tumbuh dari batang, biasanya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan pada dasarnya berfungsi sebagai penangkap energi dari sinar matahari melalui fotosintesis. Daun adalah organ terpenting untuk tanaman dalam kehidupan mereka, karena tanaman merupakan autotrof wajib, mereka harus menyediakan kebutuhan energinya sendiri dengan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia.

Bentuk daunnya sangat beragam, tapi biasanya dalam bentuk untaian, bisa tipis atau tebal. Citra dua dimensi daun digunakan sebagai pembeda bentuk daun. Bentuk dasar daunnya bulat, dengan variasi bilah, aplikator atau elips dan memanjang. Bentuknya yang ekstrem bisa berbentuk kerucut.

Daunnya juga bisa dimodifikasi menjadi duri (misalnya pada kaktus), dan hasilnya, daunnya kehilangan fungsinya sebagai organ fotosintesis. Daun tanaman sukulen atau xerofitik juga dapat mengalami perpindahan fungsional di organ penyimpanan air. Daun segar (kiri) dan tua. Daun tua kehilangan klorofil sebagai bagian dari penuaan.

Warna hijau pada daun berasal dari kandungan klorofil pada daun. Klorofil adalah senyawa pigmen yang berperan dalam memilih panjang gelombang cahaya yang energinya diambil dengan fotosintesis. Sebenarnya, daunnya juga memiliki pigmen lain, seperti karoten (jeruk berwarna), xanthophyl (kuning) dan antosianin (merah, biru atau ungu, tergantung derajat keasamannya). Daun tua kehilangan klorofil, sehingga warnanya berubah kuning atau merah (terlihat pada daun daun).

Fungsi Daun


Berikut adalah fungsi dari fungsi sheet, termasuk:

1. Tempat permanen untuk fotosintesis
daun berfungsi sebagai tempat untuk fotosintesis - proses pengolahan atau produksi makanan dari karbon dioksida (CO2) melalui stomata dan air menjadi pati dengan bantuan energi cahaya. Pada tanaman dikotil tanaman fotosintesis ini terjadi pada jaringan parietal palisade, sedangkan pada tanaman monokotil fotosintesis ini terjadi pada jaringan spons.

2. Sebagai respirator
Di dalam daun ada stomata yang berfungsi sebagai respirasi atau sebagai respirator.

3. Sebagai alat reproduksi vegetatif
Daun sebagai alat reproduksi vegetatif contoh ini ditemukan pada tanaman bebek kelapa, yang membentuk kuncup daun. Daunnya berfungsi untuk mengalikan tanaman.

4. Atur proses transpirasi
Untuk proses penguapan air pada daun melalui mulut daun atau stomata dan kutikula, yang berada di permukaan dedaunan dan lebih pada bagian dasar daun. Namun, ini bisa mengurangi penguapan - inilah kutikula di permukaan daun.

5. Proses kehamilan
Karena proses kehamilan berarti daun menjadi cairan atau cairan berupa tetesan.

Struktur daun


Ada 2 struktur daun struktur internal daun dan struktur luar daun.

1. Struktur daun eksternal

daun ideal memiliki 3 bagian eksternal:
Batang daun, fungsi ini adalah untuk duduk di batang daun.
Batang daun (petiolus), secara fungsional menghubungkan permukaan tengah atau batang dengan pisau daun.
Daun daun (plate) adalah salah satu bagian terpenting dari sebagian besar daun, karena memiliki fungsi dasar daun, yang merupakan organ fotosintesis paling dominan. Bentuk pisau sangat beragam, bisa tipis atau tebal.

2. Struktur daun internal

Struktur atau struktur internal jaringan daun:

kulit ari
Epidermis adalah lapisan sel hidup terluar dari daun. Jaringan ini terbagi atas epidermis bagian atas dan epidermis bagian bawah. Fungsi epidermis daun adalah untuk melindungi jaringan di bawahnya.

Jaringan mesofilik
Jaringan ini terbagi menjadi 2, yaitu: jaringan jaringan palisade dan spons:

- Jaringan kain atau kain Palisade adalah jaringan yang mengandung banyak kloroplas yang berperan dalam proses memasak. Salah satu karakteristik jaringan palisade ini adalah silinder dan selnya yang kompak.

- Jaringan spongy atau jaringan spons - jaringan berongga dibandingkan dengan jaringan palisade. Kain spons berfungsi sebagai tempat penyimpanan stok makanan.

Transfer file

File untuk kapal pengiriman ini terbagi menjadi 2, yaitu Xilem atau kapal kayu, serta flotasi atau tangki filtrasi.

-Xilem (kapal kayu)
Pada akar, xylem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral ke daun, sedangkan di tangkai xylem berfungsi sebagai sponsor untuk aplikasi paksa tanaman.

-Floma (pembuluh saringan)
Flume ini berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman.
stomata
Stomata berfungsi sebagai organ pernafasan. Stomata melepaskan CO2 dari udara untuk fotosintesis dan menghilangkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stomata terletak di epidermis bawah. Selain stomata, tanaman tingkat tinggi juga bernafas melalui lensa yang terletak di tangkai.

Jaringan tambahan di sheet


Jaringan daun tambahan termasuk sel khusus, biasanya hadir dalam mesofil daun, misalnya sel kristal dan kelenjar.

Jenis Jenis Daun

Berikut adalah jenis daunnya:

Daun Skala
Skala daun atau cataphils umumnya ditemukan pada rimpang, daun kecil, kasar, pelindung yang mencakup dan melindungi ginjal. Daun daun atau kotiledon, dimodifikasi dengan biji, ditemukan pada tanaman embrio dan biasanya berfungsi sebagai organ penyimpanan.

Daun Penyimpan
Penyimpanan daun biasanya ditemukan pada umbi dan suksin, daun ini berfungsi sebagai organ penyimpanan makanan.

Duri dan Sulur
Spines dan antena biasanya ditemukan pada tanaman barberry dan kacang, daunnya dimodifikasi secara khusus untuk melindungi tanaman atau membantu dalam mendukung batang.

Duri
Jenis duri atau jarum ini termasuk beberapa tanaman tanaman konifera, seperti pinus, cemara, cemara, pohon salam dan lain-lain. Tanaman ini biasanya memiliki kutikula lilin dengan stomata cekung untuk membantu mencegah kekeringan, dan kebanyakan dari mereka memiliki saluran resin di kedua sisi sistem vaskular. Dipercaya bahwa resin membantu mencegah dan mencegah kerusakan pada serangga.

Paralel
Daun kering adalah vena yang memiliki banyak pembuluh darah. Pada dasarnya sejajar satu sama lain dan dihubungkan sepanjang sisi ke menit, pembuluh darah lurus. Pada jenis urat paralel yang paling umum, tanaman dari keluarga berumput biasanya ditemukan, di mana pembuluh darah mengalir dari pangkal ke daun. Jenis penempatan paralel lainnya dapat ditemukan pada tanaman, seperti pisang, callas dan pickels, dimana pembuluh darah paralel berjalan di sisi bagian tengah. Vena paralel terletak di bagian tanaman dari kelompok monocoque.

Menyirip
Jaringan inline atau retikuler kiri yang memiliki pembuluh darah dari cabang-cabang bagian tengah utama, kemudian dibagi menjadi pembuluh darah kecil, yang kemudian digabungkan menjadi jaringan yang kompleks. Sistem pembuluh darah ditangkap untuk membuat daun lebih tahan terhadap robek dari pada terukir sebagian besar daun sejajar. Jaringan retikuler retikuler ini bisa menjadi palmate yang dinyanyikan atau lumpuh. Pada pembuluh darah menyirip, pembuluh darah melebar menyamping dari tengah ke ujung, seperti daun pohon apel, ceri dan buah persik. Bintik vena terjadi pada maple anggur dan daun, di mana pembuluh darah besar melebar, misalnya tulang rusuk kipas, dari tangkai daun yang dekat dengan dasar pisau daun. Daun jaring implan berada di bagian tanaman dari kelompok Herb Plant.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Daun, Fungsi, Struktur, Jenis-Jenis, Bentuk, dan Contohnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)