Pengertian dan Mengenal Jenis Pasar, Pasar Uang dan Pasar Modal

11.11
Mengenal jenis pasar, pasar uang dan pasar modal - dalam siswamaster kali ini kita akan mencoba membahas ekonomi pasar seperti pasar uang dan pasar modal, dan penjelasan berikut.





Pasar atau pasar merupakan tempat pertemuan pembeli dengan penjual untuk melakukan transaksi ekonomi, yang terdiri dari penjualan atau pembelian barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi lainnya. Secara umum, konsep pasar tidak menunjukkan tempat atau tempat tertentu, hal ini karena pasar tidak memiliki batas geografis. Ketersediaan sistem jaringan komunikasi modern dapat menghilangkan hambatan atau batasan geografis sehingga penjual dan pembeli dapat berdagang tanpa harus saling melihat wajah masing-masing.

Pemahaman pasar, yang sedang kita bahas di sini, lebih terfokus pada pengertian ekonomi, yaitu dalam transaksi pembelian dan penjualan. Dalam ekonomi, definisi pasar didefinisikan sebagai volume permintaan dan penawaran menurut jenis barang atau jasa tertentu. Memahami pasar adalah permintaan, dan juga tawaran secara keseluruhan untuk layanan dan barang tertentu. Definisi pasar mengacu pada semua aktivitas penawaran dan permintaan, termasuk modal, sekuritas, tenaga kerja dan uang.

Pada prinsipnya, aktivitas ekonomi yang terjadi di pasar didasarkan pada kebebasan bersaing, baik untuk pembeli maupun penjual. Penjual memiliki hak untuk memutuskan barang atau jasa mana yang harus diproduksi dan didistribusikan. Sedangkan untuk pelanggan atau konsumen, mereka memiliki hak untuk membeli dan memilih barang atau jasa sesuai dengan tingkat daya beli.

Memahami Pasar

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar sangat penting bagi kehidupan. Hal ini disebabkan fakta bahwa jika ada kebutuhan yang tidak dapat dilakukan dengan sendirinya, mungkin ada kebutuhan akan pasar. Konsumen atau pembeli datang ke pasar untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan mereka, menghasilkan uang untuk membayar harganya. Inilah pemahaman pasar, menurut para ahli.

Memahami pasar menurut para ahli


William J. Stanton
William J. Stanton berpendapat bahwa konsep pasar adalah kumpulan orang yang memiliki keinginan untuk dipuaskan, uang yang digunakan untuk membeli, dan kemauan untuk mengeluarkan uang.

Wikipedia
Pasar adalah institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur dan infrastruktur di mana perusahaan menjual barang, tenaga kerja dan layanan ke kumpulan orang dengan imbalan uang.

Kotler dan Armstrong
Kotler dan Armstrong berpendapat bahwa konsep pasar adalah satu set pembeli riil, begitu juga dengan potensi produk atau jasa. Ukuran pasar itu sendiri tergantung dari jumlah orang yang menunjukkan tentang kebutuhan, memiliki kesempatan untuk melakukan transaksi. Banyak pemasar melihat penjual dan pembeli sebagai pasar dimana penjual mengirimkan produk dan layanan yang mereka hasilkan, serta untuk komunikasi atau komunikasi dengan pasar. Sebagai gantinya, mereka akan menerima uang dan informasi dari pasar ini.

KBBI
Menurut KBBI, pemahaman pasar adalah dimana sekelompok orang melakukan transaksi. Ini adalah tempat untuk jual beli, yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi atau asosiasi, dll. Untuk bisa mencari amal.

Handri Ma'aruf
Kata "pasar" memiliki tiga makna, antara lain:

  1. Pasar dalam arti "tempat" adalah tempat di mana Anda bisa bertemu penjual dengan pembeli.
  2. Pasar dalam arti "penawaran dan permintaan" adalah pasar sebagai tempat aktivitas transaksi jual beli.
  3. Pasar dalam arti "kumpulan anggota masyarakat yang memiliki kebutuhan dan daya beli" mengacu pada dua hal: daya beli dan kebutuhan. Pasar adalah sekelompok orang yang mencoba mendapatkan jasa atau barang dan memiliki kesempatan untuk membeli barang.

Jenis pasar

Jenis pasar terbagi menjadi 2, yaitu:


  1. Pasar spesifik adalah sebuah tempat penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi penjualan.
  2. Pasar Abstak adalah tempat penjualan dimana pembeli dan pembeli tidak perlu bertemu muka dengan muka.

Pasar Uang

Pasar uang adalah pasar yang diperdagangkan untuk dana jangka pendek dan sekuritas (kurang dari setahun). Dana pasar uang yang diterima dari:

  • Masyarakat umum
  • Bank
  • Lembaga keuangan non bank
  • Dana perusahaan dan publik yang berlebihan


Pasar Modal


Pasar modal adalah sebuah pasar yang diperdagangkan untuk dana jangka panjang (lebih dari satu tahun).

Pertukaran sekuritas adalah tempat penjualan sekuritas atau tempat pertemuan pesta dan pesta yang membutuhkan dana jangka panjang.

Efek adalah instrumen hutang jangka panjang (obligasi) modal, saham, sekuritas kredit dan surat berharga lainnya.


Peserta di pasar modal antara lain:


  • Emiten adalah penerbit surat berharga (yang menawarkan sekuritas untuk penjualan atau perdagangan). 
  • Perusahaan efek adalah perusahaan yang beroperasi sebagai underwriter, broker, manajer investasi, penasihat investasi.


Keunggulan pasar modal


  • Modal tambahan untuk perusahaan
  • Keuntungan dari perusahaan
  • Meningkatkan proxy
  • Dapat menerima pendapatan dari aktivitas pertukaran
  • Peningkatan pajak dan promosi pertumbuhan ekonomi

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)