Pengertian Bioteknologi, Macam-Macam, Manfaat dan Dampaknya

19.36
Pembaruan baru ini akan membahas pemahaman bioteknologi, bioteknologi, manfaat bioteknologi, dampak bioteknologi. Secara harfiah bioteknologi terdiri dari dua kata, yaitu: biologis, yang berarti kehidupan dan teknologi, yang berarti ilmu terapan. Dengan demikian, definisi bioteknologi adalah ilmu atau teknologi terapan yang menggunakan makhluk hidup sebagai komponen penting dalam produksi produk atau barang atau jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.



Menurut Wikipedia, Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari penggunaan makhluk hidup (seperti virus, jamur, bakteri dan lain-lain) atau produk yang dihasilkan dari makhluk hidup (seperti enzim atau alkohol) dalam produksi barang dan berguna untuk orang.

Macam-Macam jenis bioteknologi

Ada 2 jenis spesies bioteknologi, yaitu: bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern

1. Bioteknologi biasa

Pengertian bioteknologi atau bioteknologi tradisional adalah penerapan bioteknologi tradisional, yang telah digunakan sejak sains belum berkembang dengan pesat, bioteknologi tradisional terbatas pada peran organisme dalam fermentasi dalam skala kecil, dan proses produksinya masih sangat sederhana. Contoh aplikasi umum di bidang bioteknologi dapat ditemukan dalam produksi makanan atau produk makanan, seperti tape, wine, tauko, oncoy, kecap, tempe, dll.

2. Bioteknologi modern

Konsep bioteknologi modern adalah serangkaian metode yang melibatkan manipulasi gen, sel dan jaringan hidup secara sengaja dengan cara yang dapat diprediksi dan dikendalikan untuk mengubah organisme atau menghasilkan jaringan modern. Contoh bioteknologi modern meliputi bayi tabung, produksi hormon pertumbuhan manusia, antibiotik, vaksin malaria, hormon BST, hewan transgenik, tanaman tahan hama, dan domba Dolly.

Keuntungan Bioteknologi

Keunggulan bioteknologi dalam kehidupan manusia meliputi:

  1. Menghasilkan obat yang lebih efektif dan murah. Salah satu contohnya adalah produksi hormon insulin dari isolasi gen E. coli Bekteri.
  2. Menghasilkan antibiotik untuk penghancuran penyakit berbahaya.
  3. Mengurangi polusi, beberapa bakteri yang bisa membantu mendaur ulang
  4. Meningkatkan produk pertanian dari tanaman GM, karena memiliki ketahanan tinggi terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem dan tidak mudah terserang hama.
  5. Pro dan kontra bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern
  6. Keuntungan dan kerugian dari bioteknologi tradisional
  7. Keuntungan / manfaat bioteknologi tradisional
  8. Meningkatkan nilai gizi makanan dan minuman.
  9. Pembentukan sumber makanan baru, seperti air kelapa untuk nata de coco.
  10. Membuat produk lebih awet, misalnya acar.
  11. Periklanan
  12. Biaya yang dibutuhkan lebih murah

Kerugian bioteknologi konvensional

  1. Tidak mungkin memecahkan masalah ketidakcocokan genetik
  2. Peningkatan sifat genetik yang tidak diinginkan
  3. Hasilnya tidak bisa ditebak
  4. Mereka cukup lama menghasilkan tegangan baru
  5. Tidak mungkin mengatasi keterbatasan alami dalam sistem pertumbuhan tanaman, seperti hama

Keuntungan dan kerugian dari bioteknologi modern

Keuntungan / keuntungan dari bioteknologi modern

  1. Di bidang pertanian dan peternakan, bioteknologi modern dapat menciptakan benih unggulan yang akan memasok produk berkualitas tinggi dalam kualitas dan kuantitas, meningkatkan ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit tanaman.
  2. Di bidang lingkungan dan konservasi, bioteknologi modern dapat memecahkan masalah konservasi spesies langka dan terancam punah. Dengan teknologi transplantasi nuklir, hewan / tumbuhan langka bisa disimpan.
  3. Di bidang kesehatan, mampu menciptakan obat untuk penyakit. Sebagai kelainan genetik dengan terapi gen, insulin, antibiotik, antibodi monoklonal dan vaksin.
  4. Di bidang industri, bioteknologi modern dapat menciptakan penghancuran hama secara biologis (misalnya Bacillus thuringensis) dan budaya berbahaya yang dimasukkan ke dalam gen bakteri.
  5. Di bidang pertambangan, bioteknologi modern bisa digunakan untuk mengolah bijih besi untuk membantu orang memecahkan masalah sumber energi.

Kekurangan / Dampak bioteknologi modern

  1. Ada masyarakat yang percaya bahwa penyisipan makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya bertentangan dengan nilai budaya dan melanggar hukum alam.
  2. Penyisipan gen babi ke semangka dapat menyebabkan konsekuensi bagi penganut agama tertentu.
  3. Membuat celah antara negara / perusahaan yang menggunakan bioteknologi, dengan mereka yang belum menggunakan bioteknologi.
  4. Melepaskan organisme transgenik dari alam dapat merusak keseimbangan alam dan stabilitas organisme.
  5. Hal ini dapat menyebabkan kontaminasi biologis, karena jika makhluk hidup transgenik bebas jatuh ke alam liar dan pasangan dengan makhluk normal, mereka dapat mengembangkan keturunan mutan.

Perbedaan bioteknologi konvensional dan modern

Perbedaan bioteknologi tradisional dan bioteknologi modern dapat dilihat pada tabel berikut:

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Pengertian Bioteknologi, Macam-Macam, Manfaat dan Dampaknya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)