Pengertian Batang Tumbuhan, Fungsi, Sifat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Strukturnya

06.24
Pengertian Batang Tumbuhan, Fungsi, Sifat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Strukturnya, Fungsi batasng lengkap tanaman, sifat, jenis Macam-Macam dan struktur. Pembaharuan artikel baru ini akan membahas pemahaman batang tanaman, fungsi batang tanaman, sifat batang, berbagai batang, struktur batang. Batang adalah bagian utama tanaman yang berada di atas tanah, yang berfungsi untuk menunjang bagian tanaman lainnya seperti daun, bunga dan buah-buahan. Struktur batang lebih rumit dari pada akar, dimana batang memiliki segmen dan antar bagian. Bunga akan muncul di tangkai daun dan daun. Cabang yang terpisah pada tangkai tanaman berfungsi untuk posisi daun dalam posisi yang memungkinkan daun untuk menerima sinar matahari untuk fotosintesis.


Pengertian Batang Tumbuhan

Batang (caulis) adalah bagian dari organ utama tanaman vaskular. Stok adalah poros tanaman, dimana semua organ lainnya tumbuh dan tumbuh. Daun dan akar organ tanaman, yang merupakan kelanjutan dari perkembangan batang untuk melakukan fungsi yang lebih khusus


Batang adalah bagian kedua dari organ tanaman setelah akar. Batang yang menghubungkan dengan akar, teruskan jus makanan yang dibawa oleh akar melalui jaringan pembawa. Pada beberapa spesies tanaman, batang berfungsi sebagai tempat penyimpanan stok makanan, misalnya pada ubi jalar dan kentang. Batang biasanya di atas permukaan tanah. Ada tiga jenis batang tanaman: batang kayu, batang air (batang lembab) dan batang rumput (berongga). Seperti akarnya, titik itu juga tumbuh di ujung batang. Titik pertumbuhan batang biasanya tidak memiliki pelindung khusus, namun dressingnya akan berfungsi sebagai pelindung. Di ujung batang ada tiga bidang pembangunan, misalnya di ujung akar. Bagian batang sesuai dengan irisan memanjang terdiri dari zona Meristem, zona ekspansi dan zona kematangan (diferensial).


Batang adalah bagian yang sangat penting dari tubuh tanaman dan merupakan tempat dan posisi batang untuk tubuh tanaman. Batangnya bisa dibandingkan dengan poros bodi tanaman.

Fungsi Batang


Fungsi pokok meliputi:

  • Untuk mendukung bagian tanaman lainnya seperti daun, bunga dan buah-buahan.
  • Bagaimana rute pengangkutan air dan nutrisi dari fotosintesis
  • Mendukung proses pernapasan, karena oksigen bisa masuk ke dalam linticulum
  • Sebagai tempat pelekatan bagian tanaman lainnya, seperti daun, bunga dan buah-buahan.
  • Sebagai pendukung atau pendukung, agar tanaman tetap tegak lurus
  • Sebagai alat propagasi vegetatif dengan metode transplantasi
  • Sebagai tempat menyimpan stok makanan, seperti sagu


Sifat Batang


Properti konektor:

Batang sayuran adalah fototrof yang memiliki arah pertumbuhan ke atas atau ke arah cahaya.
Pertumbuhan batang, sebagai aturan, tidak terbatas.

  • Pada batang tanaman monokotil ada segmen batang yang berbeda
  • Pada batang tanaman, batang segmental segmental tidak terlihat dengan jelas.
  • Beberapa jenis tumbuhan bisa dibedakan dari bagian lain. Misalnya pada peti kelapa
  • Sekarang, juga pada batang daun batangnya, misalnya tangkai jagung.
  • Pada tanaman Gymnospermae (tanaman benih terbuka) hanya terdiri dari tanaman berkayu
  • Pada tanaman, angiosperma (tanaman biji yang tertutup) terdiri dari tanaman parit lembab, tangkai rumput, batang kayu dan tangkai kayu.

Ciri-Ciri Batang Tanaman:

  • Memiliki bentuk bulat panjang, seperti silinder, atau bisa berbentuk lain, tapi selalu actinomorphic, artinya ada beberapa bidang yang terbagi menjadi dua bagian simetris.
  • Batangnya terdiri dari segmen - setiap segmen dibatasi oleh buku, dan di buku ini ada daun.
  • Batangnya biasanya tumbuh ke atas, cahaya itu termasuk pada phototropic / heliotrope.
  • Batang tanaman selalu tumbuh lama di ujungnya. Batang yang disebut memiliki pertumbuhan tak terbatas.
  • Batangnya bercabang dan selama hidupnya pertumbuhannya tidak terganggu, kecuali cabang kecil atau cabang langka.
  • Batang biasanya tidak berwarna hijau, kecuali tanaman berumur pendek. Misalnya rumput dan waktu batangnya masih muda.


Jenis Batangnya


Berikut adalah berbagai jenis batang tanaman, antara lain:

Tangkai basah
Batang basah (rumput) adalah tangkai yang lemah dan berair, seperti bayam dan resep.

Batang herbal
Rumput batang (soothing) adalah tangkai yang tidak padat dan terlihat seperti segmen BERUA. Sering di dalam sebuah bar berongga, seperti ara.

Batang Mendong
Kelenjar Mendong (kalamus) adalah batang yang terlihat seperti rumput, namun segmennya lebih panjang. Misalnya, batang mendong dan wlingi.

Peti kayu
Batang pohon (lignos) adalah batang kayu yang kokoh dan kuat, atau sebatang pohon atau semak belukar. Batang kayu berupa pohon, misalnya tanaman jati. Batang kayu berbentuk semak belukar, misalnya sidoguri.

Struktur batang


1. Epidermis
Epidermis adalah bagian dari batang, yang terdiri dari lapisan sel yang terletak rapat tanpa ruang interselular dan kutikula. Jaringan epidermis yang memproduksi sel selalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang. Fungsi utama epidermis adalah lapisan pelindung kekeringan. Tanaman tanaman dicot memiliki lapisan epidermis dalam bentuk korteks yang terbentuk dari gabus. Kain gabus tidak bisa menembus ke dalam air dan gas. Akibatnya, kain sumbat memiliki celah dalam bentuk lensa untuk mendukung perubahan gas.

2. Kulit
Kulit kayu adalah bagian dari batang, yang terdiri dari batang tisu yang terbuat dari kloroplas. Sel-sel berdinding tipis dan tidak teratur diatur dengan ruang interselular agak luas. Beberapa ramuan memiliki jaringan sklerenkhar sebagai jaringan penguat di kulit batang, sedangkan hutan pinus atau tanaman konifer biasanya tidak memiliki jaringan penguat.

3. Endodermis
Endodermis adalah lapisan kortikal terdalam dan batas pada silinder pusat. Lapisan ini telah terbentuk dan elemen khas. Lapisan sel yang membentuk batas antara kulit kayu dan silinder pusat pada akar biasanya disebut endodermis, namun lapisan serupa pada batangnya, banyak di antaranya mengandung butiran tepung. Jadi endoderm batangnya juga disebut cangkang tepung (floeoterma).

4. Pusat silinder
Silinder tengah atau stadia adalah batang yang terdiri dari beberapa jaringan, seperti bearing, core dan pericambian beam. Pericambium atau perisikel adalah lapisan sel yang paling ekstrim dari silinder pusat. Di dalamnya ada jaringan parenkim dengan kapal-kapal induk. Berkas pembawa terdiri dari xilem dan floem, yang merupakan kelanjutan dari xylem dan frase akar. Pitt terletak di tengah atau inti batang, terdiri dari jaringan parenkim. Pada beberapa batang tanaman, selama masa pertumbuhan, inti cukup rusak untuk membentuk ruang antar sel. Beberapa batang tanaman memiliki saluran jus yang terletak di silinder tengah.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Pengertian Batang Tumbuhan, Fungsi, Sifat, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Strukturnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)