Pengertian Adaptasi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Contohnya

06.01
Memahami kemungkinan adaptasi, jenis / jenis adaptasi dan contohnya. Dalam artikel baru, kita akan membahas konsep adaptasi, jenis / jenis adaptasi dan contohnya. Adaptasi adalah kemampuan organisme hidup atau organisme untuk beradaptasi dengan lingkungan atau cara organisme atau makhluk hidup mengatasi stres lingkungan untuk tujuan bertahan hidup.




Tujuan Adaptasi

Tujuan adaptasi terhadap lingkungan makhluk hidup adalah bahwa mereka mampu:

  • Mendapatkan makanan
  • Mengatasi kondisi fisik lingkungan
  • Lindungi diri Anda dari musuh atau predator alami
  • Putar
  • Melacak perubahan lingkungan

Organisme atau makhluk hidup yang bisa beradaptasi akan bertahan, sementara mereka yang tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya akan mengalami hilangnya spesies atau kekurangan (definisi seleksi alam).


Jenis-Jenis Adaptasi

Adaptasi dibagi menjadi 3 jenis: adaptasi morfologi, adaptasi terhadap fisiologi dan adaptasi perilaku:

1. adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi adalah cara menyesuaikan bentuk tubuh dengan bantuan alat yang ada di dalam tubuh atau makhluk hidup di lingkungannya. Atau, sederhananya, adaptasi morfologis adalah adaptasi yang mencakup bentuk tubuh makhluk hidup. Adaptasi morfologis dapat dengan mudah diamati, karena perubahan terjadi di luar tubuh atau bentuk tubuh, seperti bentuk paruh, bentuk kaki, atau keseluruhan bentuk tubuh.

Berikut adalah contoh adaptasi morfologi:

Contoh adaptasi morfologi pada manusia:

  1. Kulit manusia menjadi lebih gelap jika berada di tempat yang panas
  2. Rambut kecil di kulit seseorang akan berdiri jika suhu udara rendah
  3. Jika dia sudah tua, maka rambut manusia akan menjadi abu-abu.


Contoh adaptasi morfologi pada hewan:

  1. Bebek memiliki selaput di kakinya untuk mencari makanan di tempat tidur air
  2. Pelicones memiliki paruh paruh dengan mudah membawa makanan untuk anak-anak mereka
  3. Harimau itu memiliki taring untuk dengan mudah merobek mangsanya.


2. Adaptasi fisiologis
Adaptasi fisiologi adalah cara menyesuaikan fungsi bagian organ tubuh di lingkungan. Atau, sederhananya, adaptasi fisiologi adalah adaptasi yang melibatkan fungsi alat tubuh yang bisa menjadi enzim yang diproduksi oleh organisme. Ada adaptasi fisiologis yang kembali ke keadaan awal atau reversibel.

Berikut adalah contoh adaptasi fisiologis:

Contoh adaptasi fisiologis pada manusia

  1. Atlet rata-rata memiliki ukuran jantung yang melebihi ukuran jantung kebanyakan orang.
  2. Bila suhunya dingin, orang cenderung mengeluarkan lebih banyak air kencing
  3. Dapatkah seseorang berkeringat saat sedang panas? Dengan pelepasan keringat, tubuh akan menjadi dingin, karena panas tubuh dikeluarkan untuk menguap keringat di permukaan tubuh.
  4. Jumlah orang dengan sel darah merah yang tinggal di daerah pesisir kurang dari orang yang tinggal di daerah pegunungan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tekanan parsial oksigen di zona pesisir lebih besar daripada gunung. Jika tekanan parsial oksigen rendah, diperlukan lebih banyak eritrosit untuk mengikat oksigen.
  5. Mata manusia akan menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang diterimanya. Saat di tempat yang gelap muridnya terbuka lebar. Dan sebaliknya, jika di tempat yang terang siswa akan mempersempit. Dilatasi atau penyempitan pupil merupakan upaya untuk mengatur intensitas cahaya.


Contoh Adaptasi terhadap fisiologi pada hewan

  1. Konsili hewan ruminansia, seperti kambing, sapi, kerbau. Makanan hewan ini adalah rumput, di dalam saluran pencernaan enzim selulase hewan adalah enzim yang berfungsi untuk mencerna selulosa yang membentuk dinding sel tanaman. Dengan enzim selulase, makanan menjadi lebih mudah dicerna.
  2. Di punuk ada sekantong air, sehingga airnya sudah mabuk di padang pasir untuk waktu yang lama.
  3. Ghosts memiliki tampilan dan pendengaran yang sangat tajam, sehingga Anda bisa melihat di malam hari
  4. Seekor anjing segel memiliki lapisan lemak tebal untuk bertahan di daerah yang dingin, menjaga agar tubuh tetap hangat.
  5. Cats, jika kucing sedang bersembunyi, metabolisme tubuh kucing akan berkurang untuk mengurangi jumlah air yang hilang dalam tubuh.


Contoh adaptasi fisiologis tanaman:
-Bromelia Bunga merah dan beberapa jenis anggrek mampu menarik perhatian serangga penghisap madu, terutama lebah. Bunga-bunga ini menciptakan cita rasa khusus yang bisa menarik serangga untuk mendekati. Tidak disengaja, saat serangga menyebalkan bunga nektar, maka banyak serbuk sari melekat pada tubuhnya. Kemudian, bila menyangkut warna lain, serbuk sari akan jatuh di kepala putiknya. Lalu ada penyerbukan.

Memahami kemungkinan adaptasi, jenis / jenis adaptasi dan contohnya. Dalam artikel baru, kita akan membahas konsep adaptasi, jenis / jenis adaptasi dan contohnya. Adaptasi adalah kemampuan organisme hidup atau organisme untuk beradaptasi dengan lingkungan atau cara organisme atau makhluk hidup mengatasi stres lingkungan untuk tujuan bertahan hidup.

3. Adaptasi perilaku
Adaptasi perilaku adalah adaptasi atau penyesuaian dalam bentuk perubahan perilaku. Contoh adaptasi perilaku pada hewan adalah paus, yang terkadang sampai ke permukaan untuk menghilangkan udara, bunglon mengubah warna kulitnya, mengingatkan pada tempat berengsel.

Begitulah artikel tentang definisi adaptasi lengkap dengan berbagai jenis / tipe adaptasi dan contoh. Semoga bermanfaat

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Loading...
Pengertian Adaptasi, Tujuan, Jenis-Jenis dan Contohnya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)