Negara-Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

07.09
Pada kesempatan ini, saya akan memberi tahu negara mana untuk pertama kalinya menanggapi dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Seperti yang saya bahas kemarin dalam sebuah artikel berjudul "Diseminasi berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia", penyebaran proklamasi kemerdekaan sangat penting untuk mendapatkan pengakuan dari negara itu sendiri (Indonesia) dan mendapatkan pengakuan internasional. Kita sudah tahu bahwa semua lapisan bangsa Indonesia menerima kabar ini dengan antusias dan gembira, menciptakan dan memperluas semangat revolusi bangsa yang kuat, hal ini tercermin dalam slogan-slogan atau tangisan yang mereka tulis dan jeritan saat mereka saling bertemu. Nah, dengan paparan ini, kita akan mencoba untuk mengidentifikasi negara mana yang pertama merespons / mengenali kedaulatan negara Indonesia.



Saya juga menyebutkan di artikel sebelumnya bahwa negara akan menerima pengakuan sebagai negara berdaulat atau independen secara penuh jika negara tersebut dapat memenuhi empat syarat berikut:

  1. Apakah wilayahnya?
  2. Memiliki orang (yaitu, semua orang mendukung)
  3. Berdaulat dan memiliki lembaga negara (peradilan, legislatif, eksekutif dan lainnya)
  4. Menerima pengakuan dari negara lain secara de facto (nyata) dan de jure (hukum).


Namun penting untuk dicatat di sini bahwa ada berbagai analisis dari berbagai data historis yang menyebutkan siapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Baru-baru ini, perbedaan ini tertinggal. Perbedaan ini mungkin terlihat dari keadaan dan pergolakan dunia pada saat itu yang diserang oleh Perang Dunia Kedua dan masih oleh kolonialisme dan imperialisme di beberapa negara, terutama di Asia dan Afrika. Karena itu, saya tidak akan mempertanyakan apa yang akan saya bahas jika saya menempatkan negara terlebih dahulu, padahal pendapat anda berbeda. Ada juga yang tidak perlu menjadi masalah, mengingat bahwa di beberapa negara saya menyebut negara yang disebut-sebut sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Sudah waktunya untuk diskusi utama. Saya pikir negara pertama yang mendeklarasikan Indonesia sebagai negara merdeka adalah Mesir. Mengapa saya memilih Mesir sebagai negara pertama? Hal ini didasarkan hanya pada kenyataan bahwa saya mengetahui hal ini, karena saya belajar di sekolah dasar kelas 6 ketika saya mempelajari sejarah, dan, menurut pendapat saya, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa dia mengubah posisinya dari hati, dan .. dari yang pertama Hehe ...


Negara Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946. Kemudian, pada tanggal 10 Juni 1947, Mesir mengakui kedaulatan negara RI de jure. Ini ditandai dengan penandatanganan resmi sebuah kesepakatan persahabatan antara Indonesia dan Mesir. Kemudian, sehubungan dengan kesepakatan persahabatan, pemerintah NKR menciptakan kedutaan besar pertama Republik Indonesia di luar negeri. Selanjutnya, negara-negara Timur Tengah atau Liga Negara-negara Arab secara konsisten mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Fakta ini, diungkapkan oleh A.H. Nasution, berikut ini:

"Oleh karena itu, perlu dicatat bahwa negara-negara Arab paling awal mengakui Republik Indonesia dan pertama-tama mengirim misi diplomatik mereka ke Jojo, dan paling awal dalam membantu diplomat Indonesia di luar negeri, Mesir, Suriah, Irak, Arab Saudi, Jim, memimpin de jure RI Afghanistan dan Iran, Turki mendukung RI. Fakta adalah hasil perjuangan revolusi diplomat kita-2, dan simpati yang meluas kepada RI di negara-negara Timur Tengah adalah modal perjuangan kita yang terus berlanjut, perjuangan yang didefinisikan pada tahun 1945 oleh Konstitusi: "untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan tatanan dunia berdasarkan kebebasan, keadilan abadi dan keadilan sosial ".

Sementara itu, negara Palestina secara de facto diakui sebagai negara merdeka satu tahun sebelum kemerdekaan Indonesia pada tanggal 6 September 1944. Pengakuan menyebar di seluruh dunia Islam sebagai Mufti besar Syi'ah Palestina Muhammad Amin Al-Husaini. Pengakuan kemerdekaan Indonesia ini bertepatan dengan janji Jenderal Kuniaki Koizo (P. M. Jepang) tentang kemerdekaan negara Indonesia.

Ada juga pendapat bahwa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia secara de facto dan de jure adalah Vatikan, tanah Sri Paus. Jika untuk wilayah Eropa ini bisa menjadi negara pertama (maaf, saya tidak punya sumber untuk ini), tapi kalau yang pertama di dunia sudah cukup banyak pernyataan dari para pelaku cerita di atas, yaitu A.H. Nasution menyangkal hal ini.

Sedangkan gembongnya kolonialisme di Indonesia yakni Belanda, baru secara resmi mengakui kemerdekaan negara RI pada tanggal 16 Agustus 2005. Eh ngotot banget si Londo pingin tetap menguasai Indonesia. Di kira sama apa keadaan Indonesia yang dulu dengan yang sekarang !!!

Sementara Kolonialisme yaitu Belanda,  baru secara resmi mengakui kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 16 Agustus 2005.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai