Menjaring Pembeli Dengan Teknik Storytelling

08.05


Kebanyakan orang senang melihat atau mendengarkan sebuah cerita atau dongeng. Lewat cerita kita bisa menyampaikan berbagai informasi dan bermacam pesan yang bisa  bisa menggugah hati orang yang menyimaknya.

Dalam marketing juga dikenal cara untuk memasarkan barang melalui cerita atau lebih dikenal dengan sebutan storytelling. Kegiatan ini digunakan untuk menggaet  konsumen agar lebih paham dan lebih mengenal tentang produk yang dipasarkan tersebut. Meskipun terbilang kuno namun teknik pemasaran ini terbilang efektif untuk meloyalkan konsumen.


Menurut Guido Everaert: Storytelling bukan tentang bahasa, ini tentang bagaimana  menceritakan dan menciptakan cerita dengan cara yang menarik. Ini tentang menemukan metafora yang tepat, dan di atas semua struktur di mana untuk menceritakan sebuah cerita. Dalam melakukannya, pendongeng (penjual)  menciptakan kembali bagian dari kehidupan dan menghasilkan sebuah cerita yang mudah diingat dan unik untuk merek tertentu.

Teknik marketing storytelling menuntut seorang marketer atau penjual untuk melakukan pendekatan dengan komunikasi yang baik kepada konsumennya. Bagaimana menyelipkan pesan “iklan” dalam cerita tersebut sehingga konsumen merasa produk yang anda tawarkan memang mereka butuhkan. Bahkan dengan perasaan yang timbul tersebut bisa menjadi efek domino dan disebarkan ke orang lain.

Sebagai bukti, terkadang anda rela meluangkan waktu sejenak untuk sekedar menonton video yang ditautkan di timeline facebook anda. Jika video tersebut bermanfaat, bukan tidak mungkin anda akan membagikannya ke keluarga, teman terdekat, ataupun orang lain.

Teknik storytelling ini kembali populer dan digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk meningkatkan penjualannya. Bahkan tokopedia, salah satu toko online terbesar di Indonesia juga beriklan menggunakan cara storytelling. Ide bisnis, peluang usaha, dan ajakan untuk berwirausaha mereka tampilkan lewat video sukses story.

Storytelling baru akan berhasil lewat konten marketing yang disusun dengan baik dan diceritakan dengan cara yang menarik pula. Jika salah satunya saja tidak terpenuhi boleh jadi tidak akan memancing emosi konsumennya. Teknik marketing storytelling yang baik tentunya akan mengarahkan pandangan konsumen, memancing emosinya dan meransang konsumen untuk mendapatkan apa yang ingin mereka dengar dan apa yang ingin mereka bagi.

Meningkatkan Penjualan dengan Optimasi Storytelling
Apa jadinya jika sebuah produk dipasarkan dengan teknik pemasaran yang dioptimasi. Tentunya permintaan produk akan meningkat dan anda sudah tentu tahu seperti apa kelanjutannya.

Sebuah produk dipasarkan melalui internet lewat sebuah Konten unik, dimana penulisan konten marketing yang memenuhi syarat SEO “Search Engine Optimization” dan dibagikan tidak hanya lewat situs dan blog tetapi juga sosial media. Kekuatan ini yang mendorong produk tersebut berada dalam posisi pencarian teratas di halaman utama mesin pencari. Berada diposisi pertama tentunya memperbesar peluang penjualan produk yang anda jual.

Seperti itulah kira-kira teori dalam meningkatkan penjualan dengan menggabungkan beberapa teknik marketing.

Jika anda tertarik, Silahkan mencobanya !

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Menjaring Pembeli Dengan Teknik Storytelling | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)