Mengenal Trypophobia, Kondisi Psikologi Misterius Saat Berhadapan dengan Lubang-Lubang Kecil

00.03
Baru-baru ini, foto virus objek dengan banyak lubang menyebar di dunia maya. Foto itu disertai artikel atau tulisan tentang triphophobia, yang merupakan ketakutan akan lubang kecil. Singkatnya, pembaca yang merasa ngeri atau jijik setelah melihat foto-foto ini mungkin memiliki keadaan psikologis yang unik.

Foto dan syarat Trypophobia populer tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Semua orang ingin tahu apakah dia memiliki fobia atau tidak. Banyak yang mendiagnosis dirinya sebagai orang yang memiliki fobia di dalam lubang kecil, tapi mereka tidak begitu mengerti apa itu triphophobia. Sebelum Anda menentukan apakah Anda memiliki ini, mari kita lihat penjelasan tentang fobia populer ini.





Bukan penyakit

Benda berongga bukan ancaman, jadi tidak ada penjelasan pasti mengapa mereka tampak mengerikan bagi beberapa orang [Sumber gambar]
Triphobobia benar-benar bisa mengganggu kehidupan. Bayangkan saja, Anda harus terkejut saat melihat busa di secangkir kopi atau merasa bahwa Anda membuangnya saat melihat lubang di bika ambon yang akan Anda makan. Meski situasi ini membuat Anda tidak nyaman, tapi dari sudut pandang medis, triphobobia tidak tergolong penyakit. Beberapa penelitian belum menyimpulkan bahwa kondisi ini cukup serius untuk disebut penyakit.
Reaksi bervariasi

Pukulan di pancake sudah cukup untuk membuat tremor truffy-fobia



15% dari populasi memiliki triphophobia. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap benda dengan lubang kecil. Ada yang mengira ini normal, ada yang kaget, ada yang terguncang saat ada sesak nafas. Seorang psikolog di University of Essex menyebutkan bahwa reaksi lebih menjijikkan daripada rasa takut, sehingga tidak sesuai, jika disebut fobia.

Sebab tidak dapat dibangun

Ada berbagai hipotesis dan asumsi untuk mengetahui apa yang bisa menyebabkan triphobobia. Fobia sebenarnya biasanya disebabkan oleh peristiwa menakutkan di masa lalu. Namun, triphobobia tidak secara resmi disebutkan sebagai fobia, jadi penyebabnya tidak bisa dikaitkan dengan masa lalu.

Gurita berkepala biru memiliki pola yang mirip dengan lubang kecil [Sumber Gambar]
Dalam sebuah penelitian, salah satu informan, yang menderita triphophobia, mengungkapkan ketakutannya akan cincin gurita biru. Kemudian para peneliti sampai pada kesimpulan bahwa salah satu alasan untuk triphophobia dapat disebabkan oleh kesamaan benda berongga dengan hewan beracun. Seperti kita ketahui, hewan yang berbahaya memiliki kulit dengan pola yang atraktif. Naluri kita bisa memberi tahu kita bahwa segala sesuatu dengan gambar yang menarik itu berbahaya, dan itu harus dihindari.

Tidak mudah untuk menemukan dari Internet

Beberapa foto tersebar untuk memastikan bahwa seseorang yang mengalami triphophobia biasanya merupakan kulit yang dilubangi. Sementara tryptophobia tidak ada kaitannya dengan kulit tangan. Bukan hanya mereka yang memiliki triphobobia saja, tapi semua orang akan merasa jijik jika melihat kulitnya yang cekung atau gambar benda yang penuh dengan jamur.

Selain itu, foto yang diunduh di Internet diedit agar lebih kontras dan jelas, jadi lebih mudah untuk memancing rasa takut dan jijik seseorang daripada saat mereka melihat benda yang sebenarnya. Beberapa di antaranya hanyalah gambar teknik yang tidak akan kita temui di dunia nyata. Foto tidak bisa menentukan apakah kita mengalami triphophobia atau tidak.

Tidak mudah untuk menghapus

Asalkan itu telaten, berbagai masalah psikologis bisa disembuhkan. [Image source]
Triphobobia tidak bisa dilepas dengan cara ini. Seperti fobia dan kondisi psikologis lainnya, Anda perlu menjalani terapi dan sesi hipnosis untuk menghilangkan ketakutan Anda dalam lubang kecil. Banyak waktu berlalu, tapi sangat efektif.

Meski sangat populer, namun secara ilmiah, triphobobia masih dianggap teka-teki. Alasannya tidak diketahui secara pasti, dan reaksinya unik, sehingga bisa disebut fobia. Satu hal yang pasti bahwa kondisi ini dapat dihapus dari kita dengan bantuan psikolog sehingga Anda, yang memiliki perasaan, jangan khawatir.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Mengenal Trypophobia, Kondisi Psikologi Misterius Saat Berhadapan dengan Lubang-Lubang Kecil | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)