Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

00.45

Pada sekitar tahun 1995 pemerintah indonesia mengkampanyekan makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Didalam konsep makanan sehat ini adalah sebenarnya makanan yang mengandung 4 sumber nutrisi seperti makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran dan buah di sempurnakan dengan susu.
Apabila kita membiasakan makanan 4 Sehat 5 Sempurna ini secara rutin, maka dampak pada kesehatan tubuh Anda sangat baik, karena kandungan zat gizinya dapat terjaga dengan baik. Akan tetapi juga tentunya harus dibarengi dengan rutin berolahraga dan meminum air putih yang cukup untuk tubuh supaya kebugaran tubuh selalu terjaga.
Berikut ini saya akan merinci kandungan yang terdapat pada makanan 4 Sehat 5 Sempurna, sehingga pemahaman para pembaca akan lebih baik lagi mengenai makanan 4 Sehat 5 Sempurna ini. Silahkan disimak.
Makanan Pokok
Makanan pokok ini berfungsi sebagai sumber tenaga untuk tubuh supaya bisa melakukan kegiatan sehari hari. Makanan pokok ini biasana yang mengandung karbon hidrat atau zat tepung. Yang termasuk kedalam makanan pokok diantaranya adalah : nasi, kentang, gandum, jagung dan umbi-ubian lainnya.
Lauk Pauk
Makanan lauk pauk ini berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh Anda, megganti jaringan atau sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru serta juga menjaga keseimbangan asam basa, yaitu makanan yang mengandung protein. Ada juga yang berfungsi untuk melindungi tubuh anda pada suhu rendah atau dingin, yaitu makanan yang mengandung lemak. Contoh untuk makanan lauk-pauk adalah : ikan, telur, tahu, tempe, daging, kacang-kacangan dll.
Sayur-sayuran
Sayur-sayuran berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi, sebagai zat pengatur dalam tubuh anda dan juga berfungsi sebagai daya tahan tubuh agar supaya tidak mudah terserang penyakit, terutama sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Contoh sayur-sayuran adalah : kangkung, bayam, brokoli, wortel, tomat, terong, buncis, kacang panjang, dll.
Buah-buahan
Fungsi dari buah-buahan sebenarnya mirip dengan fungsi sayur-sayuran yaitu sebagai pembentuk tulang dan gigi, sebagai zat pengatur tubuh dan juga sebagai daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Contoh buah-buahan adalah : pepaya, sirsak, apel, alpukat, manggis, dll.
Susu
Susu ini berfungsi sebagai pelengkap, untuk supaya makanan yang anda konsumsi menjadi 4 Sehat 5 Sempurna susu ini harus diminum walaupun tidak ada kewajiban untuk meminumnya. Susu banyak mengandung zat bermanfaat untuk tubuh, seperti : protein, mineral, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A, niacin dan fosfor.
Berikut beberpa manfaat susu untuk tuhuh :
  • Pembentukan Otot
  • Pertumbuhan tulang untuk bayi
  • Mencegah kerusakan pada usus
  • Menghaluskan kulit
  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah osteoporosis atau keropos tulang pada orang dewasa
Demikianlah penjelasan dari makanan 4 Sehat 5 Sempurna, tujuannya adalah supaya nutrisi dan gizi pada tubuh anda selalu terpenuhi dan mencukupi, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan selalu dalam keadaan bugar.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)