Mengapa Harus Toko Online, Kelebihan dan Kekurangannya

09.52

Bisnis online yang lagi “in” saat ini ya toko online. Mengapa tidak, dalam waktu singkat toko online sudah menjamur di Indonesia.  Tentu anda mengenal jargon “Punya barang tak terpakai jual di toko bagus saja”. Itulah salah satu toko online yang menjadi pionir berkembangnya toko online di Indonesia. Meskipun terbilang baru di Indonesia, namun perkembangan toko online sudah sedemikian pesatnya. Mungkin juga karena kebiasaan orang Indonesia yang latah melihat perkembangan bisnis.
Toko online memang cukup menggiurkan untuk digeluti. Alasannya, penjualan menjadi lebih mudah dan praktis. Kemungkinan mendatangkan pelanggan lebih banyak, juga terlihat jelas. Jika yang bukan pengusaha saja tertarik membuat toko online apalagi Anda yang memiliki usaha khususnya UKM (Usaha Kecil dan Menengah).
Memiliki toko online bukanlah hanya menjadi trend khususnya untuk pemilik UKM. Memiliki sebuah toko online telah menjadi kebutuhan bagi  pengusaha untuk perluasan usaha.  Ada beberapa manfaat toko online untuk pemilik UKM. Simak ulasannya berikut ini :

Mengapa Toko Online

Dengan toko online anda dapat memasarkan produk secara global
Bisa menjual produk lebih banyak dan variatif
Produk bisa dilihat kapan saja dan dimana saja, membuka peluang mendapatkan  mitra bisnis real time.
Biaya toko online lebih murah ketimbang membuat sebuah lapak offline.

Kendala Toko Online

Selain berbagai kemudahan yang dimiliki toko online ada juga kendala yang ditemui. Telah menjadi hal  klasik bagi kita yang tinggal di Indonesia untuk urusan koneksi internet. Meskipun perkembangan  internet di Indonesia cukup cepat tapi masalah koneksi lambat masih saja menjadi kendala. Jangankan koneksi internet, sinyal handphone pun terkadang susah di dapat. Namun anda tidak perlu cemas, angin segar telah dihembuskan oleh beberapa ISP (Internet Service Provider) di Indonesia. Mereka sedang berlomba lomba untuk memperbaiki pelayanan soal kecepatan koneksi.
Kendala lain bagi pemilik UKM adalah cara membuat toko online. Sebenarnya ini bukanlah masalah serius. Sekarang sudah banyak jasa pembuat toko online yang bisa Anda gunakan jasanya. Masalah harga relatif tergantung dengan keinginan anda, silahkan nego dengan sang pemberi jasa.  Anda tidak perlu lagi sibuk belajar bahasa pemrograman dan sebagainya. Anda hanya tinggal menjual saja.
Manajemen waktu juga harus diperhatikan berhubung toko online live 24 / 7 (24 jam seminggu penuh). Tidak mungkin Anda harus melek selama itu untuk merespon pelanggan. Cara mensiasatinya mudah, berikan keterangan pada toko online jam berapa saja Anda bisa dihubungi via live chat atau telepon di situs toko online. Macam papan pengumuman kalau anda ingin berkunjung ke dokter. Untuk SMS Anda bisa menerima kapan saja. Manfaatkan fasilitas SMS Banking untuk mengetahui transaksi yang masuk. Manfaatkan pula fasilitas template, auto text yang ada pada (Blackbery, smartphone) untuk membantu anda menjawab pertanyaan pelanggan sehingga Anda tidak perlu repot mengetik sms.
Jika penjualan toko online Anda sudah cukup berkembang, pekerjakanlah beberapa orang untuk menangani hal-hal tersebut, jangan melakukan semuanya sendiri. Misalnya pekerjakan orang  khusus untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan menerima order.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Mengapa Harus Toko Online, Kelebihan dan Kekurangannya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)