Memberi Nilai Tambah Usaha Bandeng Presto

09.39


Produksi ikan bandeng di Indonesia cukup melimpah. Penjualan ikan jenis ini pun cukup laris dan banyak di minati. Menjual ikan bandeng dalam bentuk segar ataupun beku boleh jadi memberikan untung yang sedikit.
Untuk memberikan nilai tambah, Anda bisa menjualnya dalam bentuk olahan sehingga harga jual ikan bandeng bisa menjadi lebih tinggi.
Salah satu bentuk olahan ikan bandeng yang bisa Anda coba adalah usaha bandeng presto. Usaha ini tidaklah membutuhkan modal yang begitu besar. Alat yang Anda butuhkan pun sederhana yaitu panci presto, kompor dan plastik sealer.
Cara membuat bandeng presto cukup mudah, bahan utamanya yaitu ikan bandeng kemudian beberapa rempah sebagai bumbu diantaranya garam, kunyit, sereh, daun salam, bawang putih dan bawang merah.
Pertama Anda perlu membersihkan sisik dan isi perut ikan bandeng. kemudian persiapkan panci presto. Masukkan sereh dan daun salam untuk  memberikan aroma. Setelah itu lumuri ikan bandeng dengan bumbu kemudian masukkan dan susun ikan bandeng dengan rapi kedalam panci presto.
Agar ikan bandeng tidak rusak karena saling menempel pada saat proses pengolahan presto, berikan lapisan daun pisang pada tumpukan ikan bandeng.  Anda bisa memulai proses memasaknya.
Proses pengolahan ikan bandeng presto setidaknya menghabiskan waktu 3-4 jam. Setelah pengolahan ikan bandeng selesai. Dinginkan ikan terlebih dahulu.
Setelah itu masukkan ikan ke dalam plastik sealer. Masukkan kedalam wadah dan  dinginkan menggunakan es batu. Proses ini akan membantu bandeng presto Anda tahan lebih lama.
Bandeng presto kini siap di pasarkan.  Anda bisa menawarkannya ke pasar atau bisa juga ke tetangga tetangga sekitar rumah Anda.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Memberi Nilai Tambah Usaha Bandeng Presto | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)