Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh

14.34

Tubuh kita 70% terdiri dari unsur air, termasuk kulit, sel-sel dan seluruh organ tubuh kita. Selama ini kita hanya tahu bahwa air putih berguna untuk menghilagkan dahaga kita saja disaat haus. Tetapi dibalik semua itu, manfaat minum air putih sangat banyak sekali bagi tubuh kita.

Setiap harinya kebutuhan air putih seseorang adalah sekitar 1 hingga 7 liter, kebutuhan seseorang akan air putih menungkin berbeda-beda tergantung dengan situasi lingkungan sekitarnya seperti suhu sekitar, kelembapan udara didalam ruangan, aktivitas yang dilakukan dan faktor lainnya. Kali ini penulis akan membahas apa saja manfaat meminum air putih untuk kesehatan tubuh kita.

MANFAAT MINUM AIR PUTIH UNTUK KESEHATAN TUBUH

  • Menghindari Tubuh dari Dehidrasi
Kita tahu bahwa tubuh kita 70% terdiri dari unsur air. Jadi air sangat penting untuk menjaga fitalitas tubuh. Cairan didalam tubuh membantu untuk proses pencernaan, sirkulasi darah, proses penyerapan nutrisi, produksi air liur dan juga berfungsi untuk menjaga supaya suhu tubuh tetap normal.
Air menjaga agar vitalitas organ tubuh berfungsi dengan baik. Otak kita terdiri dari 90% cairan, dan sementara itu jaringan tubuh kita serta otot-otot terdiri dari 75% kandungan air. Oleh karena itu apabila otak kita kekurangan asupan air maka otak kita akan terganggu fungsi kerjanya dan menyebabkan sakit kepala atau migrain yang disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan.
Ketika tubuh kita melakukan aktivitas mengeluarkan keringat, ini adalah proses yang normal, karena mengeluarkan keringat membantu menurunkan suhu tubuh. Akan tetapi tubuh kita akan kehilangan banyak cairan, oleh karena itu ketika Anda mengeluarkan banyak keringat disarankan untuk banyak meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  • Mencegah Kulit Keriput dan menghaluskan kulit
Dengan minum air putih yang cukup akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dengan baik, sehingga akan menjaga kulit tetap segar dan terhindar dari keriput. Air putih juga membantu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun yang ada pada tubuh memiliki efek yang bisa menyebabkan kulit kita meradang, menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Oleh karena itu dengan minum air putih yang cukup akan menjaga wajah Anda tetap segar, mencegah timbulnya jerawat, dan mencerahkan serta menghaluskan kulit.
  • Menjaga Sistem pencernaan Agar Normal
Manfaat minum air putih juga bisa dirasakan untuk kesehatan pencernaan. Orang yang cukup meminum air putih akan melancarkan proses pencernaan sehingga terhindar dari masalah sembelit. Oleh karena itu orang yang terkena masalah sembelit sebaiknya meningkatkan konsumsi air putihnya dan tentunya dibantu dengan memperbanyak makanan berserat agar pencernaannya normal kembali.
  • Membantu Menjaga Keseimbangan Berat Badan
Pada saat kita kehilangan banyak air, maka kinerja ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik. Lalu beban tersebut dialihkan kepada fungsi hati. Hati bertugas untuk membakar lemak menjadi energi, ketika kerja hati bebannya bertambah dikarenakan kinerja ginjal yang tidak berfungsi dengan baik, maka hati tidak bisa membakar lemak secara optimal. Maka kelebihan lemak akan disimpan. Hal inilah yang menyebabkan obesitas atau kegemukan pada seseorang. Oleh karena itu dengan minun air putih yang cukup, akan membuat kinerja ginjal dan hati berfungsi dengan baik, dan tubuh Andapun tidak akan kelebihan lemak.
  • Menjaga Fungsi Ginjal
Anda pernah mendengar penyakit batu ginjal?, penyebab utama penyakit ini adalah karena kekurangan cairan atau pola minum kita yang terlalu sedikit. Ginjal setiap harinya memproses 200 lt darah, menyaring keluar limbah kemudian mengangkut urin kekandung kemih. Untuk bisa menyaring dan membuang racun yang ada pada tubuh ginjal membutuhkan cairan yang cukup, untuk itu minum air putih yang cukup adalah kunci utama agar ginjal bisa bekerja dengan optimal

Seperti sudah dijelaskan pada point diatas juga, apabila fungsi ginjal terganggu maka beban ini akan dilimpahkan kepada hati, dan apabila hati sudah tidak bekerja dengan maksimal karena kelebihan beban maka bisa membuat orang mengalami obesitas.
  • Meningkatkan Produktivitas
Dengan meminum air putih bisa membuat tubuh menjadi segar atau refresh kembali, sehingga meningkatkan fokus dan tubuh dapat bekerja secara normal dan tinggi.
  • Melawan Beberapa Penyakit
Sakit sariawan, demam, panas dalam, sakit tenggorokan bisa kita bantu proses penyembuhannya dengan meminum air putih yang banyak.
  • Memperlancar Sistem Peredaran Darah
Dengan meminum air putih yang cukup bisa membuat peredaran darah kita menjadi lancar, apabila peredaran darah kita lancar maka proses pengiriman nutrisi keseluruh tubuh akan berjalan dengan baik dan otak pun tidak akan kekurangan cairan dan juga asupan oksigen. Sehingga tubuh akan selalu segar dan fresh.
  • Mengobati Sakit Kepala atau Migrain
Apabila Anda mengalami sakit kepala atau migrain maka pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah memnum air putih yang banyak. Karena sering kali sakit kepala timbul dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan didalam tubuh.

Demikianlah manfaat minum air putih yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, maka dari itu marilah mulai saat ini kita haru menjaga supaya asupan air putih kedalam tubuh kita cukup supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)