Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

12.04
Lada hitam selama ini kita kenal sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan. Tapi tahukah Anda selain sebagai bumbu masakan yang memberikan rasa pedas, lada hitam juga dikenal sebagai obat-obatan sejak jaman dahulu.
Lada hitam memberikan rasa pedas pada makanan dikarenakan kandungan piperin didalamnya. Senyawa ini mempunyai karekteristik yang sama dengan capcaisin yang bisa kita dapatkan dari cabai. Banyak penikmat rempah-rempah yang memanfaatkan lada hitam ini sebagai komoditas yang sudah mendunia.

MANFAAT LADA HITAM UNTUK KESEHATAN

Apabila kita mengkonsumsi lada hitam, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya akan penulis bahas dibawah ini.
  • Lada Hitam Berfungsi Sebagai Anti Peradangan
Salah satu manfaat lada hitam untuk kesehatan adalah sebagai anti radang. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan piperin di dalam lada hitam kemungkinan efektif sebagai anti radang pada proses inflamasi akut tahap awal.
  • Lada Hitam Berfungsi Mengatur Gula Darah
Minyak lada hitam kemungkinan bisa bermanfaat untuk mengelola diabetes tipe 2 dan juga tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 bahwa minyak lada hitam bisa memecah 2 enzim pemecah pati menjadi glukosa secara alami. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes dan hipertensi, karena bisa membantu pengaturan kadar gula darah dan menunda proses penyerapan glukosa.
  • Lada Hitam Bisa Membantu Kesulitan Menelan Pada Manula
Salah satu masalah serius pada seorang manula adalah masalah kesulitan menelan, misalnya pneumonia. Namun ada studi yang mengatakan bahwa efek aroma pada lada hitam bisa merangsang refleks tubuh untuk menelan makanan. Ini merupakan kabar gembira bagi para manula yang mengalami masalah kesulitan menelan, seperti pada pasien pasca stroke. Caranya sangat mudah, yaitu dengan cara menghirup aroma yang dihasilkan oleh minyak lada hitam untuk bisa merangsang refleks otot menelan.
  • Lada Hitam Mampu Membunuh Bakteri Coli dan Infeksi Stafilokokus
Minyak lada hitam bermanfaat untuk membunuh banteri coli dan stafilokokus. Sebuah penelitian menyebutkan minyak lada hitam mampu memerangi bakteri E coli, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi melaulu makanan yang terkontaminasi. Selain itu juga minyak lada hitam mampu melawan infeksi yang dihasilkan oleh bakteri stafilokokus yang umumnya berupa bisul pada kulit.
  • Lada Hitam Mampu Mengendalikan Tumor dan Kanker
Sebuah studi pada binatang menyebutkan bahwa lada hitam mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan tumor, sebuah penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa kandungan peperin pada lada hitam bisa mencegah perkembangan kanker payudara. Namun sejauh ini untuk efek serupa pada manusia masih perlu dilakukan pengujian dan penelitian yang lebih mendalam lagi.

Dengan penjelasa diatas yang menyebutkan bahwa fungsi lada hitam yang sangat baik untuk kesehatan, mulai dari saat ini sebaiknya kita jangan ragu lagi untuk memanfaatkan lada hitam sebagai bumbu masakan di rumah, selain memberikan sensasi rasa pada masakan kita juga akan mendapatkan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)