Manfaat Bioteknologi Dalam Bidang Reproduksi

12.45


Manfaat Bioteknologi  Dalam Bidang Reproduksi – Assalammu’alaikum, seperti yang anda tau, Siswamaster.com selalu memberikan infromasi yang bermanfaat untuk dipelajari, dan sekarang kita akan membahas Manfaat Bioteknologi. dan kami akan menjelaskan beberapa manfaatnya untuk anda..

Inseminasi buatan

Inseminasi buatan adalah adalah teknik pembuhan yang di lakukan dengan cara unuk memasukkan seperma hewan ternak jantan ke dalam alat reproduksi hewan ternak sang betina agar membuahi sel telur dengan alat khusus. Keuntungan inseminasi buatan antara lain :
  • Untuk mendapatkan hewan ternak dengan kualitas yang lebih baik.
  • Caranya mudah, praktis dan lebih murah.
  • Tidak perlu mendatangkan induk jantan yang unggul.

Kloning

Kloning merupakan metode reproduksi secara vegetatif dengan penggunaan sel somatik pada makhluk hidup multiselular untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik. Kloning sendiri awalnya diperkenalkan oleh Dr. Ian Willmut, yaitu seorang ilmuan asal Skotlandia pada tahun 1997 yaitu dengan megkloning hewan yang pertama kali adalah domba yang diberi nama Dolly.

Kultur Jaringan

Kultur jaringan disebut teknik kultur in vitro adalah perbanyakan tanaman, memanfaatkan sifat totipotensi yang di miliki oleh sel tumbuhan, dengan cara menumbuhkan sel yang diambil dari jaringan tanaman dalam media kusus, untuk memperoleh bibit unggul dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Sifat Totipotensi adalah kemampuan tiap sel untuk tumbuh menjadi individu yang sempurna. Keuntungan kultur jaringan antara lain:
  • Untuk memperoleh bibit tanaman unggul dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat,
  • Tidak membutuhkan area yang luas,
  • Sifat tanaman yang dikultur sesuai dengan induknya.

Transgenik

Transgenik merupakan teknik rekayasa dengan cara menyisipkan suatu gen kedalam plasmid, sehingga menghasilkan individu yang memiliki sifat tertentu sesuai dengan yang diinginkan.

Bayi Tabung

Bayi tabung disebut juga fertilisasi invitro adalah perkembangbiakan dengan cara melakukan pebuahan antar sel seperma dan sel telur yang terjadi di luar tubuh, setelah terbentuk embrio kemudian ditanam dalam rahim induk.

Hibridiasi / persilangan

Hibridisasi atau persilangan adalah pengembangbiakan dengan cara mengawinkan antara varietas dalam suatu spesies yang memiliki sifat unggul. Contoh tanaman yang dihasilkan dari hibridisasi adalah anggrek, padi, dan jagung.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Manfaat Bioteknologi Dalam Bidang Reproduksi | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)