Mana yang Lebih Wajib dan Utama Bagi Istri? Taat Kepada Orang Tua ataukah Sang Suami? Ini Penjelasannya

23.24
Mungkin ini bukan lagi pertanyaannya: bagaimana hukum seorang istri yang lebih taat kepada orang tuanya daripada suaminya? Apakah bisa diklasifikasikan sebagai istri tanpa hukum?

Apa yang lebih penting dari pada kehormatan ibu dan suami? Apakah ini tidak bertentangan dengan kata-kata Rasulullah, yang mengatakan: "Siapa yang harus menghormati, ibumu, ibumu, ibumu, ayahmu yang baru?



Bagi wanita yang belum menikah, orang tua lebih cenderung taat. Namun, saat dia sudah menikah, ketaatan kepada suaminya adalah tugas yang lebih disukai daripada orang tuanya. Ketaatan di sini, tentu saja, tidak berarti sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan masalah amoral. Seperti yang Nabi katakan:



لا طاعة لمخلوق في معصية الخالق

"Tidak ada kewajiban untuk mematuhi makhluk itu di pepatah Al-Khalik (Maha Pencipta). (Ditularkan oleh Bukhari No. 6830, Muslim No. 1840 dan Nasai No. 4205).

Jika ketaatan kepada suami adalah kebalikan dari ketaatan kepada orang tua, maka bagi wanita (istri) umat Islam harus mengutamakan ketaatan kepada suami mereka. Imam Ahmad berkata tentang seorang wanita yang memiliki suami dan ibu yang sakit: "Ketaatan pada suaminya lebih penting baginya daripada mengurus ibunya jika suaminya tidak mengizinkannya."

Seperti pada cerita selanjutnya, dimana sang suami melarang istrinya untuk mengunjungi ayahnya. Ia juga terus taat, karena tugas istrinya adalah mematuhi keinginan suaminya. Cerita yang pernah ada dalam kisah Anas bin Malik menceritakan tentang perjalanan rekan-rekannya dalam jihad, dia meminta istrinya untuk tidak pergi sampai dia kembali dari misi suci.

Pada saat bersamaan, ayah sang istri sakit. Karena ia berjanji untuk mentaati suaminya, istrinya tidak berani mengunjungi ayahnya.

Merasa memiliki beban moral pada orang tuanya, dia juga menyuruh seseorang untuk bertanya kepada Rasulullah tentang hal itu. Dia menjawab: "Taatilah suamimu." Sementara sang ayah tidak menemui kematiannya dan tidak dikuburkan, dia juga tidak berani mengunjunginya.

Kedua kalinya dia menanyakan kondisinya kepada Nabi dan jawaban yang sama yang dia terima: "Taatilah suamimu."

Setelah sekian lama, Rasulullah mengirim utusannya untuk melaporkan berita bahwa Tuhan mengampuni dosa ayahnya karena ketaatannya kepada suaminya.

Cerita yang dikutip di Thabrani, setidaknya menggambarkan bagaimana istri berperilaku.

Apa prioritas hak antara hak orang tua dan hak suami saat wanita menikah. Bagi pasangan, dua hak sering menimbulkan kebingungan dan dilema.

Menurut Sheikh Yusuf al-Qaradawi, dalam kumpulan fatwa yang dirangkum dalam Fatwa Muashirah, inilah hal yang benar, orang tua yang patuh untuk seorang wanita yang sah adalah wajib.

Namun, pertanggungjawaban tersebut terbatas sepanjang orang yang bersangkutan belum menikah. Saat Anda sudah menikah, istri harus lebih memperhatikan suaminya.

Namun, kewajiban untuk mematuhi suami Anda tidak berarti Anda perlu memutuskan hubungan dengan orang tua Anda atau tidak mematuhinya.

Suami berkewajiban menjaga hubungan baik antara istri dan keluarga. Inisiatif ini dapat dikaitkan dengan kemajuan teknologi semacam itu, misalnya dengan koneksi komunikasi telepon.

Al-Qaradawi menambahkan bahwa kebijaksanaan dibalik kemerdekaan rumah tangga adalah melanjutkan keturunan keturunan. Artinya, keluarga terbentuk secara keseluruhan tanpa gangguan dari luar.

Dia menyebutkan beberapa tradisi lain yang memperkuat pentingnya mengutamakan ketaatan kepada istrinya kepada suaminya daripada kepada orang tuanya.

Hadis, diriwayatkan oleh al-Hakim dan al-Bazzar.

"Sekali Aisyah bertanya kepada Rasulullah, yang haknya harus menjadi prioritas isteri? Rasulullah menjawab:" (ke kanan) suamiku. "Kemudian Aisha kembali bertanya, tetapi untuk suami yang haknya lebih penting? Dia menjawab:" (di sebelah kanan) ibunya. "

Dengan demikian, kesimpulan di atas adalah bahwa jika seorang wanita sudah menikah, maka ketaatan suami lebih penting daripada orang tua. Dan bagi seorang pria, bahkan jika dia sudah menikah, maka kepatuhan pada orang tua tetap lebih penting tanpa menilai ulang urusan dalam negeri. Kamu tahu.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Mana yang Lebih Wajib dan Utama Bagi Istri? Taat Kepada Orang Tua ataukah Sang Suami? Ini Penjelasannya | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)