Penjelasan Lengkap Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom

14.42

Pembagian atau Klasifikasi makhluk hidup dalam berbagai kelompok adalah salah satu upaya dari para ilmuan untuk mempermudah melakukan penelitian. Hal ini berangkat dari banyaknya jumlah makhluk hidup yang ada di alam serta beraneka ragamnya bentuk, sifat, ukuran, anatomi, fisiologi maupun tingkah laku dari makhuk-makhluk hidup tersebut.

Cara dalam klasifikasi makhluk hidup berdasar pada pemikiran dari para ahli mengelompokkan makhluk hidup yang sesuai syarat internasional. Oleh karena itu, klasifikasi makhluk hidup yang ada sangat beragam, karena para ahli memiliki pemikirannya masing-masing.Seperti yang kita ketahui, makhluk hidup di bumi sangat bervariasi.

Dasar Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan dari klasifikasi ini adalah untuk mempermudah kita mempelajaari tentang makhluk hidup. Dari yang sudah ada, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri yang dimilikinya, pengelompokkan itu dilakukan secara bertingkat, setiap tingkatan pengelompokkan itu disebut takson. Semakin tinggi takson, semakin sedikit persamaanya. Ciri dasar dalam pengelompokkan ini yaitu
  • anatomi(susunan tubuh),
  • ciri morfologi( bentuk luar)
  • fisiologi,
  • genetik,
  • sifat-sifat biokimia.
Dalam proses klasifikasi, pakar lebih dulu mengadakan identifikasi berdasar pada hal-hal yang telah disebutkan di atas. Baru sesudah itu, makhluk hidup bisa dikelompokkan dalam takson atau unit berdasar pada adanya kesamaan ciri. Takson  disusun dari yang tertinggi hingga yang terendah seperti berikut:
  • Kingdom
  • Filum/divisi
  • Kelas
  • Ordo
  • Famili
  • Genus
  • Spesies

Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

Sistem klasifikasi 5 kingdom itu yang dimana telah mengkelompokkan berbagai makhluk dalam lima kelompok diantaranya:
  1. kingdom plantea (tumbuhan), 
  2. kingdom animalia (hewan), 
  3. kingdom fungi,
  4. kingdom monera dan
  5. kingdom protista.
Sistem klasifikasi lima kingdom ditemukan ekolog tanaman dari Amerika Serikat Robert H. Whittaker. Menurutnya dari sekian banyak makhluk hidup yang ada dapat dikelompokkan dalam kingdom monera,  fungi, protista, animalia, dan plantea .

a. Kingdom Monera

Monera yaitu kelompok makhluk hidup yang mereka tak mempunyai memberan inti atau yang disebut dengan istilah organisme prokariot. Contoh organisme prokariot yang merupakan kingdom monera antara lain bakteri dan alga hijau-biru.

b. Kingdom Fungi (jamur)

Jamur adalah kumpulan makhluk hidup yang tak mempunyai kloroplas seperti tumbuhan umumnya dan dinding selnyapun terdiri dari zat bernama kitin. Inilah yang menjadikan jamur tak dapat dikelompokkan dalam kelompok jenis tumbuhan ataupun hewan. Kingdom ini umumnya bersel banyak, punya membran inti, dan memiliki peran sebagai dekomposer pada lingkungan.

c. Kingdom Protista

Protista merupakan kelompok makhluk hidup yang memiliki satu sel atau banyak sel dan memiliki memberan inti atau disebut juga organisme eukariot. Segala yang termasuk dalam kegiatan hidup Protista misalnya makan, bergerak, menanggapi rangsangan, dan berkembang biak itu dilakukan oleh sel itu sendiri. Protista dibagi lagi kedalam beberapa kelompok lagi seperti;
  • protista mirip hewan (protozoa)
  • protista mirip tumbuhan (alga)
  • protista mirip jamur

d. Kingdom Animalia

Hewan memiliki sel yang memiliki memberan inti atau eukariot serta tidak memiliki kloroplas . Selain itu hewan juga tidak memiliki dinding sel sebagaimana tumbuhan. 

e. Kingdom Plantae (tumbuhan)

Plantea yang juga disebut tumbuhan adalah kelompok makhluk hidup yang bersel banyak dan mempunyai kloroplas. Dalam kloroplas inilah terkandung klorofil alias zat hijau daun yang membuat tumbuhan mampu melakukan proses fotosintesis. Tumbuhan memiliki sel yang termasuk  eukariot dan mempunyai membran inti yang dinding pada selnya terdapat selulosa. Plantea dapat berkembang biak dengan cara kawin dan tak kawin.
 
Demikianlah klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom yang bisa kami jelaskan.  Semoga bermanfaat menambah pengetahuan anda.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Penjelasan Lengkap Klasifikasi Makhluk Hidup 5 Kingdom | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)