Informasi Seputar Gejala Kanker Serviks

20.04
Kanker serviks adalah penyakit yang sering dialami oleh kaum wanita. Gejala kanker serviks beragam, namun banyak yang baru menyadarinya setelah memasuki tahap yang serius. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi kesehatan. Selain mengkonsumsi makanan sehat serta menjalankan gaya hidup sehat, melakukan check up secara rutin juga perlu untuk mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh. Berikut ini kita akan membahas beberapa gejala kanker serviks yang seringkali dikeluhkan:


1. Pendarahan tidak normal
Ini merupakan salah satu gejala yang perlu diwaspadai. Kanker serviks terjadi pada area serviks, jadi kemungkinan kondisi ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi seseorang. Pendarahan bisa terjadi selama periode haid atau setelah melakukan hubungan intim. Bahkan mereka yang seharusnya sudah tidak lagi mengalami haid karena sudah memasuki masa menopause bisa tetap mengalaminya. Wanita yang memiliki kanker ini di dalam tubuhnya bisa mengalami masa menstruasi yang lebih lama dari biasanya. Ini menunjukkan bahwa kanker tersebut sudah berkembang ke tahap yang lebih serius.
2. Nafsu makan berubah
Kita bisa mengalami perubahan nafsu makan karena berbagai hal. Stress misalnya bisa membuat seseorang malas makan sehingga bisa mempengaruhi berat tubuhnya. Kanker serviks juga ternyata bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang. Pasien umumnya mengalami penurunan nafsu makan tanpa alasan yang jelas. Tapi ada pula pasien yang justru mengalami kenaikan berat badan. Kondisi ini bisa diikuti dengan gejala lainnya seperti mual dan muntah.
3. Masalah pencernaan
Terganggunya sistem pencernaan juga bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks. Masalah yang paling umum adalah konstipasi. Penderita seringkali mendapati dirinya susah buang air besar. Sementara itu, keinginan untuk kencing semakin bertambah. Pada fase yang lebih serius, urin bisa merembes dari organ intim secara tidak terkendali. Jika mengalami kondisi ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.
4. Rasa sakit
Ini juga merupakan salah satu gejala kanker serviks. Penderita bisa mengalaminya di bagian tubuh manapun. Bagian tubuh yang mungkin mengalami rasa sakit antara lain punggung, kaki, dan panggul. Semakin lama, rasa sakit akan semakin terasa. Oleh sebab itu, jika anda merasakan sakit dalam periode yang cukup lama, sebaiknya periksakan diri ke dokter dan cari tahu kondisi yang sedang diderita. Jangan dibiarkan begitu saja sebab rasa sakit di bagian tersebut mungkin tidak akan hilang jika tidak mendapatkan perawatan.
5. Perut kembung
Perut kembung tidak selalu menjadi pertanda kanker. Banyak dari kita yang mengalami masalah ini dari waktu ke waktu. Tapi jika perut kembung terjadi secara terus-menerus, mungkin ini menjadi pertanda masalah yang lebih serius. Coba periksa area perut anda, apakah terasa kembung dan keras. Jika ini dibarengi dengan pembengkakan pada kaki, maka itu bisa saja merupakan gejala kanker serviks.
Keputihan adalah masalah umum yang kerap dialami oleh kaum wanita, namun ini tidak selalu menjadi pertanda seseorang menderita kanker. Namun begitu, jika keputihan cenderung berwarna kemerahan atau berdarah dengan bau yang menyengat, itu bisa saja menandakan sesuatu yang serius terjadi di dalam tubuh. Pada fase selanjutnya, penderita juga bisa mengalami kelelahan yang ekstrim. Itu tadi beberapa gejala kanker serviks. Perkembangan kanker ditentukan oleh banyak faktor. Tapi jika diketahui sejak dini, lebih terbuka peluang untuk mengobatinya. Maka dari itu, jangan lupa melakukan check up rutin jika anda sangat mengkhawatirkan penyakit ini.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

Informasi Seputar Gejala Kanker Serviks | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)